Pantai Seupang

Sawarna Timur, Kec. Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393

Pantai Seupang
Pantai Seupang / Ozi Iskandar

(4.6/5 dari 8 Pengunjung) Baca ulasan

Untuk yang ingin berkunjung ke pantai yang masih alami dan masih jarang wisatawan yang berkunjung maka bisa coba menyambangi Pantai Seupang, memiliki bibir pantai dengan pasir putih yang luas.

Alasan kenapa kondisi alam pantai ini masih asri dan jarang dikunjungi wisatawan karena untuk sampai ke lokasi perlu perjuangan extra, salah satunya karena akses jalan yang kurang memadai, hanya bisa diakses motor dan jalan kaki saja.

Lokasinya masih berdekatan dengan Pantai Karang Tarje dan Pantai Legon Pari, namun masuk ke kawasan administrasi Desa Sawarna Timur, mungkin itu sebabnya pantai ini masih belum mendapatkan perhatian dari pihak terkait.

Akses jalan yang buruk dan perjuangan melewatinya akan terbayar dengan pemandangan Pantai Seupang. Nah, untuk yang tertarik berkunjung ke pantai ini bisa simak ulasan di bawah ini.

Deskripsi Pantai Seupang

Pemandangan Pantai Seupang
Pemandangan Pantai / R Sussan

Pantai Seupang merupakan pantai yang berada di wilayah administrasi Desa Sawarna Timur, pantai dengan kondisi alam yang masih terjaga keasrian alamnya, berpasir putih, air laut yang jernih, dan masih minim wisatawan yang berkunjung.

Pantai ini berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, itu sebabnya ombak di pantai ini cukup besar, khususnya di area tengahnya. Selain itu, di pinggiran pantai juga dikelilingi bukit hijau yang menambah keindahan pantai.

Salah satu hal menarik yang bisa wisatawan jumpai di pantai ini yaitu adanya kubangan kecil yang menyerupai bentuk love. Kubangan tersebut berada di area batu karang dan akan nampak jelas saat air laut surut.

Pantai ini memiliki bibir pantai yang panjang dan jarak tepir pasir pantai dan air laut kurang lebih 35 meter, cocok untuk melakukan berbagai aktivitas.

Pantai ini cocok untuk wisatawan yang suka berpetualang dan mencari tempat yang sepi dari keramaian. Hal itulah yang menjadikan Pantai Seupang memiliki daya tarik tersendiri.

Rute Menuju Lokasi

Untuk mengunjungi tempat wisata yang sulit dikunjungi perlu effort dan struggle extraordinary. Seperti itulah kalimat penegas yang menggambarkan akses jalan menuju ke Pantai Seupang–jika akses jalan belum diperbaiki–.

Lokasinya pantai ini terbilang terisolir dan sulit dijangkau. Akses jalan dari jalan utama Desa ke lokasi kurang bagus, dan akan lebih parah di musim hujan.

Untuk yang ingin mengunjungi pantai bisa menggunakan rute yang sama menuju Pantai Sawarna.

Dari Jakarta

Untuk wisatawan yang berasal dari Jakarta bisa menggunakan salah satu rute dibawah ini.

Jalur Timur

  • Jakarta – Ciawi, Bogor – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna
  • Jakarta – Ciawi, Bogor – Cikidang – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna
  • Jakarta – Bogor – Cijeruk – Cikidang/Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna

Jalur Barat

  • Jakarta – Serang – Pandeglang – Saketi – Malingping – Bayah – Sawarna
  • Jakarta – Rangkasbitung – Gunung Kencana – Malingping – Bayah – Sawarna
  • Jakarta – Cilegon – Anyer – Labuan – Malingping – Bayah – Sawarna

Dari Bandung

Untuk wisatawan yang berasal dari Bandung, bisa menggunakan rute berikut.

  • Bandung – Cianjur – Sukabumi – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna

Setelah sampai di Desa Sawarna, perjalanan bisa dilanjutkan menggunakan rute menuju Pantai Legon Pari, selanjutnya tinggal ikuti jalan menuju lokasi. Untuk memudahkan, maka bisa tanya petunjuk jalan ke warga sekitar.

Selain menggunakan rute di atas, juga bisa lewat jalur Desa Sawarna Timur atau Kp. Cilograng, namun jalannya cukup memutar dan jauh.

Jika menggunakan mobil pribadi, bisa parkir kendaraan sebelum jembatan gantung. Selanjutnya perjalanan bisa dilanjutkan dengan jalan kaki atau naik ojek hingga Pantai Legon Pari atau Pantai Karang Taraje.

Sangat disarankan untuk melanjutkan perjalan dari Pantai Karang Taraje dengan jalan kaki. Sebenarnya bisa saja menggunakan motor, namun motor jenis trail yang memungkinkan medan jalan menuju lokasi.

Harga Tiket Masuk

Belum ada informasi terkait besaran harga tiket masuk Pantai Seupang, jika masuk dari Desa Sawarna Timur atau KP Cilograng tidak ada biaya. Namun jika masuk lewat Pantai Legon Pari, maka harga tiket masuknya adalah Rp5.000 per orang.

Tiket MasukHarga
DewasaRp5.000
Parkir MobilRp15.000 s/d Rp25.000
*Harga tiket masuk di atas bisa berubah sewaktu-waktu

Hal Menarik

Selain memiliki daya tarik pemandangan yang indah, pasir putih, dan air laut yang jernih, di Pantai Seupang juga pengunjung bisa melakukan beberapa kegiatan menarik. Seperti:

Berenang

Berenang merupakan salah satu kegiatan yang paling sering pengunjung lakukan saat pergi ke pantai. Air laut yang jernih akan membuat pengunjung tergoda untuk berenang di pantai ini, selain itu di area pinggir kondisi ombaknya tidak terlalu besar.

Meski pantai ini aman untuk berenang, namun tetap jaga jarak saat berenang, jangan terlalu tengah, dan perhatikan kondisi air laut sebelum berenang. Ingat di pantai ini tidak ada penjaga pantai ataupun lifeguard, jadi berhati-hatilah saat berenang di pantai ini.

Bermain Pasir

Bermain Pasir di Pantai Seupang
Bermain Pasir / Randi Algifari

Selain berenang, bermain pasir merupakan kegiatan yang paling sering wisatawan lakukan. Nah, bibir pantai ini lebih didominasi oleh pasir putih yang halus, cocok untuk membuat berbagai bentuk dari pasir.

Untuk membuat berbagai bentuk dari pasir maka bisa pilih area yang dekat dengan air laut, sedangkan untuk membuat lobang bisa di area yang jauh dari air laut.

Mancing Ikan Laut

Untuk yang memiliki hobi memancing, maka tidak ada salahnya untuk membawa perlengkapan alat mancing saat berjunjung ke pantai ini.

Pantai Seupang juga merupakan surga bagi penghobi mancing ikan laut, ada banyak titik yang bisa dijadikan tempat untuk lempar kail. Umumnya yang mencaing di pantai ini yaitu warga lokal dari kampung terdekat.

Camping

Camping di Pantai Seupang
Camping / Saefudin Sardi

Karena memiliki bibir pantai yang panjang dan luas, Pantai Seupang cocok dijadikan tempat untuk mendirikan tenda, baik itu untuk sekedar tempat beristirahat ataupun untuk bermalam.

Untuk camping sebaiknya membawa perlengkapan yang lengkap dan membawa bahan makanan dan minuman yang cukup, karena lokasinya jauh kemana-mana. Sebaiknya camping dilakukan secara kelompok ya.

Saat mendirikan tenda pastikan memilih area yang minim batuan karang dan agak jauh dari air laut untuk menghindari air pasang.

Tips Berikunjung ke Pantai Seupang

Untuk yang akan berkunjung ke pantai ini sebaiknya simak beberapa tips berikut.

  • Berkunjunglah di bulan-bulan musim kemarau seperti bulan Juni-Agustus. Jangan lupa periksa perkiraan cuaca sebelum berangkat.
  • Membawa makanan dan minum yang cukup, lokasinya jauh kemana-mana. Bisa membeli perbekalan di warung-warung sekitaran Pantai Legon Pari.
  • Disarankan untuk menggunakan jasa tour guide lokal untuk memudahkan perjalanan menuju lokasi.
  • Tidak berenang terlalu tengah, karena keselamatan jiwa merupakan tanggung jawab Anda sendiri.
  • Tidak membuang sampah sembarangan, tidak adanya tempat sampah merupakan tanda bahwa sampah yang Anda hasilkan harus dibawa pulang.

Kekurangan Pantai Seupang

Kekurangan yang dimiliki Pantai Seupang jadi daya tarik tersendiri, khususnya untuk yang menyukai tantangan dan petualangan. Kekurangan dari pantai ini yaitu akses jalan yang buruk dan jarak tempuh yang jauh.

Itulah ulasan singkat terkait Pantai Seupang, Sawarna Timur, Lebak, Banten. Jika ada informasi yang keliru atau memiliki pengalaman yang berbeda saat berkunjung bisa kirim ulasannya di bawah ini.

BAGIKAN

8 Ulasan dari pengunjung

  1. Tempatnya asik masih sepi, cuma akses jalannya masih kurang bagus, apalagi kalo habis ujan, pasti parah. Cuma bisa dilaluin jalan kaki, motor mungkin bisa kalo mau nekat 😂

    Warung warga cuma ada satu, belum ada toilet, but kalo cuma mau foto2 dan main sebentar sii masih oke, buat ngecamp mungkin masih bisa.

  2. Pantainya cukup indah, tapi banyak sampah, jalan menuju sini susah bgt, kemari pake xride alhamdulillah bisa, gak ada warung sama sekali, ada bangunan seperti warung tapi kososng, tiketnya 5 ribu udh bisa nikmatin 3 pantai yaitu legon pari, karang taraje, seupang, saran kalo berenang meneding di legon pari karena banyak orang, kalau di seupang gak ada sama s3kali, kemarin jadi satu” nya wisatawan yang kesna cuma berdua,

  3. Kesana Tahun 2017 dan mencari sesuatu yang asri, saat itu hanya kita berempat. Saat itu minim sekali pengetahuan tetang pantai ini, dan petunjuk arah yg tidak ada di sekitar lokasi. Memang hidden paradise, jika menginginkan sesuatu yang indah butuh effort dan struggle extraordinary. Harus pinter nanya orang sekitar, mungkin sekarang sudah ada petunjuk jalannya. Pantai pasir putih, teksturnya awal landai jarak tepi pasir pantai dan air laut sekitar -+35m. Gabanyak karang, ada tebing bagus buat jadi background foto. Semoga masih asri dan terhindar dari vandalisme dan oknum2 wisata yg tidak jelas. Intinya, Rindu akan datang mengetuk pintu hatimu selepas meninggalkannya. Ah,sial. Terima kasih Tuhan.

  4. Tempat bagus sangat asri. Pantai pasir putih sangat asri belum banyak wisatawan datang kesana.. karena medan dan trakingnya yang lumayan extreme.. tapi cocok buat kalian yang ingin mencoba hal extreme. Ga mengecewakan pokonya.. stay healty dan safe kawan.

  5. Pantai indah nan asri yang belum banyak orang tahu. Namun akses jalannya masih buruk menuju pantai seupang. Keindahan pantai sepang tidak kalah dengan pantai pantai lainnya yang berada di Desa Tetangga yaitu pantai sawarna.

    Pantai Seupang merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Desa Sawarna Timur selain dari Kolam cinta, karang ukir, pamatang kolecer dan curug tujuh, mungkin belum banyak orang tahu, tapi 2 sampai beberapa tahun kedepan tempat wisata tersebut mampu bersaing di kanca nasional dan menjadi destinasi unggulan di Kabupaten Lebak.

    Panorama yang indah menghadap samudra hindia, hamparan pasir putih, air biru yang jernih, dikelilingi pegunungan yg hijau yang indah di pandang mata, menjadi daya tarik yang dimiliki pantai seupang.

    Pantai seupang juga salah satu surganya pemancing, karena banyaknya spot-spot pemancingan, ribuan ragam ikan yang hidup disana dan trumbu karang yang dapat dimanfaatka oleh nelayan atau penduduk sekitar.

    Teruntuk warga sawarna timur, harus bangga menjadi warga sawarna timur, selalu jaga tempat wisata yang ada di desa kita, mari kita bersama-sama membangun desa sawarna timur sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal.

  6. Menuju lokasi pantai saat ini hanya dgn motor atau jl kaki melewati bukit dr Lagon Pari… Pantai dgn pasir putih msh asri

  7. Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh. saya mau mengulas perjalanan ke pantai seupang

    perjalanan dari Tangerang antara 5-6 jam. pertama kita menuju pantai Legon pari terlebih dahulu untuk ke Legon pari patokannya kantor desa Sawarna. sebelah kantor desa Sawarna ada gang kecil langsung belok kanan lurus terus sampai melewati jembatan lurus trus melewati jalan konblok.

    kemudian setelah sampai langsung belok kiri menyusuri pantai lurus trus sampai menemui plang kayu pantai seupang belok kiri. lurus terus melewati kebun ikuti jalan ada tanjakan berbentuk agak lengkung atas. CEK KONDISI jalan dan motor , tidak disarankan saat hujan karena licin dan menanjak, Sangat disarankan menggunakan motor trail

    tapi motor saya Supra fit masih bisa saya bawa. hehehehe, walau memaksa. setelah melewati Tanjakan ada percabangan dua jalan, Lurus terus jangan belok kanan.

    melewati kebun dan saung warga, hati2 hampir mendekati pantai ada turunan tajam kembali lagi sangat tidak cocok sehabis hujan karena Licin. Turun dengan hati2 sampai lah kita ke pantai seupang

    untuk tempat santainya kita maju sedikit kira2 200m ada saung di seberang sana

    sampai di pantai seupang pemandangannya luar biasa dan ombak nya cukup besar.

    saran dan tips:
    1.tidak ada bayar tiker masuk
    2.persiapkan perbekalan makanan
    3.cocok sekali untuk anak Trail
    4.bisa untuk motor kota tapi agak memaksa
    5.jangan lupa bawa kamera terbaik hehe pemandangannya luarbiasa

    sekian terima kasih

  8. Pantai yang begitu alami, dan masih terjaga ini, termasuk tempat yang sangat sulit di kunjungi lewat darat

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here