Pantai Karang Taraje

Sawarna, Bayah, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393

Pantai Karang Taraje Sawarna
Pantai Karang Taraje Sawarna / @satriatew

(4.7/5 dari 25 Pengunjung) Baca ulasan

Salah satu ciri khas dan daya tarik dari Pantai Karang Taraje yaitu deburan ombak besar saling bergantian menabrak bentengan karangan, terpaan ombak menciptakan air terjun yang besar, bisa membuat terkesima yang melihatnya.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini adalah saat pagi hari dan sore hari, karena saat itulah ombak sedang tinggi-tingginya. Maka wisatawan bisa melihat semua keindahan yang ada di pantai ini.

Dengan kondisi pantai yang penuh dengan karang dan ombak yang cukup besar, wisatawan tidak disarankan berenang di pantai ini.

Dinamai dengan ‘Karang Taraje‘ karena di pantai ini banyak dijumpai tumpukan batuan karang yang menyerupai tangga(taraje dalam Bahasa Sunda). Juga untuk menaiki batu karang berukuran besar harus menggunakan tangga dari kayu, yang dalam bahasa Sunda disebut Taraje.

Untuk yang tertarik dan berencana pergi mengunjungi pantai ini, maka bisa simak ulasan terkait Pantai Karang Taraje berikut ini.

Deskripsi Pantai Karang Taraje

Pantai Karang Taraje merupakan salah satu Pantai Sawarna yang letaknya berada dekat dengan Pantai Legon Pari dan Pantai Karang Beureum. Kondisi alam pantai ini didominasi oleh batuan dengan beragam ukuran, yang paling mencolok yaitu batuan yang menyerupai benteng.

Untuk sampai ke pantai perlu perjuangan, karena akses jalannya hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua dan jalan kaki. Meski menggunakan motor, namun tetap harus dilanjutkan dengan kaki sekitar 500 meteran.

Kondisi alam pantai ini didominasi oleh batuan dengan beragam ukuran, tepi pantainya banyak dijumpai berbagai pepohonan kelapa dan tumbuhan khas pantai.

Rata-rata wisatawan yang berikunjung ke pantai ini selama 1 jam, karena umumnya pengunjung hanya menikmati pemandangan ombak menabrak karang, swafoto, dan beberapa ada yang bermain air.

Rute Menuju Lokasi

Untuk sampai ke pantai ini bisa menggunakan rute yang sama dengan rute menuju Pantai Sawarna lainnya. Dari jalan utama desa bisa menggunakan rute menuju Pantai Legon Pari, karena rutenya sama.

Dari pintu masuk bisa ditembuh dengan jalan kaki sekitar 45 menitan, akan lebih cepat jika menggunakan motor atau ojek dengan waktu tempuh 10-15 menit. Dalam perjalanan akan melewati jembatan gantung, pesawahan, dan turunan yang cukup curam.

Setelah sampai Pantai Legon Pari, perjalanan dilanjutkan ke arah timur, melewati jalan setapak, melewati perkebunan kelapa dan jembaran kecil, terus saja ikuti jalan kecil sampai ujung. Nanti akan ada warung dan area parkir, selanjutnya bisa dilanjutkan dengan jalan kaki.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai rute menuju Pantai Karang Taraje, bisa menggunakan beberapa rute yang umum digunakan wisatawan berikut.

Dari Jakarta

Untuk wisatawan yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya, maka ada dua jalur yang bisa digunakan, yaitu melalui jalur barat (melewati Serang, Tangkasbitung dan Cilegon)., dan jalur timur (melewati Bogor) .

Jalur Barat

Jika menggunakan jalur barat dari Jakarta, jarak tempuhnya akan lebih jauh dibandingkan dengan menggunakan jalur timur, namun untuk kondisi jalan terbilang aman, sudah hampir semua jalan di cor, sedikit tanjakan dan minim belokan.

Berikut adalah beberapa pilihan rute yang bisa digunakan jika menggunakan jalur barat dari Jakarta ke Sawarna.

  • Dari Jakarta > Serang > Pandeglang > Saketi > Malingping > Bayah > Sawarna
  • Dari Jakarta > Rangkasbitung > Gunung Kencana > Malingping > Bayah > Sawarna
  • Dari Jakarta > Cilegon > Anyer > Labuan > Malingping > Bayah > Sawarna

Jalur Timur

Jarak tempuh jika menggunakan jalur timur dari Jakarta ke Sawarna lebih dekat. Namun, jalur ini sering sekali terjadi macet di beberapa titik, kondisi jalan dari Pelabuhanratu ke Sawarna ada beberapa ruas yang ruak, banyak tanjakan dan turunan.

Berikut beberapa rute yang bisa digunakan, jika menggunakan jalur timur dari Jakarta ke Sawarna.

  • Dari Jakarta > Ciawi, Bogor > Cibadak > Pelabuhan Ratu > Cisolok > Sawarna
  • Dari Jakarta > Ciawi, Bogor > Cikidang > Pelabuhan Ratu > Cisolok > Sawarna
  • Dari Jakarta > Bogor > Cijeruk > Cikidang/Cibadak > Pelabuhan Ratu > Cisolok > Sawarna

Dari Bandung

Untuk wisatawan yang berasal dari Bandung dan sekiarnya. Bisa mengggunakan rute aman yang umum digunakan wisatawan lainnya. Berikut adalah rutenya.

  • Dari Bandung > Cianjur > Sukabumi > Cibadak > Pelabuhan Ratu > Cisolok > Sawarna

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Taraje

Wisatawan akan dimintai biaya tiket masuk Rp5.000,-/orang di pos masuk, yang lokasinya setelah jembatan gantung. Harga tiket masuk tersebut termasuk untuk mengunjungi Pantai Legon Pari dan Karang Beureum.

Jadi cukup satu kali bayar untuk mengunjungi tiga pantai sekaligus.

Hal Menarik

Pantai Karang Taraje memang tidak bisa dijadikan tempat berenang, karena batuan karang mendominasi setiap sudut pantai. Namun bukan berarti di tempat tidak bisa melakukan banyak hal.

Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini.

1. Menikmati Pemandangan

Pemandangan hamparan batu karang yang sebagian tergenang air bisa dijumpai sepanjang perjalanan ke pantai ini. Di pinggiran pantai ini juga bisa dijumpai batuan karang berukuran besar yang dipayungi oleh pepohonan diatasnya.

Pemandangan unik juga bisa dijumpai pada banyak karang bolong yang tergenang air laut yang sesekali di sapu oleh ombak. Pada kobangan karang ini bisa jumpai ikan-ikan karang berukuran kecil, sekilas nampak seperti akuarium. Ya akuarium yang ada di alam.

2. Spot Foto Menarik

Banyak yang sengaja datang ke pantai ini hanya untuk mengabadikan pemandangan indah kedalam foto dan video. Tempat ini juga sering dijadikan spot foto komunitas fotografer.

Batuan yang ada di pinggiran pantai juga bisa dijadikan background berswafoto, dengan sudut pengambilan foto yang tepat akan menghasilkan gambar yang instagramable.

Namun jika akan mengabadikan keindahan deburan ombak yang memecah di Karang Taraje, tetap perhatikan langkah dan jarak, tetap waspada terhadap ombak, karena bisa tiba-tiba menjadi ganas.

3. Camping

Meski jarang sekali ada wisatawan yang mendirikan tenda dan bermalam di Pantai ini, namun ada area yang aman dijadikan tempat mendirikan tenda.

Lokasinya di pinggiran pantai yang banya ditumbuhi rumput, tepat dekat batuan karang berukuran besar. Ada beberapa bangunan warung di pantai ini juga, namun hanya buka di waktu-waktu tertentu.

4. Mancing

Untuk yang memiliki hobi mancing, pantai ini juga merupakan tempat yang tepat untuk memancing. Saat air laut surut, bisa berjalan ke bagian tengah laut untuk melempar umpan.

Namun, ketika akan memancing disarankan untuk ditemani masyarakat lokal yang biasa mancing di pantai ini. Selain bisa tahu titik ke beradaan ikan, juga untuk menghindari tempat yang berbahaya.

Tips Berkunjung ke Pantai Karang Taraje

Agar kunjungan ke Pantai Karang Taraje berakhir menyenangkan, maka tidak ada salahnya untuk mengikuti beberapa tips berikut.

  • Sebelum berangkat periksa terlebih dahulu perkiraan cuaca, sebaiknya tidak berkunjung ke pantai ini saat cuaca buruk ya.
  • Berkunjunglah di bulan-bulan musim kemarau, seperti bulan Agustus, September dan Oktober. Di musim hujan pemandangan di pantai ini cukup menyeramkan.
  • Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini di pagi hari, kisaran jam 7.00 sampai jam 9.00.
  • Lebih disarankan menggunakan jasa pemandu lokal yang berpengalaman terkait pantai ini. Jadi bisa dapat arahan terkait titik lokasi yang aman dan berbahaya.
  • Membawa uang tunai yang cukup, lokasi pantai jauh dari ATM atau mini market.
  • Untuk menjaga kelestarian pantai sebaiknya tidak membuang sampah sembarangan. Akan lebih baik jika memungut sampah yang ditemukan di pantai ini.

Kekurangan Pantai Karang Taraje

Kekurangan yang dimiliki pantai ini sama seperti pantai pada umumnya, yaitu terkait akses jalan dan fasilitas pendukung seperti kamar mandi dan tempat duduk.

  • Akses jalan ke pantai ini hanya bisa diakses dengan jalan kaki(cukup jauh) dan naik motor(lebih disarankan), itupun cukup mepet apalagi ketika harus berpapasan maka salah satunya harus berhenti.
  • Fasilitas kamar mandi umum tidak tersedia, kamar mandi berbayar cukup jauh dari lokasi pantai.
  • Belum tersedia fasilitas tempat duduk di pantai ini, tempat istirahat seperti saung dan tempat duduk hanya tersedia dekat warung.

Itulah ulasan terkait Pantai Karang Taraje yang berada di Desa Sawarna, jika ada informasi yang keliru atau tidak sesuai dengan pengalaman saat mengunjungi pantai ini bisa kirim ulasannya di bawah.

BAGIKAN

25 Ulasan dari pengunjung

  1. Cukup sulit aksesnya, harus pakai motor melewati jalan setapak tapi pas sudah sampai bagus sekali, penuh karang-karang dan bisa lihat ombak yang lumayan tinggi. Cocok untuk melihat sunrise tetapi tidak cocok untuk melihat sunset karena mataharinya tidak terlihat jadi sebaiknya kesini saat pagi hari

  2. Tidak pernah terbayang sebelumnya bahwa ada tempat semacam karang taraje ini. Setelah mengendarai motor sekitar 20menit dari pantai sawarna dan melewati jalan-jalan setapak, kita disuguhi oleh keindahan karang-karang yang menjulang tinggi. Karang-karang tersebut dapat dinaiki banyak orang menggunakan taraje (sejenis tangga yang terbuat dari bambu) dan di sanalah para pengunjung bisa menikmati sensasi deburan ombak besar yang berhasil menghantam karang besar tersebut. Pecahan air yang melewati karang sungguh indah.

  3. Beautiful beach.
    Satu lagi pantai di pesisir sawarna. Tak kalah cantik dg pantai lainnya. Penuh dengan batu karang, dimana salah satu jajaran karangnya disebut2 tertinggi di sawarna. Kala itu datang di saat pantai sedang surut sehingga bisa berjalan hingga ke perbatasan karang dengan laut dalam. Gunakan alas kaki supaya tidak terluka saat berjalan diantara karang. Letaknya berdekatan dg pantai legon pari & karang bereum. Memang agak sulit menemukan pantai ini karena perjalanan yg sulit ditempuh & letaknya yg tersembunyi. Sebaiknya menggunakan pemandu lokal sehingga kita juga dapat mendengar sedikit sejarah pantai2 di sawarna, meski untuk itu harus merogoh kocek lebih dalam lagi.

  4. keunikan tempat ini adalah kalau kau lihat baik-baik pasir yang ada di siini, maka kau akan menemukan pecahan-pecahan karang bewarna keunguan. walaupun dari kejauhan warna pasirnya coklat seperti pasir pantai kebanyakan, tapi sebenarnya komponen utama pasirnya bewarna ungu. tempat yang bagus juga untuk berburu sunset

  5. Pantai Karang Taraje berbeda dengan pantai-pantai lain pada umumnya. Pada kebanyakan pantai, biasanya beralaskan pasir, akan tetapi di Pantai Karang Taraje tepian laut beralaskan bebatuan karang. Mulai dari bebatuan karang yang kecil sampai yang besar bahkan karang dibagian tepi pantainya hampir menyerupai pelataran besar dengan undakan persis seperti tangga dari batu karang. Hal ini yang menjadikan nama Pantai Karang Taraje. Barisan karang yang cukup tinggi terhampar memanjang menyerupai dinding benteng. Jika waktunya tepat, pengunjung dapat melihat Ombak yang pecah dan turun dari karang sehingga menyajikan pemandangan persis seperti air terjun.

  6. Keren, berbatu dan berombak..ya tetap harus hati-hati..taraje berarti tangga dimana harus naik tangga menuju pantai ini..disarankan dengan pemandu karena ada tempat yang bahaya yg mgkn belum diketahui.tq

  7. Pantai yang masih alami, bersih dan jauh dari sampah. Ekosistemnya masih bagus. Disela2 karang ada teripang, bintang laut, bulu babi dan masih banyak lagi. Tapi akses kesini cukup jauh harus kuat jalan kaki.

  8. Pantai yang indah, spot sun rises yang bagus jika cuaca mendukung, medan cukup menantang hanya bisa ditempuh dengan sepeda motor, sedangkan kendaraan roda empat diparkir di tempat yang tersedia sepanjang jalan raya pantai sawarna, titik titik parkir dan akses point cukup banyak dan.mudah ditemukan

  9. Untuk mencapai lokasi,sekarang tidak perlu uji nyali lagi bergoyang-goyang di atas jembatan gantung, karena sudah dibangun jembatan baru di samping jembatan lama.dengan tiket masuk Rp.5000/orang+motor. keramahtamahan penduduk lokal dan suguhan alam yang indah merupakan nilai plus untuk tempat ini.

  10. Harus bgt jd list kalo ke Banten, buat nyampe ke pantai emg harus naik motor (kalian harus pandai2 nawarnya, jgn langsung deal) dr tempat parkir karena medannya yg cuma bs dilewati motor dan lumayan menantang, tp kalian ngga bakal nyesel pas udh liat pantai dan karang di pantai ini, kalian harus hati2 saat di karang karena ombak yg menabrak karang bs menyeret kalian ke laut, wish u guys can come to this place too

  11. Pantai Karang Taraje Sawarna, Pantai Legon Pari, dan Pantai Karang Bereum tidak hanya indah secara lanskap pemandangan pantainya akan tetapi juga memiliki warisan geologi yang luar biasa. Secara geologi pantai ini dijadikan satu komplek sehingga dinamakan Komplek Endapan Turbidit Karang Taraje Sawarna karena beragam proses geologi yang terjadi jutaan tahun lalu. Geosite ini akan ditetapkan sebagai salah satu warisan geologi Kabupaten Lebak dalam rangka pengembangan Geopark Bayah Dome Kabupaten Lebak. Lokasi ini bagi kalangan geologist sangat menarik sekali dan bisa menjadi laboratorium alam geologi.

  12. Nyesel klw ga pada buruan datang. Tempatnya dan pantainya bagus baNget warga atau masyakatnya ramah ramah . Jajan makannan nya murah muarah. Kususnya semua pantai sawarna destinasi wisata yg ga kalah sama bali.

  13. Suka sama pantainya dengan karang tinggi penghadang ombak sehingga membuat deburan ombak seperti terberai setelahnya.. Tempat juga seperti agak tersembunyi, dekat dengan Legon Pari dengan pasir putihnya

  14. Tempatnya begitu menantang untuk dikunjungi karena rute yang dilalui juga extreem. Tapi begitu sampe wah sangat menakjubkan tempatnya dg deburan ombak jadi seperti salju setelah menghantam karangπŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ‘πŸ‘πŸ‘

  15. Baguss, jadi ini bersebelahan dengan legon pari. Akses ke pantainya sendiri lumayan jauh sahabad. Kalian harus naik motor ya dan gunakan sandal yang nyaman, jangan lupa jajan-jajan di warung sekitar pantaiπŸ€— orangnya ramah-ramah.

  16. Tolong yang datang ke tempat ini sampahnya di buang di tempat sampah, jika tidak ada taro di salu terlebih dahulu, jaga kelestarian alam kita supaya anak cucu kita bisa merasakan keindahan ciptaan Tuhan yang maha esa πŸ™πŸ™

  17. Tempatnya enak buat nyantai apalagi di warung paling ujung ikan bakarnya enak,
    Cuma disitu tarif toiletnya dari 2rb sampai 5rb

  18. Lokasi Wisata Megah, disarankan bagi pengunjung yg mo kesini perlu waktu yang tepat untuk menemukan Deburan Ombak, jika terlalu pagi air masih pasang jadi akses tidak baik delewati, namun jika terlalu siang ombak sudah mulai mengecil karena surut.. Jam 7 s/9 pagi moment yg baik

  19. Kalau berkunjung kesini harus pas air lautnya pasang. Kalau pas surut anda tidak akan temukan air terjun ombaknya.

  20. Pantainya paling bersih, tapi harus pakai motor ke sini jalanannya lumayan jauh dari loket. Bayarnya murah 5000 , untuk spot foto banyak… Tapi sayang pas kesinii pagi pasang jadi nggak, bisa foto di karang, untuk yg mau kesini hati2 karena banyak karang dan pecahan koral

  21. Kami datang ketika ombak tidak besar, jadi bs manjat ke karangny. Pemandangan yg tidak bs didapat dibanyak tempat. Namun, menuju kesini sangat sulit, harus naik motor 30 menit dengan rute yg naik turun.

  22. Indah banget pemandangannya,sy naik tebingnya,itu di Sawarna karang Taraje,perjalanannya cukup jauh,tidak bisa naik mobil,hanya bisa naik motor saja jalannya naik turun,ada jembatan juga yang sangat mengerikan,😭😭 jalannya juga bengkok-bengkok πŸ™„

  23. Karangnya luar biasa bagus dan ombaknya kenceng.mesti hati hati kalau di sini mesti di temani gaet setempat biar tahu waktu pasang surutnya

  24. Nice place. Pemandangannya seperti di Bali. Hanya saja akses ke lokasi masih sangat sulit. Hanya bisa pakai motor. Biasanya kalau mau kesini pakai guide. Jadi sekalian pakai motor mereka. Kemarin pakai guide dari hotel, 150rb utk 6 titik wisata dari sore sampai besok siang ( jam mengikuti utk 1 hari nginap di hotel). Berlaku utk 1 orang ya. Tapi pasti ga pengen pulang kalo udah disini ☺️

  25. Pantai yang diselimuti batu karang di sebelah Pantai Legon Pari. Pantai ini hanya bisa diakses dengan ojek motor yang melewati jalan sempit dan berliku sepanjang 1,8 km. Menjadikan wisata ini kurang ramah untuk orang berkebutuhan khusus & lansia. Namun pantai ini layak dikunjungi karena memberikan kesan alam yang unik karena besarnya karang. Disarankan pula untuk datang ke pantai ini HANYA pada bulan-bulan ombak pasang agar ‘air terjun tembok karang’ bisa mempercantik feed instagram anda.

    Note: Perlu dipastikan juga harga ojek bolak-baliknya agar harganya tidak ditinggi-tinggikan.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here