Pantai Batu Bedaun

Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33211

Pantai Batu Bedaun

(4.5/5 dari 10 Pengunjung) Baca ulasan

Indonesia, seperti yang kita tahu adalah salah satu negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki garis pantai sepanjang 95.181 KM. Tidak hanya memiliki garis pantai yang luas melainkan juga terdapat ratusan lokasi pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Batu Bedaun yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung ini.

Apa sih yang menarik dari pantai ini ? Pastinya hal yang dibayangkan wisatawan soal pantai tidak jauh dari kata pasirnya yang putih, birunya air laut, dan beberapa pohon kelapa di sekitarnya. Namun Pantai Batu Bedaun akan memberikan keindahan yang lebih, tidak hanya soal pasir dan air lautnya saja.

Terdapat beragam pemandangan yang sangat memanjakan mata, sehingga tak sedikit dari wisatawan yang menjadikan pantai ini sebagai tujuan berlibur bersama sanak keluarga, kerabat maupun bersama pasangan.

Tidak berhenti disitu saja, kondisi pantainya pun terbilang masih asri dan masih terjaga ke alamiannya karena lokasinya sendiri memang cukup terpencil. Namun wisatawan tidak perlu khawatir karena akses menuju lokasi jika berangkat dari area perkotaan tidak begitu sulit.

Apabila tertarik mengunjungi wisata bahari ini wisatawan bisa menyimak beberapa ulasan mulai dari harga tiket masuk, hal menarik di pantai, fasilitas, dan lain-lain. Agar bisa mempersiapkan beberapa perlengkapan liburan.

Deskripsi Pantai Batu Bedaun

Ikon Pantai Batu Bedaun
Ikon Pantai Batu Bedaun / Fran Adrian

Sekilas Pantai Batu Betaun tidak jauh berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Pulau Bangka. Seperti keindahan panorama laut yang luas dan berwarna biru ketika cuaca sedang bagus, atau udaranya yang begitu sejuk. akan tetapi pantai ini menawarkan keistimewaan lain.

Yang menjadi daya tarik wisatawan dari pantai ini adalah sebuah batu granit yang seakan terapung di atas air dan terdapat pohon lumayan besar tumbuh di atasnya, sehingga jika dilihat dari kejauhan nampak seperti sepucuk daun. Konon pohon tersebut dipercaya sebagai tempat yang keramat. Memang jika diperhatikan pohon tersebut tumbuh di atas batu granit yang secara logika itu hal yang mustahil.

Pasirnya yang luas dan ombaknya yang tidak terlalu besar menjadikan Pantai Batu Bedaun sebagai tempat wisata yang direkomendasikan, khususnya untuk wisatawan yang berkunjung bersama anak-anak.

Rute Munuju Lokasi

Pemandangan Pantai Batu Bedaun
Pemandangan Pantai Batu Bedaun / Mufid Muyassar

Pantai Batu Bedaun terletak di sebelah utara dari kota Pangkal Pinang dengan jarak sekitar 40 KM. dan bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan saja. Rutenya sendiri sangat mudah di akses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat juga kondisi jalanan yang lancar.

Akan sangat mudah jika menggunakan aplikasi seperti Maps Google ataupun Waze. Arahkan saja dari Kota Pangkal Pinang menuju Taman kota Sungai liat, tak jauh dari sana sekitar 15 menit perjalanan sudah bisa sampai ketempat tujuan. tidak perlu takut kesasar karena sudah tersedia penunjuk jalan di setiap persimpangan menuju pantai.

Namun bagi wisatawan yang baru pertama kali berkunjung lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau bisa juga menyewa kendaraan yang tersedia di area perkotaan. Karena untuk menemukan kendaraan umum yang menuju ke Pantai Batu Bedaun cukup sulit.

Harga Tiket Masuk

Sebelum memasuki area pantai, di gerbang pintu masuk pengunjung akan diminta untuk membayar tiket masuk yang sangat terjangkau. Untuk anak-anak dibawah umur 5 tahun tidak diwajibkan membayar, kecuali menggunakan fasilitas kolam renang dan wahana bermain lainnya.

Tiket Masuk Harga
Wisatawan Lokal Rp5.000 – Rp10.000
Wisatawan Asing Rp5.000 – Rp10.000
Parkir Motor Rp10.000
Parkir Mobil Rp20.000
*Harga Tiket Masuk tersebut masih perkiraan.

Hal Menarik Pantai Batu Bedaun

Wisata Pantai yang dikelola oleh perorangan ini kini miliki beberapa fasilitas dan juga wahana permainan yang akan membuat pengunjung betah berlama-lama disini. diantaranya :

Kolang Renang Menghadap ke Laut

Selain menikmati keindahan pantai dan air laut, berenang di kolam renang dengan view laut lepas adalah salah satu tujuan utama beberapa wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini.

Meskipun akan dikenakan tarif tambahan dari harga tiket masuk, namun kolam renang yang cukup luas dan memiliki kedalaman yang bertingkat ini selalu ramai dikunjungi, apalagi menjelang libur nasional dimana kolam renang ini akan didominasi oleh anak-anak.

Hamparan Pasir Putih yang Luas

Kurang lengkap rasanya jika berlibur ke pantai tidak mencoba bermain pasir atau sekedar berjalan-jalan sambil menikmati panorama laut yang begitu menakjubkan. Kondisi pasirnya yang bersih dan juga cukup terawat inilah yang menjadi nilai tambah dari pantai yang disebut-sebut sebagai surganya Pulau Bangka.

Beragam Wahana air

Bagi yang gemar mencari aktivitas di air yang memacu adrenalin seperti menaiki Jet Sky, Banana Boat dan Donut Boat, bisa langsung menyewanya ke pihak pengelola dengan harga mulai dari Rp50.000 – Rp350.000. dengan durasi selama 15 menit, atau 3 sampai 4 kali putaran untuk Banana Boat dan Donut Boat.

Untuk wisatawan yang baru pertama kali mencoba wahana Banana Boat biasanya akan diarahkan supaya didampingi oleh yang berpengalaman, jadi wisatawan tidak perlu khawatir soal keamanannya.

Menikmati Sunset

Sunset di Pantai Batu Bedaun
Pemandangan langit sunset Pantai Batu Bedaun /Gloss KINGDOM

Apabila berkunjung diwaktu sore hari dan ketika cuaca sedang cerah, pengunjung juga akan mendapatkan momen indahnya ciptaan Tuhan yang begitu megah. Ya, Sunset atau matahari terbenam seakan menjadi sebuah ikonis disetiap pantai manapun termasuk di Pantai Batu Bedaun ini.

Apalagi menikmatinya sambil berenang di kolam yang menghadap ke laut, beuh… Luar biasa dan jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen yang tidak abadi ini dengan menggunakan kamera.

Cottage dengan Desain yang Unik

Cottage Pantai Batu Bedaun
Cottage Pantai Batu Bedaun / Dwi Hadi

Apabila belum cukup puas menikmati keindahan Pantai Batu Bedaun hanya dari pagi sampai sore hari saja, disini pengunjung tidak akan kebingungan apabila hendak mencari penginapan yang dekat dengan pantai. Karena di dalam area pantainya sendiri sudah terdapat beberapa Cottage dengan desain menarik dan unik, yang rata-rata menggunakan bahan material kayu yang di cat warna coklat, dengan fasilitas yang cukup lengkap di dalamnya.

Sebagai tambahan informasi, disini pengunjung juga akan mendapatkan fasilitas tambahan seperti breakfast dan gratis berenang di kolam untuk 2 Dewasa dan 2 anak-anak. Namun apabila ingin menikmati hidangan makanan yang berbeda, tinggal mengunjungi restoran dan cafe yang letaknya berada sangat dekat dengan area Cottage.

Tips Berwisata

Agar aktivitas liburan berjalan lancar dan bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan, maka tidak ada salahnya untuk menyiapkan beberapa hal berikut.

  1. Sebelum berangkat sebaiknya pantau terlebih dahulu perkiraan cuaca, cuaca buruk bisa membuat liburan tidak sesuai dengan harapan.
  2. Membawa perlengkapan berenang dan alat main pasir jika liburan bersama anak-anak dan keluarga.
  3. Jika ingin berenang di pantai pastikan agar selalu mengikuti arahan dari penjaga pantai, untuk yang pertama kali berenang disarankan agar tidak berenang terlalu ke tengah pantai.
  4. Jangan lupa juga untuk selalu menyediakan uang tunai, meskipun di dekat lokasi pantai terdapat ATM namun menggunakan uang tunai disini lebih disarankan.
  5. Dan yang paling penting selalu menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Mari bersama-sama menjaga kelestarian Pantai Batu Bedaun.

10 Ulasan dari pengunjung

  1. Pantainya bagus lautnya biru pasirnya putih.. cocok untuk bersantai di sini.. akses jalannya bagus dan sudah beraspal bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat.. tiket masuk ke objek wisata ini 5000 per orang.. di sini juga tersedia saung2 atau gazrbo yang bisa disewa seharga 75000.. selamat mencoba Pantai Batu Bedaun yang berlokasi di kab. bangka sungai liat

  2. Pantai Batu Bedaun merupakan destinasi yang wajib traveller kunjungi.
    Selain menyuguhkan pemandangan yang indah dengan hamparan pasir putihnya, kita disuguhkan dengan kolam renang yang langsung menghadap laut.
    Tersedia juga restoran yang menyuguhkan bermacam aneka makanan khas Bangka.
    Sangat cocok untuk keluarga.

  3. Pilihan tepat bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga. Terdapat hotel, swimming pool dan resto. Makanannya enak lengkap dan affordable. HTM swimmimg poolnya 25 rb saja. Penerangan pada saat malam cukup baik, jadi kita tetap dapat menikmati pantai pada malam hari. Saya merasa seperti berada di jimbaran pada malam hari.

  4. Tempat rekreasi keluarga yang mudah dijangkau, memperkenankan kita sebagai pengunjung untuk membawa makanan dari rumah, tempat nya cukup bersih dan fasilitas km/wc nya lengkap, ada kolam renang untuk bermain anak2 dan ada banana boat juga loh…..

  5. Pantainya bagus dan seperti pantai biasa pada umumnya. Tidak terlalu bersih, karena masih ada beberapa pengunjung yang suka membuang sampah sembarangan. Tempat yang ditonjolkan disini adalah sebuah pohon yang hidup diantara bebatuan tidak jauh dari pantai. Seolah-olah batunya tumbuh dan mengeluarkan daun. Pihak pengelola hotel atau penginapan juga mantap, banyak fasilitas lengkap, salah satunya kolam berenang utk keluarga. Harga tiket masuk ke pantai cukup membayar Rp 5000 per orangnya

  6. Waahhh…pantainya sekarang sudah dikelola denga baik, fasilitasnya lengkap ada tempat makan, cafe, kolam renang air tawar, spot foto yang menarik…pantainya bersih…kerreenn dan yang pasti batu yang posisinya agak ketengah lautan itu tetap ada pohon kecil berdaun ..tetap sama seperti itu sejak dari dulu dari saya kecil sampai sudah tua seperti skrg ini .๐Ÿ‘๐Ÿ˜€

  7. Pantainya bersih dan terdapat berbagai fasilitas umum seperti gazebo, tempat duduk, cafe, penginapan, dan tempat parkir yang lumayan luas. Namun, menurut saya tempat berteduhnya di area sekitar pantai agak kurang (yang aman dari sinar matahari cuma area sekitar bangunan dan gazebonya)

  8. Salah satu tempat wisata pangai di kota Sungai Liat. Terletak sekitar 40 menit perjalanan dari kota pangkal pinang. Pantainya beraih nyaman dengan harga tiket masuk Rp 5.000 per orang, sangat layak direkomendasikan bagi teman-teman yang jalan2 di bangka. Harga minuman dan makananpun cukup terjangkau. Parkiran yang cukup luas dan gratis

  9. Fasilitas lengkap ya, cocok buat ajak keluarga kesini, bisa mandi di pantai atau di kolam renang.
    tiket masuk hanya 5k perorang, sedangkan untuk berenang di pool kisaran 25k.

    Tempatnya bersih, ada resto nya juga dan mushola. Disarankan klo kesini pas weekdays ya, soalnya klo weekend rame buanget

  10. Tempat hiburan untuk keluarga yang cukup menarik dgn kolam renang nya, bermain anakยฒ dan pantai dgn pasir putih juga laut dgn air biru nya

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here