Pantai Tanjung Lesung

Tanjung Jaya, Panimbang, Pandeglang, Banten 42281

Pantai Tanjung Lesung

(4/5 dari 8 Pengunjung) Baca ulasan

Pesisir Banten seakan tidak pernah ada habisnya untuk dibincangkan, tak terkecuali sebuah pantai yang letaknya berada di Kabupaten Pandeglang ini. Pantai Tanjung Lesung menawarkan beragam keistimewaan pantai yang begitu menakjubkan.

Seiring berjalannya waktu, pantai yang terkena dampak letusan gunung anak Krakatau pada akhir tahun 2018 lalu kini sudah jauh lebih baik lagi keadaannya. Bahkan kabarnya pantai yang dikelola oleh PT. Jababeka Tbk dan telah menjadi kawasan Ekonomi Khusus ini akan terus dikembangkan lagi untuk menjadi daerah destinasi wisata berkelas Internasional seperti Nusa Dua – Bali. Hal ini ditandai dengan beberapa inprastruktur akses menuju lokasi yang sedang dibangun, salah satunya adalah Jalan Tol Panimbang-Serang yang ditargetkan rampung pada tahun 2023 mendatang.

Belum lagi beberapa fasilitas yang ditawarkan kepada wisatawan yang akan membuat betah siapapun yang berkunjung kesini seperti Hotel, Cafe, dan Beach Club. Konservasi hutan dan tumbuhan laut menambah nilai lebih dari pantai yang digadang-gadang sebagai Bali-nya Banten ini.

Maka tak heran jika Pantai Tanjung Lesung selalu dijadikan daftar tujuan wisata bagi sebagian travelers. Nah, jika tertarik untuk mengunjungi pantai yang terletak di selat Sunda ini, alangkah lebih baiknya untuk mencari referensi terlebih dulu mengenai detail pantai, rute, harga tiket masuk, dan lain-lain. Sehingga bisa memudahkan wisatawan dari segi persiapan sebelum berkunjung.

Deskripsi Pantai

Ikon Pantai Tanjung Lesung
Ikon Pantai Tanjung Lesung / Rudyanto A. Wibisono

Sesuai dengan namanya Pantai Tanjung Lesung jika dilihat dari Peta atau Maps google memang terletak disebuah tanjung yang menyerupai Lesung (lumpang kayu panjang untuk menumbuk padi). Sehingga tak heran jika lokasi ini juga dijadikan sebagai salah satu gateway untuk menuju Gunung Krakatau dan Pulau-pulau lain disekitarnya.

Selain itu, karena pantai ini juga terletak di wilayah lautan selat Sunda yang mempengaruhi kondisi ombak tidak sekencang ombak lain seperti dibeberapa pantai yang menghadap langsung ke samudera Hindia. Sangat cocok bagi wisatawan yang hanya ingin sekedar berenang atau bermain air saja ditepian pantai.

Pasirnya yang berwarna putih dan halus memungkinkan untuk wisatawan melakukan berbagai aktivitas seperti bermain sepak bola pantai, Voly pantai, atau hanya sekedar berjalan-jalan menelusuri keindahan panorama alam dan lautan yang begitu megah.

Pantai yang berdekatan dengan Taman Nasional Ujung Kulon ini layaknya surga tersembunyi di Banten, karena letaknya yang cukup jauh dari perkotaan. Namun jika wisatawan sudah menginjakan kaki di pantai ini, hembusan angin sepoi-sepoi akan menjadi obat rasa lelah sehabis perjalanan.

Rute Menuju Lokasi

Nah, untuk rutenya sendiri pengunjung bisa menyesuaikan dari titik keberangkatan agar bisa menentukan jalur paling terdekat yang bisa dilalui. Berikut ini adalah rute menuju lokasi yang bisa di akses dari beberapa kota besar.

Dari Jakarta

Jika wisatawan yang menjadikan kota Jakarta sebagai titik lokasi keberangkatan bisa melalui rute umum atau bisa juga menggunakan jalur arternatif.

Rute Umum : Gunakan Tol Jakarta – Merak > Keluar melalui Gerbang Tol Serang Timur > Pandeglang > Labuan > Panimbang > Tanjung Lesung. (Dengan jarak sekitar 165 KM. dan bisa ditempuh selama 3-4 jam).

Rute Alternatif 1 : Gunakan Tol Jakarta – Merak > Belok menuju Tol Panimbang – Serang > Keluar melalui Gerbang Tol Rangkasbitung > Pandeglang > Labuan > Panimbang > Tanjung Lesung.

Rute Alternatif 2 : Jakarta, Jl. Daan Mogot > Tangerang, Jl. Raya Pantura > Jl. Raya Serang > Balaraja > Cikande > Pandeglang > Labuan > Panimbang > Tanjung Lesung (Jalur non Tol).

Dari Cilegon

Untuk dari Cilegon sendiri biasanya wisatawan mengambil jalur menyusuri pesisir pantai yaitu :

Cilegon, Jl. Raya Anyer > Labuan > Panimbang > Tanjung Lesung.

Dari Serang

Jl. Raya Serang – Pandeglang > Saketi > Labuan > Panimbang > Tanjung Lesung.

Dari Bandung

  • Bandung > Cianjur > Bogor > Jasinga > Rangkasbitung > Pandeglang > Labuan > Panimbang > Tanjung Lesung
  • Bandung > Cianjur > Sukabumi > Pelabuhan Ratu > Bayah > Malingping > Saketi, Pandeglang > Labuan > Panimbang > Tanjung Lesung.

Harga Tiket Masuk

Sama dengan tempat wisata pada umumnya, pantai ini menerapkan tarif Retribusi kepada pengunjung, mulai dari HTM sampai dengan tiket parkir kendaraan. Meskipun terbilang sedikit mahal namun sebanding dengan keindahan dan pengalaman wisata yang ditawarkan.

Tarif Week dayWeek end
Tiket masukRp30.000Rp40.000
Parkir MotorRp10.000Rp10.000
Parkir MobilRp20.000Rp20.000
*Harga tarif bisa berubah sewaktu-waktu.

Hal Menarik

Tentunya wisatawan tidak boleh melewatkan informasi hal yang menarik yang ada di Pantai Tanjung Lesung. Banyak keistimewaan yang ditawarkan, sehingga membuat pengalaman liburan yang tidak akan pernah terlupakan seumur hidup.

Vila Ekskulisif

Villa di Pantai Tanjung Lesung
Villa di Pantai Tanjung Lesung / tanjunglesungtrip_

Mungkin sebagian wisatawan ingin berlibur ke suatu tempat dimana terdapat sebuah hunian yang tidak akan terganggu oleh wisatawan lain. Apalagi bagi pasangan yang hendak merencakanan Honeymoon, ciee! Disini terdapat banyak Vila Ekskulif yang bisa dipilih dengan beragam view laut yang romantis.

Cocok juga untuk liburan bersama anak-anak dan keluarga, kerabat kerja ataupun family gathering. Karena beberapa vila disini rata-rata terdapat fasilitas dengan halaman yang luas, sehingga wisatawan bisa dengan leluasa melakukan berbagai aktivitas diluar ruangan yang lagi-lagi tidak akan terganggu oleh wisatawan lain.

Sebagai tips memesan staycation disarankan agar wisatawan melakukan booking tempat minimal 3-7 hari sebelumnya. Agar bisa mendapatkan vila yang diinginkan. Apalagi mau menjelang libur panjang atau menyambut tahun baru misalnya, wisatawan harus benar-benar bisa mempersiapkan pemesanan tempat agar sesuai dengan jadwal kedatangan.

Olahraga Air

Banana Boat di Pantai Tanjung Lesung
Banana Boat / Cadil Eka

Daya tarik unggulan dari pantai ini yaitu air lautnya yang tenang dan jernih, tak heran jika lokasi ini telah dilengkapi dengan sarana penunjang olahraga air seperti banana boat, donat boat, jet sky, wake board dan juga tersedia perlengkapan snorkeling dan diving.

Pengunjung bisa menyewa wahana seru ini dengan tarif sebesar 300 ribuan selama 20 menit, untuk aktivitas diving pengunjung juga akan dikenakan tarif sekitar 80 ribuan per orang, atau hanya ingin berenang di sekitar pantai saja juga bisa. Tapi untuk lebih hemat, disarankan pengunjung agar membawa perlengkapan berenang atau snorkeling sendiri dari rumah.

Keindahan di Bawah Laut

Melakukan Snorkeling di Pantai Tanjung Lesung
Melakukan Snorkeling / jaseng_adventure

Bukan hanya keindahan di permukaan lautnya saja, pesona alam di dasar laut juga sangat menarik. Liburan sambil berkenalan dengan beberapa ikan cantik dan mempelajari cara transplantasi terumbu karang ditemani oleh penyelam berpengalaman.

Pasir Putih yang Memikat

Berbicara soal pantai tentu tidak boleh melewatkan informasi tentang kondisi pasirnya. Tekstur pasir di Pantai Tanjung lesung memiliki warna putih dan tekstur yang lembut, juga sangat terawat dari segi kebersihannya.

Namun untuk menjaga kelestarian pantai ini bukan hanya tugas pihak pengelola saja, melainkan wisatawan juga punya tanggung jawab yang sama seperti tidak membuang sampah sembarangan. Agar pantai Tanjung Lesung akan terus terjaga kelestariannya sampai kepada anak cucu kita.

Spot Sunrise

Jika sedang beruntung mendapatkan cuaca yang bagus, pengunjung bisa menyaksikan momen matahari terbenam yang tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Pasalnya, pantai yang letaknya di ujung barat Banten ini sangat strategis untuk menyaksikan Sunset dikala menjelang malam. Jangan lupa membawa sebuah kamera untuk mengabadikan momen di waktu yang emas ini.

Surganya bagi Pemancing

Indonesia memang terkenal dengan kekayaan fauna lautannya hingga ke mancanegara. Salah satunya di sekitaran area Pantai Tanjung Lesung ini terdapat beragam ikan-ikan yang bisa dijadikan target buruan memancing. Jika bosan memancing di dekat area pantai, pemancing bisa menyewa boat yang akan membawa hingga ke tengah lautan, atau bisa juga transit di beberapa pulau seperti Liwungan dan pulau Panaitan.

Berkunjung ke Gunung Krakatau

Seperti yang sudah disebutkan bahwa bibir Pantai Tanjung Lesung adalah titik awal perjalanan menuju Gunung Krakatau atau anak Krakatau dengan menggunakan boat atau Kayak. Yang akan memenuhi rasa penasaran bisa melihat langsung dari dekat atau menginjakan kaki di Gunung yang Terkenal ini.

Selain itu jangan lupa juga untuk mengunjungi Pulau Liwungan dan Pulau Panaitan yang sangat dekat dengan Ujung Kulon.

Mendirikan Tenda/Camping

Mendirikan Tenda di Pantai Tanjung Lesung
Mendirikan Tenda / Riio

Untuk yang berencana melakukan camping atau hanya mendirikan tenda untuk tempat berteduh, maka bisa melakukan di pantai ini. Ada area bibir pantai yang luar dengan hamparan pasir putih, tinggal pilih yang minim batuan.

Tips Berkunjung

Agar liburan berjalan lancar dan bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan maka tidak ada salahnya untuk menyiapkan beberapa hal seperti berikut.

  1. Pantaulah perkiraan cuaca sebelum berangkat, cuaca buruk kadang bisa mengganggu perjalanan dan momen liburan.
  2. Membawa perlengkapan berenang dan bermain pasir jika berkunjung bersama keluarga.
  3. Untuk yang pertama kali berenang diharapkan agar tidak terlalu ke tengah.
  4. Persiapkan uang tunai sebelum menuju area Pantai Tanjung Lesung, karena lokasi ATM cukup Jauh.
  5. Tidak meninggalkan sampah, karena sampah bisa merusak ekosistem laut dan mengganggu pemandangan.
VIAYudha Maulana
BAGIKAN

8 Ulasan dari pengunjung

  1. Semuanya oke banget minusnya cuma jauh dan harganya aja. Sekarang jadi tahu kenapa Tanjung Lesung menjadi salah satu destinasi wisata unggulan. Kesana pas mendung aja oke banget apalagi kalau pas cerah. Sarapan bisa lihat gunung Krakatau dan Anak Krakatau di kejauhan, diiringi deburan ombak. Banyak spot foto ciamik. Ini oke banget buat staycation ala-ala dan acara office/family gathering. Ada Damri dari Soetta juga dan jalannya sekarang Jakarta-Tanjung Lesung mulus banget. Pengen balik kesini lagi.

  2. Waktu kesini sepi, sepi banget malah kaya private beach jadi suka. Akses jalan raya nya bagus, pas lurus ke arah pantainya lumayan rusak, rusak banget malah. Tiket masuk 30k/orang lumayan mahal, mahal bgt sih haha 😖 pas kesini apa yang bisa dilihat? Pemandangan sih. Soalnya sedikit kurang recommended kalau buat berenang. Tapi jangan berkecil hati, di arah kanan pantai banyak kepiting dan udang. Waktu itu dapet 1 plastik bro hahaha. Entah kalau ke kiri pantai malah sedikit rusak. Pengalaman buruk waktu kesini adalah waktu ke toilet dong ada emas yang belum disiram tolong! 😭 Iya tau sih itu kesalahan pengunjung tapi ttp aja jadi gak nafsu makan selama 3 hari anjrot. Overall bagus, betah lama lama disini, dari siang sampai sore hehe

  3. Suka banget sama view disana. Bener bener bersih jernih airnya. Anginnya Sepoi Sepoi. Ombaknya juga ga terlalu besar cuman banyak terumbu karang jadi buat berenang bebas kurang bisa ga sedikit orang yang terluka karena terumbu karangnya.
    Harga tiketnya murah bisa di tebus dengan minuman. Toiletnya terbilang Kotor namun banyak. Ada musolla dan kawasan camping resto dan wahana lainnya. Yang sangat di sayangkan perjalanan nya bener bener jauuuuh untuk perjalanan malam hari bener bener membahayakan karena ga banyak lampu jalan di tambah banyak masyarakat yang tidak memiliki lampu pada kendaraan nya

  4. Ternyata tempat nya ngga seindah di foto, difoto kelihatan indah tp setelah saya kesana sama anak dan istri kecewa banget, karena tempatnya sangat kotor sekali, tidak cocok untuk tempat nyantai bersama keluarga

  5. Pantainya landai. Pesisirnya tidak begitu panjang. Karakteristik pantai berbatu. Jadi siapkan sandal yg sol nya agak tebal, untuk telanjang kaki tidak disarankan sih karna sakit. Ombak cenderung tidak terlalu besar. Warna air pantai nya agak gelap, mirip seperti pantai pantai di kawasan pelabuhan ratu. Dari pantai ini bisa terlihat gunung Krakatau! (Atau anak krakatau ya..)

  6. Pantai Tj.Lesung lebih direkomendasikan untuk keluarga khususnya yang membawa anak, karena ombak nya tidak terlalu besar atau berbahaya. Terkait spot-spot untuk ambil sebuah kenangan, cukup banyak dan bagus.

  7. Tiket masuknya termasuk cukup pricey. kalian bisa sewa wahana air juga dengan harga yg berbeda tergantung wahananya. pantainya masih jernih dan banyak coral. bisa untuk foto prewedding juga. ada camping sitenya. musholanya bersih.

  8. Walaupun lokasinya ada di ujung Banten tapi pantainya bersih dan enak buat menyelam.
    Tidak terlalu ramai enak buat istirahat

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here