Pantai Bodur

GM52+F7W, Jl. Raya Tj. Lesung, Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten 42281

(4.4/5 dari 9 Pengunjung) Baca ulasan

Jika berencana akan berkunjung ke Tanjung Lesung namun ingin berkunjung ke pantai yang lebih sepi dan minim pengunjung maka jangan lewatkan Pantai Bodur, yaitu wisata pantai yang memiliki hamparan pasir putih, airu laut yang biru, serta masih asri.

Alasan kenapa kondisi alam pantai ini masih asri yaitu karena lokasinya jauh dari kediaman penduduk. Memiliki area bibir pantai yang cukup luas sehingga wisatawan yang berkunjung bisa melakukan berbagai aktivitas, cocok jadi tempat piknik bersama teman atau keluarga.

Pantai ini bisa jadi alternatif Pantai Tanjung Lesung, selain harga tiket yang lebih murah juga suasananya lebih tenang dan minim pengunjung. Meski begitu, saat libur panjang seperti lebaran dan tahun baru pantai cukup ramai pengunjng.

Nah, untuk yang berencana akan berkunjung ke pantai berpasir alami dan aman untuk berenang maka bisa simak ulasan mengenai Pantai Bodur di bawah agar dapat gambaran mengenai kondisi dan hal menarik apa saja yang terdapat di wisata panta ini.

Deskripsi Pantai Bodur

Foto Pantai Bodur Sekarang
Pemandangan bibir pantai Bodur / Rhiya Khaeriyah

Pantai Bodur di Tanjung Lesung, Banten merupakan wisata pantai yang dibuka untuk umum kembali pada tanggal 21 April 2023. Bisa jadi alternatif untuk yang ingin berkunjung ke pantai yang kondisinya masih asri.

Pasir Pantai Bodur berwarna kecokelatan dan bercampur dengan pecahan batu karang. Pantai ini landai dan ombaknya kecil, sehingga nyaman untuk bermain air, berjemur, atau berfoto. Meskipun kondisi pantainya kurang bersih, pantai ini cocok untuk piknik dan terdapat toilet umum di sekitarnya.

Pantai Bodur yang berada di bawah manajemen PT. BWJ, awal jadi tempat aktivitas tamu hotel Tj. Lesung Resort. Pantai ini memiliki area berpasir putih yang lembut dan luas. Menariknya akses ke pantai ini bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Pantai Bodur menawarkan panorama yang menawan dengan pasir putih dan laut yang biru. Pantai ini nyaman untuk bermain, dengan suasana yang sepi dan cukup unik karena sebelum menuju pantai akan melewati seperti savana yang dihiasi rumput, beberapa kumpulan semak dan sedikit pohon.

Saat libur panjang, pantai ini cukup ramai pengunjung. Wisatawan dapat berenang, bermain pasir, mencari kerang, dan menikmati pemandangan sambil minum air kelapa muda. Namun, belum ada wisata air di sini, sehingga untuk permainan laut perlu ke beach club yang lebih private dan eksklusif.

Rute Menuju Lokasi

Gapura pintu masuk Pantai Bodur
Gapura pintu masuk Pantai Bodur / XXA M&S

Pantai Bodur berlokasi di Jl. Raya Tj. Lesung, Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Jika dari pusat kabupaten Pandeglang jaraknya sekitar 73 kilometer atau perlu waktu tempuh sekitar 2 jam per jalanan.

Untuk yang berkunjung ke Pantai Bodur dari pusat kabupaten Pandeglang bisa melalui Jl. Raya Labuan – Pandeglang dan Jl. Nasional III atau melalui Picung – Munjul.

Melalui Jl. Raya Labuan – Pandeglang dan Jl. Nasional III

Dari Kabupaten Pandeglang, Banten, menuju ke Pantai Bodur membutuhkan waktu sekitar 2 jam atau sejauh 73,1 km melalui Jalan Raya Labuan – Pandeglang dan Jalan Nasional III. Rute ini merupakan rute tercepat saat ini sesuai kondisi lalu lintas di Pandeglang.

Untuk mencapai Pantai Bodur dari Pandeglang, ikuti Jalan AMD Lintas Timur ke Jalan Raya Labuan – Pandeglang/Jalan Terminal Abdul Halim selama sekitar 10 menit atau sejauh 5,0 km. Kemudian, ikuti Jalan Raya Labuan – Pandeglang dan Jalan Nasional III selama sekitar 1 jam 29 menit atau sejauh 57,9 km hingga sampai di Jalan Raya Tj. Lesung di Citeureup.

Setelah sampai di Jalan Raya Tj. Lesung, tetap di jalan tersebut hingga mencapai tujuan Anda di Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Perjalanan dari Jalan Raya Tj. Lesung menuju Pantai Bodur membutuhkan waktu sekitar 18 menit atau sejauh 10,1 km.

Melalui Picung – Munjul

Perjalanan dari Pandeglang ke Pantai Bodur membutuhkan waktu sekitar 2 jam 33 menit atau sejauh 95,1 km melalui jalur Picung – Munjul. Untuk mencapai Pantai Bodur dari Pandeglang, terlebih dahulu teruskan ke Jalan AMD Lintas Timur selama sekitar 2 menit atau sejauh 500 m.

Kemudian, lanjutkan perjalanan melalui Jalan Raya Saketi – Malingping, Picung – Munjul, Jalan Raya Panimbang, dan Jalan Nasional III selama sekitar 2 jam 29 menit atau sejauh 93,2 km hingga mencapai Tanjungjaya.

Setelah sampai di Tanjungjaya, lanjutkan perjalanan selama sekitar 4 menit atau sejauh 1,5 km untuk sampai di Pantai Bodur.

Nantinya akan ada papan petunjuk di jalan nasional. Akses jalan masuk menuju pantai ada beberapa ratus meter, jalannya belum beraspal dan masih jalan tanah, meski begitu mobil pribadi bisa lewat dengan lancar.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke Pantai Bodur pengunjung perlu membayar tiket masuk (retribusi) saat melewati pintu masuk atau loket. Biaya tiket masuk biasanya dihitung berdasarkan jenis kendaraan.

Jenis KendaraanHarga Tiket Masuk
Mobil + ParkirRp90.000
Motor + ParkirRp20.000
* Harga tiket masuk di atas bisa berubah di kemudian hari

Selain tiket masuk dan biaya parkir, pengunjung juga perlu merogoh kecek untuk menggunakan kamar mandi / toilet sebesar Rp5.000 sekali masuk. Untuk harga makanan dan minuman di sekitar pantai terbilang wajar, tidak mahal.

Hal Menarik dari Pantai Bodur

Meski pengelolaan Pantai Bodur belum maksimal, namun bukan berarti pantai ini tidak memiliki hal menarik. Berikut beberapa hal menarik yang bisa pengunjung lakukan atau temukan saat berkunjung ke pantai ini.

Pantai yang Masih Asri

bodur beach tanjung lesung
Kondisi alam pantai masih asri / aris awan

Pantai yang masih asri dengan garis pantai yang tidak begitu panjang, memiliki pasir berwarna putih kecokelatan–tergantung cuaca– yang bercampur dengan pecahan batu karang. Pantai ini pasirnya lembut, berbeda dengan pantai-pantai lainnya, namun kondisi pantainya kurang bersih. Tidak ada penjaga pantai dan fasilitas belum terlalu lengkap.

Pantai yang masih asri ini cocok untuk piknik dengan membawa tikar dan makanan sendiri. Selain itu, pantai ini juga sepi dan tenang, hanya terdapat beberapa warga sekitar yang sedang memancing.

Pantai yang masih asri ini menawarkan pengalaman yang berbeda dengan pantai-pantai populer lainnya. Meskipun kondisinya kurang bersih, namun pengunjung bisa menikmati suasana pantai yang tenang. Cocok untuk piknik atau sekadar menikmati pemandangan pantai yang indah.

Berenang

Berenang di Pantai Bodur
Ombaknya kecil jadi cukup aman untuk berenang / Luthfi Fansuri

Pantai Bodur memiliki area yang cocok untuk berenang di pinggir pantai. Meskipun tidak terlalu dalam, terdapat area landai di laut yang bisa digunakan untuk berenang.

Meski begitu sebaiknya hindari berenang terlalu jauh dari bibir pantai, perhatikan kondisi ombak dan arus laut, serta menggunakan peralatan pelindung diri seperti pelampung dan jaket apung. Selain itu, perlu juga memperhatikan waktu berenang agar tidak terkena terik matahari yang berlebihan.

Berenang di Pantai Bodur bisa menjadi alternatif aktivitas menyenangkan saat berkunjung ke pantai ini. Namun, perlu tetap berhati-hati dan memperhatikan keselamatan saat berenang di laut. Gunakan juga peralatan pelindung diri dan tetap hati-hati karena tidak ada penjaga pantai.

Bermain Pasir

Bermain pasir di Pantai Bodur
Bermain pasir / Zhw Art

Pantai Bodur memiliki bibir pantai yang berpasir putih dan sebagian ada berkarang. Pantai ini cocok untuk bermain pasir bersama anak-anak karena minim batu karang. Namun, perlu hati-hati dengan ombak yang semakin besar seiring waktu.

Saat bermain pasir jangan lupa memakai sunblock untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang berlebihan, membawa peralatan dan mainan pasir untuk anak-anak. Selain itu, perlu juga memperhatikan kondisi ombak dan jangan biarkan anak-anak bermain sendirian.

Menikmati Pemandangan Sunset

Sunset Pantai Bodur
Pemandangan sunset yang indah / syarif chandra

Pantai Bodur adalah destinasi yang sempurna bagi pecinta matahari terbenam. Pantai ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah dengan pasir putih yang menakjubkan, serta suasana senja yang dapat membawa kedamaian pikiran.

Untuk menikmati pemandangan sunset di Pantai Bodur sebaiknya datang tepat waktu agar tidak kehilangan momen matahari terbenam, membawa kamera untuk mengambil foto indah, dan memilih spot yang strategis.

Menikmati pemandangan sunset di Pantai Bodur bisa jadi pengalaman yang tak terlupakan terlebih jika bersama orang tersayang seperti keluarga atau pasangan.

Camping di Bibir Pantai

Camping di Pantai Bodur
Camping di pinggir pantai / Chandra Roma

Camping di bibir pantai Bodur cocok dilakukan bagi para pecinta alam yang ingin menikmati malam di pinggir pantai. Menikmati suasana sepi ditemani deburan ombak dan hamparan bintang-bitang di langit yang indah.

Untuk camping di pantai Bodur sebaiknya memilih lokasi yang aman dan tidak terlalu dekat dengan bibir pantai. Jangan lupa membawa perlengkapan camping yang memadai termasuk tenda dan sleeping bag, dan mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi cuaca pantai yang berubah-ubah.

Salah satu keuntungan dari camping di bibir pantai Bodur adalah banyaknya pohon besar di tepi pantainya, yang bisa digunakan untuk berteduh dan melindungi dari sinar matahari yang terik. Namun, perlu tetap berhati-hati dan memperhatikan keselamatan, serta jangan lupa izin terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan ya.

Masuk dalam Kawasan KEK Tanjung Lesung

Pantai Bodur, yang terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten, masuk dalam kawasan KEK Tanjung Lesung. KEK Tanjung Lesung merupakan KEK pariwisata pertama yang telah diresmikan beroperasi pada Februari 2015.

KEK Tanjung Lesung memiliki luas area 1.500 Ha dan potensi pariwisata yang beragam, termasuk keindahan alam pantai, kekayaan flora dan fauna, serta kekayaan budaya yang eksotis. KEK Tanjung Lesung juga dekat dengan atraksi wisata Banten lainnya seperti Kawasan Tua Banten, Budaya Badui, Taman Nasional Ujung Kulon, Gunung Krakatau, dan wisata kepulauan.

Pada tahun 2020, KEK Pariwisata Tanjung Lesung membangun desain induk pariwisata kota air, seperti di Venesia Italia, di kawasan wisata pantai ini.

Tips Berkunjung ke Pantai Bodur

Agar kunjungan ke Pantai Bodur bisa berjalan lancar dan memberi kesan menyenangkan, maka tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips berikut.

  • Sebaiknya berkunjung di bulan-bulan musim kemarau seperti Juni s/d Agustus. Juga jangan lupa cek terlebih dahulu perkiraan cuaca sebelum pergi ke Pantai Bodur.
  • Jika ingin merasakan suasana pantai yang lebih tenang dan sepi pengunjung maka bisa berkunjung di hari biasa. Berkunjung saat libur panjang atau libur sekolah biasanya banyak wisatawan.
  • Untuk yang tidak memilki penglaman berenang atau pertama kali berenang di laut sebaiknya berenang di lokasi yang dangkal, dan hindari area yang berbahaya.
  • Jangan lupa membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup karena lokasi pantai ini cukup jauh dari ATM atau minimarket.
  • Jika berkunjung di hari biasa sebaiknya membawa makanan dan minuman yang cukup dari luar karena di hari biasa tidak ada berjualan.
  • Jika berkunjung di siang hari sebaiknya membawa kacamata, topi, dan tabir surya.
  • Untuk menjaga kelestarian pantai harap tidak membuang sampah sembarangan. Jika tidak ada tempat sampah maka bisa membawa pulang sampah.

Kekurangan Pantai Bodur

Sama seperti wisata pantai yang belum terkelola dengan baik, Pantai Bodur memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya minimnya tempat sampah, kamar mandi/toilet hanya tersedia satu tempat saja.

Selain itu, fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjung juga belum ada seperti tempat duduk.

Demikian ulasan Pantai Bodur, Panimbang, Pandeglang, Banten . Jika terdapat informasi yang keliru atau memiliki pengalaman yang berbeda saat berkunjung ke pantai ini bisa kirim ulasannya di bawah ini ya!

9 Ulasan dari pengunjung

  1. Pantai lumayan bagus, bersih, garis pantai tidak begitu panjang,tipe pantai landai dengan ombak kecil. Fasilitas masih kurang untuk kamar mandi, mushala, air bersih, toilet. Tiket masuk 80 ribu (satu mobil kecil, tidak dihitung jumlah penumpang) + 10 ribu (parkir). Kamar mandi / toilet 5 ribu sekali masuk. Harga makanan yang ditawarkan di warung wajar tidak mahal.

  2. Dahulu pantai ini sangat bagus, tapi sekarang pantainya kotor. Mohon pemerintah & pengelola setempat rapihkan lagi pantai bodur, karena pemandangan dan pantainya aslinya sangat cantik, dan sangat berpotensi menjadi bali nya banten 👍🏻 …

  3. Pantai bodur ni sangat bagus pemandangan nya..
    Cuman perlu ditingkatkan dan diperhatikan lagi,,kamar mandi/WC umum nya di perbanyak (kmren pergi sampai ada ribut2 tunggu kamar mandi,Krn 1 tempat aja).

  4. salah satu pantai di kawasan tanjung lesung.
    kalo mau kesini saya saranin perkiraan sampe pagi.. jam 07 baru buka soalnya.. semoga fasilitas nya makin membaik. terutama kamar mandi

  5. Pantai bodur ini salah satu pantai yg ada d kawasan Tanjung Lesung..
    Waktu libur lebaran 2023 kami berkunjung kesini.. Tujuan utama k tanjung lesung tapi tiket masuk k tanjung lesung 45k / Orang ( dompet kami belum cukup ) jadi kami memutuskan k pantai bodur dengan
    Harga tiket masuk 90k mobil + 5k parkir mobil.. pantai nya cukup enak tapi fasilitas nya belum memadai. Mungkin karena kawasan wisata baru. Semoga kedepan nya lebih baik lagi pantai bodur

  6. Jenis pantai yang saya suka. Pasir yang putih dan air laut bersih. Sepi dan tenang, hanya ada beberapa warga sekitar yang sedang memancing.

    Tidak ada tiket masuk. Namun, saya lihat banyak alat-alat berat konstruksi, sepertinya sedang dibangun sesuatu. Entah ke depan akan ada biaya masuk atau tidak. Tidak ada penjual apapun di pantai ini, toilet juga tidak ada. Semoga ke depan dibangun beberapa fasilitas pendukung, sehingga nyaman berlama-lama.

  7. Nyaman murah meriah dengan tiket masuk Rp.10rb/ orang. Parkir mobil Rp.5rb yang luas.
    Hanya bisa buat berenang dipinggir pantai…tanpa ada banana boat dll….

  8. planing mau ke tanjung lesung
    tapi digerbang depan “diiming² ngi * ke bodur aja 😄
    ya karena penasaran akhirnya ke bodur…
    -pantai kurang landai
    -panas pake banget
    -kamar mandi kurang banyak kalau untuk suasana liburan seperti ini (air juga kecil)
    -fasilitas publik lebih diperhatikan
    -ada petugas yang bersihin sampah
    -parkiran mobil motor luas, tapi ya lagi² panas
    -akses jalan ada beberapa ratus meter yg jelek

  9. Pantai Bodur dibuka untuk umum lagi

    Biaya masuk mobil Rp. 80 rb+ biaya parkir Rp. 10 rb (total bayar diawal Rp. 90 rb). Motor masuk Rp. 15 rb + parkir Rp. 5 rb.

    Kondisi pantai kurang bersih.
    Bisa piknik membawa tikar + makanan sendiri. Terdapat toilet umum. Sebelum menuju pantai Bodur, di pinggir jalan terdapat kumpulan monyet, mereka sangat senang jika diberi makanan.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here