Pantai Tomen

Pantai Tomen
@whiempy

Alamat: Tambak, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur 65176

Pantai Tomen merupakan wisata pantai yang berada di pesisir Kabupaten Malang. Namun secara geografis, pantai ini berdekatan posisinya dengan Pantai Bangsong, Pantai Batu Bengkung, Pantai Sendang Biru, dan Pantai Clungup, pantai yang disebutkan terakhir merupakan pintu masuk Pantai Tomeng dan beberapa pantai terdekat lainnya.

Meski Pantai Tomeng baru terkenal belakangan, namun untuk masalah pemandangan yang disuguhkannya tidak diragukan lagi. Wisatawan yang datang ke pantai ini tidak akan pulang dalam keadaan kecewa.

Sebagai tempat wisata baru, pantai ini masih sedikit dikunjungi wisatawan, maka untuk wisatawan yang ingin liburan di pantai dengan suasana tenang, Pantai Tomen ini bisa jadi pilihannya. Pantai ini cocok untuk wisatawan yang akan liburan bersama keluarga, teman atau pasangan.

Di pantai ini wisatawan akan menjumpai hamparan pasir putih, gelombang ombak, dan bukit-bukit kecil yang menambah keindahan. Wisatawan bisa menghabiskan waktu liburannya dengan bermain pasir, berenang dan menjelajah alam sekitar Pantai Tomen ini.

Rute Menuju Pantai Tomen

Untuk sampai ke pantai ini dari pusat Kota Malang membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk jaraknya dari pusat kota cukup jauh sekitar 70-75 KM. Namun lamanya perjalanan tidak akan terasa, karena selama perjalanan akan menjumpai banyak pemandangan indah.

Jika dari pusat Kota Malang ada dua rute yang bisa dipilih, yaitu jalur yang melewati Kepanjen dan Gondanglegi. Namun untuk mempercepat perjalanan, disarankan menggunakan jalur Gondanglegi, di Pasar Wonorkerto akan menjumpai pertigaan, ambil jalan menuju Pantai Tomen. Terus akan melewati daerah Bantoer, melewati Pantai Batu Bengkung, dan Pantai Bajulmati, dari sini tidak jauh lagi.

Harga Tiket Masuk Pantai Tomen

Untuk menikmati keindahan di Pantai Tomen, wisatawan harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp5.000,- dan juga biaya parkir motor Rp5.000, untuk mobil 15.000,-. Untuk harga tiket masuk mungkin bisa berubah.

Biaya masuk yang relatif murah, sebanding dengan masih minimnya fasilitas yang terdapat di pantai ini, tidak ada warung atau tempat makan. Termasuk juga akses jalan masuk dari jalan utama, kendaraan roda empat akan sulit masuk, apalagi ketika musim hujan.

Aktivitas Pantai

Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan wisatawan di pantai ini, jenis aktivitasnya sama saja dengan pantai lainnya, yang membedakan hanya pada situasi pantai yang lebih tenang. Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa wisatawan lakukan di Pantai Tomen.

1. Bermain Pasir

Bermain pasir bisa jadi aktvitas menyenagkan ketika liburan di pantai ini, karena Pantai Tomen memiliki pasir dengan tekstur lembut dan putih. Terlebih jika liburan bersama keluarga, anak-anak akan menyukai pasir sebagai tempat bermain.

Ketika akan berlibur ke tempat ini sebaiknya membawa peralatan bermain yang cukup lengkap, karena fasilitas ditempat ini cukup minim.

2. Berenang

Jika tujuan liburan ke pantai adalah untuk berenang, maka pantai ini cocok untuk dikunjungi. Ombak di pantai ini juga tergolong kecil, jadi aman untuk berenang. Namun akan lebih menyenangkan jika membawa perlatan renang seperti pelampung dan kacamata renang.

3. Snorkeling

Selain memiliki pemandangan alam yang indah, pantai ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Lagi-lagi untuk melakukan snorkeling wisatawan harus membawa peralatan dan perlengkapan sendiri seperti baju pelampung, kacamata dan alat bantu napas.

Pengalaman snorkeling di pantai ini tidak akan terlupakan, karena wisatawan bisa menikmati keindahan beragam biota laut beserta pemandangan laut Pantai Tomen.

4. Hunting Foto

Pemandangan indah yang ada di pantai ini sangat mendukung aktivitas fotografi. Pasir yang putih, air laut dan langir pantai ini biru, dan bukit-bukit kecil sekitar pantai menambah keindahan foto yang dihasil.

Bagaimana ?

Untuk wisatawan dari luar daerah, jangan lupa liburan pada saat banyak promo tiket pesawat untuk menghemat biaya liburan, dan persiapan segala yang dibutuhkan selama liburan.

Jangan lupa membaca ulasan dari pengunjung Pantai Tomen dibawah ini, atau jika sudah pernah mengunjunginya, berikan ulasan dan bintang mengenai pantai ini.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here