Pantai Blebak

RW.07, Rw8, Sekuro, Kec. Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59452

Pantai Blebak
Pantai Blebak / Annisa Fatmawati

(4.6/5 dari 18 Pengunjung) Baca ulasan

Selain terkenal akan ukiran kayunya yang mewah, Kabupaten Jepara juga dianugerahi beragam keindahan alam yang begitu menakjubkan. Salah satu keindahannya bisa ditemukan di Pantai Blebak ini.

Terletek di sebuah Desa Sekuro, Kec. Mlongo, Kab. Jepara Prov. Jawa Tengah. Pantai Blebak menawarkan pemandangan laut dan pantai yang akan membuat siapapun betah berlama-lama disini.

Paduan warna biru air laut, pasir putih, dan hijaunya pepohonan, seperti menjadi trademark dari pantai ini. Ditambah kelengkapan fasilitas yang tersedia mulai dari tempat duduk yang berjejer hampir memenuhi tiap bibir pantai, penjual makanan seafood dan minuman segar, hingga bermacam wahana air pun bisa dicoba.

Akan sangat disayangkan jika sedang berada di Jepara tidak sempat berkunjung ke pantai yang menawan ini. Hanya sekitar 12 KM saja dari pusat kota Jepara, Pantai Blebak sangat mudah di akses dengan kondisi jalan yang mulus.

Untuk semakin menambah wawasan mengenai pantai ini, terutama bagi wisatawan yang belum pernah berkunjung. Bisa menyimak beberapa ulasan berikut terkait HTM, Rute menuju lokasi, juga tips berkunjung yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi.

Deskripsi Pantai Blebak

pantai blebak jepara
Pemandangan pantai / nj mardiningsih

Saat pertama kali masuk ke area Pantai Blebak, pengunjung akan langsung disambut dengan sejuknya udara sepoi-sepoi. Jejeran pohon rindang lengkap dengan kursi-kursi yang tersusun rapi untuk bersantai menikmati pemandangan.

Memiliki hamparan pasir berwarna putih dan lembut, sebagian dari pantainya terdapat batuan karang dan tumbuhan bakau, garis pantai yang melengkung ke dalam menyerupai bulan sabit, juga kondisi ombaknya relatif tenang. Sehingga tak heran, banyak dari wisatawan yang tidak sabar untuk segera melakukan aktivitas berenang, bermain pasir, dan bermain wahana air lainnya.

Oh iya, pengunjung juga bisa menelusuri sepanjang garis pantai menggunakan kendaraan motor atau mobil pribadi, sambil mencari tempat parkir dan tepat duduk yang ideal untuk menikmati pemandangan. Karena pasalnya, terdapat sebuah jalan yang menjadi penghubung sekitar pemukiman warga, dengan jarak sangat rapat dengan bibir pantai.

Untuk yang datang dari Luar kota dan hendak bermalam di dekat pantai, sudah tersedia juga hotel atau cotage dengan varian harga dan fasilitas di dalamnya. Kabarnya di beberapa titik lokasi pantai juga sudah ada tempat khusus untuk mendirikan tenda.

Rute Menuju Lokasi

Untuk bisa sampai ke tempat wisata pantai yang begitu memanjakan mata ini, pengunjung bisa menggunakan transportasi umum atau pribadi. Dengan rute perjalanan yang bisa di pilih, diantaranya :

Dari Pusat Kota Jepara

Seperti yang telah disebutkan, bahwa jarak Pantai Blebak dari Kota Jepara yaitu sekitar 12 KM atau bisa ditempuh selama kurang lebih 30 menit perjalanan saja. Dengan menggunakan rute Jl. Jepara – Bangsri, lurus saja hingga tiba di daerah Mlonggo. Dan jika sudah menemukan gapura bertuliskan Pantai Blebak, itu tandanya sudah dekat dengan Lokasi Pantai.

Dari Terminal Bangsri, Krsak

Untuk wisatawan yang memulai perjalanan dari Terminal Bangsri, sama juga menggunakan Jl. Jepara-Bangsri, hanya arahnya saja yang berbeda. Pantai Blebek sendiri terletak di sebelah barat Kota Jepara dan sebelah utara dari arah Terminal Bangsri.

Perlu di ketahui juga, perjalanan menuju lokasi Pantai Blebak ini tidak akan membuat bosan. Karena wisatawan akan melewati pesawahan dan kebun-kebun khas Pedesaan, tentunya dengan udaranya yang segar tak seperti udara di Ibukota.

Harga Tiket Masuk

Sebelum bisa menikmati Keindahan pantai Blebak, pengunjung akan dikenakan biaya retribusi yang tidak membuat kantong jebol. Bahkan kabarnya, jika berkunjung di hari Senin – Kamis sama sekali dikenakan biaya alias gratis. Dan berikut adalah detail harganya :

Tiket MasukHarga
Senin – Kamis (gratis)
Jumat – MingguRp3.000 – Rp5.000
Parkir MotorRp2.000 – Rp5.000
Parkir MobilRp5.000 – Rp10.000
Parkir BusRp10.00 – Rp20.000
*Harga Tiket Masuk dan Parkir bisa berubah sewaktu-waktu.

Hal Menarik

Bukan hanya pasir putih dan jernihnya air laut saja yang menjadi daya tarik wisatawan, Pantai Blebak juga memiliki hal menarik yang bisa dinikmati atau dilakukan pengunjung, diantaranya adalah :

Berenang

pantai blebak sekuro
Berenang / Naili Vidya

Berenang adalah salah satu kegiatan yang paling umum dilakukan ketika sedang berlibur ke pantai. Mengingat Pantai Blebak ini memiliki kondisi ombak yang tenang dan jernih, maka tak heran banyak dari wisatawan merasa ketagihan dan menjadikan pantai ini sebagai tempat berenang terfavorit di daerah Jepara.

Meskipun kedalam di pantai ini cukup dangkal, namun untuk yang belum terlalu mahir dalam hal berenang diharapkan agar tidak terlalu ke tengah, juga untuk yang membawa anak-anak wajib didampingi oleh orang tua.

Bermain Pasir

Bermain pasir juga merupakan kegiatan yang banyak digemari wisatawan terutama oleh anak-anak. Meskipun dibeberapa titik lokasi pantai didominasi dengan batuan karang, namun terdapat juga pasir yang landai dan cukup luas untuk membangun miniatur istana pasir dan karakter tertentu.

Untuk itu, bawalah perlengkapan bermain pasir ketika berkunjung ke pantai ini. terlebih jika berkunjung bersama anak-anak.

Wahana Air

pantai blebak mlonggo
Wahana air / Aselfic Awan

Nah, jika ingin mendapat pengalaman liburan yang lebih dari sekedar berenang atau bermain pasir, bisa mencoba beramacam wahana air seperti menaiki perahu bebek, kano, banana boat, hingga menelusuri pantai dengan menggunakan perahu nelayan.

Kegiatan bermain wahana air ini bisa disewa mulai dari harga 10 ribu hingga ratusan ribu, dan bisa dilakukan di jam 08.00 pagi hingga jam 17.00 sore hari.

Swafoto

Foto Pantai Blebak
Pemandangan Indah / nj mardiningsih

Ambilah beberapa foto menggunakan kamera di handphone maupun dengan kamera profesional agar bisa mengabadikan keindahan Pantai Blebak dan membagikannya di media sosial.

Ada beberapa spot foto menarik seperti latar belakang pasir putih dan air laut, perahu nelayan, hingga pohon bakau yang terlihat estetik.

Menikmati Hidangan Seafood

Selain ada banyak kedai-kedai pinggir pantai yang menawarkan aneka jajanan makanan ringan dan minuman segar, tersedia juga warung-warung yang menyediakan makanan berat seperti seafood, dan pengunjung bisa menyantapnya sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

Untuk ikannya sendiri diambil langsung dari hasil tangkapan nelayan warga setempat, jadi bisa dipastikan ikan-ikan yang dimasak tersebut masih segar.

Spot Memancing

Di sekitar laut Pantai Blebak memang cukup terkenal dengan banyaknya jenis ikan-ikan besar yang bisa digunakan sebagai target memancing. Seperti ikan bonjor, ikan cencaru, ikan gatho, dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Spot memancingnya bisa di sekitar bibir pantai, dekat tumbuhan bakau, atau bisa juga menyewa perahu nelayan untuk bisa sedikit agak ketengah, sehingga lebih banyak lagi target ikan besar yang bisa didapatkan.

Bersepeda

Kegiatan yang satu ini mungkin masih belum banyak orang melakukannya. Mengayuh pedal sepeda mulai dari ujung ke ujung pantai sembari menghirup udara segar dan menikmati pemandangan. Apalagi didukung dengan kondisi jalan yang bagus dan sangat dekat dengan bibir pantai.

Waktu yang tepat untuk bersepeda di Pantai Blebak yaitu di pagi hari dan di sore hari menjelang sunset, tentunya di waktu tersebut cuaca tidak terlalu terik dan udara masih segar.

Tips Berkunjung Ke Pantai Blebak

Merencakanan liburan ke Pantai Blebak ada baiknya membaca terlebih dahulu tips berikut, agar liburannya bisa lebih menyenangkan.

  • Untuk mendapatkan pemandangan yang maksimal maka bisa berkunjung di bulan-bulan musim kemarau seperti bulan Juni s/d Agustus.
  • Ada baiknya sambil memantau perkiraan cuaca sebelum berkunjung, berkunjung di musim hujan sangat tidak direkomendasikan
  • Jika ingin mendapatkan suasana yang lebih tenang bisa berkunjung di hari-hari biasa, contohnya di hari Senin s/d Kamis.
  • Tidak disarankan untuk berenang terlalu ke tengah jika tidak terlalu memiliki pengalaman berenang di laut, dan hindari berenang saat ombak besar.
  • Jika berkunjung di siang hari jangan lupa menggunakan tabir surya dan penutup kepala, karena terik sinar matahari cukup menyengat.
  • Jangan lupa membawa perlengkapan berenang dan perlengkapan bermain pasir jika liburan bersama anak-anak.
  • membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup, karena lokasinya jauh dari ATM dan Minimarket.
  • Tidak membuang sampah sembarangan, karena selain merusak alam juga akan merusak pemandangan Pantai Blebak.

Kekurangan Pantai Blebak

Sama halnya dengan tempat wisata pada umunya, Pantai Blebek juga mempunya beberapa kekurangan yang dikeluhkan pengunjung. Diantaranya kerapian tempat area parkir, penataan kedai yang belum baik, dan masih kedapatan sampah.

Demikian ulasan mengenai Pantai Blebak, Ds. Sekaro Kec. Mlongo, Kab. Jepara Prov. Jawa Tengah. Jika terdapat informasi yang keliru atau punya pengalaman berbeda saat berkunjung ke pantai ini, maka bisa kirimkan ulasannya di bawah ini.

BAGIKAN

18 Ulasan dari pengunjung

  1. View nya kereen, asik buat liburan, harga masakan juga terjangkau di cafe seafood blebak, tiket masuknya juga murah, irit bget lah, juga terdapat villa di deketnya yg sangat kerenšŸ˜šŸ™

  2. Jalur akses ke pantai sudah bagus. Tiket masuk menggunakan kendaraan bermotor kisaran 2-5k. Pantai dengan pasir putih dan pemandangan yang indah.

  3. Tempatnya oke bisa buat camp juga bersih
    Setiap pagi nya sampah selalu di petugas kebersihan mantap
    Salah satu wisata yg wajib di kunjungi dijepara
    Tpi sayang jalan nya kurang lebar buat busĀ² besar

  4. Pantai yg berada di sebuah teluk. Ombak tidak terlalu kencang. Kondisi jalan terlalu dekat dengan pantai. Banyak penjual makanan. Pengunjung banyak, sehingga harus pandai mencari lokasi yg nyaman.

    Pasir putih, lumayan terawat pantainya. Tempat parkir lumayan luas. Kedalaman pantai sangat ideal untuk anak kecil bermain.

  5. Lumayan bersih banyak cemara. PagiĀ² atau soreĀ² enak juga sambil menikmati angin laut. Adem tempatnya. Masuk bayar 5K terus nanti ditagih parkir lagi 2K. Banyak warung juga yang berjajan di sepanjang pantai. Kalo nyari ketenangan bisa sih kesini aja. Ombak lautnya juga gak terlalu gede.

  6. Sudah 2x kesini. September tahun lalu dan september tahun ini. Di tahun ini airnya bnyak menggenang rumput2 dr laut. Tp tetap sih pasirnya bersih seperti biasa, angin semilir walau cuaca sangat terik.

  7. Pantainya bersih, beli makanan/jajanan murah2, tiket masuk cuma bayar Mobil aja 5rbu,
    Sewa kano/perahu kecil cuma 20.000 udah bisa mean sepuasnya,

    Kalo mau seafood juga tinggal ke oantai sebelahnya aja , dijamin Enak bangettt

    Rekomendasi banget pantai ini nih šŸ„°šŸ„°šŸ„°

  8. Pantainya cukup bersih dan ombaknya tenang khas pantai utara jawa sebagian pantainya berupa karang, retribusi parkir untuk mobil 10 ribu untuk sepeda motor 5 ribu, tempatnya asik ada banyak warung yang tersedia tempat duduk persis di pinggir pantai, sayangnya untuk toilet masih kurang dan lahan parkir kurang

  9. Nilai plusnya, tempat duduk dan garis pantainya deket banget. Jadi ga khawatir ngawasin anak-anak. Tinggal lompat dari tempat duduk udah ketemu sama air. Pesen makan juga deket. Buanyak yang jual makan minum. Minusnya ya tempat buat main pasir, ada si, tapi di beberapa tempat.

  10. Pantai yang cukup bersih dan indah dengan pasir putihnya ini cocok untuk bermain pasir dan berenang, karena sepanjang garis pantai jarang di temui batu-batu karang sehingga cocok juga untuk anak-anak bermain, dan ada juga beberapa gazebo untuk bersantai.

  11. Pantai Blebak di desa Sekuro. Masuknya agak jauh ke dalam, sekitar 8 kilo an, tapi agak disuguhkan pemandangan pantai yg indah. Ombak tenang, banyak pilihan makanan di dekat situ, ada permainan untuk anak juga seperti bebek air, ada pasir pantai yg cukup untuk arena bermain. Tetap hati-hati mengawasi si kecil ya bund.
    Ada village and resort dengan naman Sekuro Village n Resort di daerah pantai situ.
    Tiket masuk menuju pantai, apabila menggunakan roda 4 seharga 5000 rupiah. Jalur pintu masuk dan pintu keluar di bedakan sehingga mengurangi kemacetan.
    Harga kaki lima di pinggiran murah-murah sekali, mereka menjual makanan seperti gorengan, pop mi, makanan ringan, pecel, indomi goreng rebus, minuman yg di jual seperti es degan utuh, degan gelas, es sirup, pop ice.

  12. Pantai blebak rekomendasi banget buat dikunjungi sama keluarga, teman,pacar (kalau punya).Sekilas tentang pantai blebak ombaknya tenang, pasir putih, banyak cafe-cafe buat nongkrong sambil nonton sunset,angin semilir. kalau mau berenang ada yang menyewakan ban. Daripada penasaran langsung aja datang di pantai blebak tempatnya di desa Sekuro, Mlonggo, Jepara, Jawa Tengah

  13. Dulu KKN di desa Sekuro tiap hari main ke pantai ini. Ada program penanaman ratusan mangrove di pantai ini. Dulu masih sepi bgt, pasti sekarang udah banyak berubah setelah 6 tahun. Semoga suatu saat bisa kesana lagi.

  14. Pantai ini posisinya seperti bulan sabit, jadi airnya ombaknya lebih tenang, bahkan di bulan2 tertentu malah tidak ada ombak.
    Terdapat warung2 & tenda2 yang cukup rapi san tertata yg menjual makanan & minuman kemasan jadi.

  15. Pengelolaan parkir yang tidak profesional untuk mengatur baik kendaraan saat parkir ataupun lalu lintas sekitar parkiran. Teman saya insiden dengan warga sekitar, hanya karna akses sempit, sehingga spion kendaraan terbentur kendaraan warga. Pihak pengelola parkir seakan acuh dengan hal tersebut.
    Parkir kendaraan motor 2 juga sembarangan di area wisata.
    Potensi pantai blebak sangat cerah jika didukung kesadaran warga untuk membangun daerah wisata tersebut.
    1. Kerapian parkir
    2. Area wisata bebas kendaraan
    3. Sampah
    4. Kerapian kedai
    Mengingat pantai blebak bersebelahan dengan resort sekuro yang mewah.
    Harga makanan dan minuman terjangkau, dan tidak saling serobot antar kedai. Salah satu upaya yang bagus untuk mengurangi kecemburuan pemilik kedai. Top
    Overal bagus untuk liburan.
    Semoga pengelola selalu meningkatkan potensi pantaiĀ² jepara yang luar biasa

  16. Minggu kemarin iseng main ke pantai yang belum pernah ku kunjungi. Ketemulah tempat ini yang ternyata pantainya masih bersih. Jalan masuk kesana juga bagus dan harga tiket masuk pun terbilang murah cuma 10k. Adem suasananya karena banyak pohon juga dipinggir pantai. Tempat duduknya di sepanjang pantai juga bikin nyaman jadi lama disana gak pengen pulang :).

  17. Bisa ditempuh dengan roda dua maupun roda empat. Perlu hati-hati terlebih di malam hari, karena setelah masuk Gapura Wisata Blebak jalan banyak berlubang dan sangat membahayakan keselamatan.
    Pantainya natural, banyak warung, enak buat nongkrong, free parkir, dekat dengan musholla sekitar 200m ke arah timur dari area pantai.

  18. Pantainya bersih, pasir putih sepanjang pantai, airnya juga masih jernih meski sudah memasuki musim hujan dan banyak penjual yang menjajakan makanan ringan serta minuman, terdapat tempat bilas, biaya masuk Rp. 3000.

    Update 11 September 2021, biaya masuk Rp. 5000. Pantainya sangat bagus di bulan september, airnya sangat jernih, dan pantainya bersih. Pantai yang termasuk favorit saya, yang mengingatkan saya pada jernihnya air di pantai pulau panjang.

    Update 19 February 2022, hari sabtu biaya masuk Rp. 5000. Selalu suka datang ke pantai ini hari Sabtu karena suasananya sepi sehingga puas bisa menikmati pantainya tidak perlu bertemu dengan banyak orang. Meski musim hujan tetapi air pantainya masih tetap jernih. Pantainya juga bersih dari sampah.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here