Pantai Karang Songsong

Jl. Kp. Cibobos, Karangkamulyan, Cihara, Kabupaten Lebak, Banten 42392

Pantai Karang Songsong
Pantai Karang Songsong / febriamar

(4.8/5 dari 6 Pengunjung) Baca ulasan

Butuh tempat wisata pantai yang tidak terlalu ramai pengunjung? Namun lokasi dan rute nya sangat mudah untuk dijangkau?Pantai Karang Songsong mungkin bisa menjawab keduanya.

Salah satu wisata bahari yang terletak di garis pantai Banten Selatan ini memang sangat cocok bagi wisatawan yang hendak mencari suasana pantai yang tenang, nyaman, dan bisa sejenak untuk merilis stres dari penatnya rutinitas bekerja. Suara deburan ombak yang menghantam batu karang besar menjadi healing tersendri bagi wisatawan.

Lokasinya yang berada sebelum Pantai Sawarna jika dari arah barat, juga letaknya hanya beberapa meter saja dari jalan raya, menjadikan pantai ini sebagai rest area bagi wisatawan yang hendak bepergian ke pantai lainnya di Lebak, Banten.

Sayangnya pantai ini tidak begitu direkomedasikan untuk aktivitas berenang, karena hampir semua area bibir pantai terdapat batuan karang yang tajam, juga ombak lautnya sangat besar.

Kendati demikian, wisatawan masih bisa melakukan aktivitas lain seperti bermain pasir di tepi pantai, juga bisa berjalan-jalan di atas hamparan batu karang ketika laut sedang surut.

Deskripsi Pantai Karang Songsong

Pesisir Pantai Karang Songsong di sore hari
@syahroniondeng

Pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Cibobos ini, karena alamatnya berada di Kp. Cibobos Ds. Karangkamulyan Kec. Cihara Kab. Lebak, Banten. Merupakan salah satu wilayah yang termasuk kedalam Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Cibobos yang memiliki luas sekitar 3 ha, yang didominasi oleh pohon Jati dan Mahoni yang berjejeran di sepanjang jalan raya di belakang pantai. Sehingga membuat suasana di pantai ini serasa sejuk dan nyaman ditempati dengan pepohonan besar yang rindang di sekitarnya.

Dari segi fasilitas di pantai ini sudah tersedia beberapa warung yang menjual makanan dan minuman dengan beberapa saung atau gazebo, toilet, tempat ibadah sholat, dan lahan parkir yang luas bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi maupun bus sekalipun.

Karena bentuk pantai yang memanjang selaras dengan Jalan raya, saat ini sudah dibuka juga beberapa pantai yang tak jauh dari lokasi Pantai Karang Songsong. Seperti Pantai Batu Go’ong, Pantai Karang Bereum, dan Pantai Karang Cantigi. Yang jaraknya bisa ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri pingggiran pantai.

Rute Menuju Lokasi

Untuk rute menuju Pantai ini sendiri sama saja dengan rute-rute yang menuju ke arah Pantai Sawarna, khususnya bagi wisatawan yang menggunakan jalur Gunung Kencana > Malingping > Bayah, maka pantai ini akan mudah ditemukan lokasinya.

Mesikipun belum adanya Plang nama yang memadai didepan pintu masuk, disarankan agar pengunjung menggunakan Maps Google atau aplikasi penunjuk arah lainnya untuk bisa sampai ke tempat wisata yang satu ini.

Dan berikut ini adalah beberapa rute yang bisa digunakan untuk sampai ke Pantai Karang Songsong, dengan menyesuaikan lokasi keberangkatan wisatawan yang akan berkunjung.

Jalur Barat

Jika dari Jakarta menggunakan jalur barat, bisa menggunakan rute yang paling dekat yaitu yang menuju ke Rangkasbitung.

  • Dari Jakarta ke Rangkasbitung > Gunung Kencana > Malingping > Cibobos, Cihara
  • Dari Jakarta ke Serang > Petir > Sampay > Gunung Kencana > Malingping > Cibobos, Cihara
  • Dari Jakarta ke Serang > Pandeglang > Saketi > Kerta > Malingping > Cibobos, Cihara

Jalur Timur

Nah, kalau untuk wisatawan yang berasal dari Bandung atau Bogor bisa menggunakan jalur Pelabuhan Ratu berikut ini.

  • Dari Bandung ke Cianjur > Sukabumi > Pelabuhan Ratu > Cisolok > Cibareno > Bayah > Cibobos, Cihara
  • Dari Bogor ke Cibadak, Sukabumi > Cikidang > Cisolok, Pelabuhan Ratu > Cibareno > Bayah > Cibobos, Cihara

Menggunakan Transportasi Umum

Mungkin ada juga wisatawan yang berasal Jakarta atau Bandung yang ingin menuju ke Pantai ini dengan menggunakan Transportasi umum. Namun perlu diketahui bahwa jarak dari Ibukota Jakarta ke Malingping saja sekitar 165 KM. Dan juga jarak dari Bandung ke Malingping yang lebih jauh lagi yaitu 250 KM. Sehingga jika dihitung durasi tempuh dari dua titik kota keberangkatan, rata-rata bisa menghabiskan waktu 5-6 jam untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, dan 9-10 jam perjalanan jika menggunakan Transportasi umum.

Bagi Pelancong atau backpacker yang terbiasa menggunakan Transportasi umum hal ini mungkin bukanlah sebuah masalah, dan berikut ini petunjuk yang bisa digunakan jika ingin menggunakan kendaraan umum sebagai tumpangan menuju Pantai Karang Songsong.

Dari Jakarta Jalur Barat

Banyak wisatawan yang menjadikan kota Jakarta sebagai titik keberangkatan, jika menggunakan Transportasi umum bisa menggunakan Kereta dan berhenti di Stasiun Rangkasbitung, kemudian naik angkot ke Terminal Mandala dilanjutkan dengan menaiki bus Rudi atau Elf jurusan Bayah/Cikotok, dan minta berhenti di Pantai Cibobos langsung, maka lokasinya akan langsung terlihat karena sangat dekat dengan jalan raya.

Dari Jakarta Jalur timur

Jika dari Jakarta memilih perjalanan menggunakan jalur timur, maka bisa menaiki Kereta dan berhenti di Stasiun Bogor. Dan dilanjutkan menaiki angkot menuju Terminal Baranangsiang. Kemudian mencari bus menuju Pelabuhan Ratu dengan jarak tempuh sekitar 4 jam.

Apabila sudah sampai di Pelabuhan Ratu selanjutnya mencari bus/Elf jurusan Bayah, lalu dari Bayah tinggal menaiki angkot/Elf jurusan Malingping dan berhenti di Pantai Cibobos.

Dari Bogor Jalur Barat

Bisa juga dari Terminal Baranangsiang, Bogor menaiki bus jurusan Rangkasbitung, turun di Terminal Mandala, bahkan bisa juga menaiki Kereta dari Stasiun Bogor ke Rangkasbitung dan dilanjutkan dengan menaiki bus Rudi atau Elf jurusan Bayah/Cikotok, dan minta berhenti di Pantai Cibobos.

Dari Bekasi Jalur Timur

Untuk yang memulai perjalan dari Bekasi, bisa langsung menaiki bus jurusan Terminal Baranangsiang, Bogor kemudian mencari bus menuju Pelabuhan Ratu. Dilanjutkan mencari bus/Elf jurusan Bayah, lalu dari Bayah tinggal menaiki angkot/Elf jurusan Malingping dan berhenti di Pantai Cibobos.

Dari Bandung Jalur Timur

Kalau dari Bandung sendiri lebih direkomendasikan untuk mengambil jalur timur saja, karena bisa menghewat waktu sekitar 1-2 jam lebih cepat ketimbang melewati jalur barat yang rute nya lebih memutar.

Dari Terminal Leuwi Panjang Bandung bisa memilih bus jurusan Sukabumi, selain itu bisa menggunakan Travel Siliwangi Trans, jika sudah sampai di Terminal Sukabumi langsung saja mencari bus jurusan Pelabuhan Ratu. Yang kemudian bisa dilanjutkan dengan menaiki bus/Elf jurusan Bayah, lalu dari Bayah tinggal menaiki angkot/Elf jurusan Malingping dan berhenti di Pantai Cibobos.

Intinya Pantai Karang Songsong saat ini sudah bisa dilalui oleh kendaraan pribadi maupun dengan Transportasi umum.

Harga Tiket Masuk

Biaya retribusi yang dikeluarkan wisatawan sangatlah terjangkau, bahkan jika wisatawan yang berkunjung di hari-hari biasa tidak perlu mengeluarkan biaya untuk HTM. Cukup membayar untuk tiket parkir kendaraan saja dan kita bisa sepuasnya bermain, Karena pantai ini selalu dibuka 24 jam.

Tiket MasukHarga
Wisatawan Domestik / AsingRp2.000 – Rp5.000
Parkir MotorRp5.000
Parkir MobilRp10.000
Parkir BusRp20.000
* Harga Tiket masuk dan tarif parkir bisa berubah sewaktu-waktu.

Hal Menarik di Pantai Karang Songsong

Berikut ini adalah kegiatan menarik yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung, diantaranya yaitu :

Melihat Deburan Ombak

Pemandangan Pantai Karang Songsong
@trisna_bw

Di jam-jam tertentu pada saat ombak laut sedang pasang, pengunjung bisa bersantai duduk di gazebo ataupun di tepian pantai sambil mendengarkan dan melihat langsung deburan ombak menabrak karang yang menyerupai tebing.

Karena konon katanya suara deburan ombak bisa menjadi self healing, sehingga bisa membuat pikiran jauh lebih tenang dan saraf otak tidak terlalu tegang.

Bermain Air dan Pasir

Nah, sedangkan ketika ombak sedang surut wisatawan yang datang bersama anak-anak dan keluarga, bisa dengan aman bermain air dan pasir di tepian pantai. Meskipun pasir disini tidak seluas pasir yang ada di pantai lain, akan tetapi pantai ini memiliki keunikan pantai yang khas dengan beberapa karang besar yang menyongsong ke arah laut.

Memancing

Jika sedang berkunjung kesini, mungkin sesekali wisatawan akan melihat beberapa Nelayan lokal yang melakukan aktivitas memancing di sekitar garis pantai ini. Ya, memang di Pantai Karang Songsong ini terkenal dengan spot memancing yang strategis karena banyaknya jenis ikan laut yang bisa dijadikan target memancing.

Tentunya wisatawan juga diperbolehkan, apabila ingin merasakan Strike memancing di laut pantai selatan yang terkenal dengan ikan nya yang besar-besar.

Menanti Matahari Terbenam (Sunset)

Pemandangan Langir Pantai Karang Songsong
@papalovetasya

Menunggu Sunset ditemani kopi sachet, sambil melihat orang terpeleset adalah sebuah keasyikan yang Paripurna. Begitulah para peningkat senja mempuisikan mahakarya tuhan yang begitu indah.

Garis Pantai selatan jawa memang spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam, termasuk di Pantai Karang Songsong.

Mendirikan Tenda

di beberapa titik lokasi di tepian pantai memang tersedia tempat untuk mendirikan tenda, pengunjung bisa langsung meminta izin ke panjaga pantai setempat dan juga menanyakan lokasi aman untuk mendirikan tenda. Mengingat secara lokasi pantai ini lumayan cukup jauh ke pemukiman warga, juga angin yang cukup kencang diharapkan agar bisa memasang patok tenda dengan kuat dan benar.

Mendirikan Tenda di Pantai Karang Songsong
@firman9435syah

Tips Berkunjung ke Pantai Karang Songsong

Agar liburan berjalan lancar dan bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan, maka tidak ada salahnya untuk menyiapkan beberapa hal berikut.

  1. Sebelum berangkat sebaiknya pantau terlebih dahulu perkiraan cuaca, cuaca buruk bisa membuat liburan tidak sesuai dengan harapan.
  2. Membawa perlengkapan berenang dan bermain pasir jika liburan bersama keluarga.
  3. Jika ingin bermain air pastikan mengikuti arahan dari penjaga pantai (Balawisata).
  4. Jangan lupa membawa uang tunai karena ATM cukup jauh lokasinya.
  5. Tidak meninggalkan sampah apapun karena sampah bisa merusak ekosistem laut, dan merusak pemandangan.
VIAYudha Maulana
BAGIKAN

6 Ulasan dari pengunjung

  1. Tempat tidak terlalu ramai, jadi enak gak terlalu bising. Ibu ibu warung nya juga baik sekali, gak ada biaya menggunakan saung nya, cocok untuk yg budget pas pas an.
    Karang nya juga bagus, cocok untuk photo photo.

  2. Tempatnya bagus banget pinggir jalan juga.
    Air nya jernih, banyak ikan kecil kecil deket karang nya bisa dipake berenang anak kecil juga
    Recomended ✨

  3. Pantai yang indah, sejuk, ga terlalu ramai pengunjung, jadi bener2 cocok buat relaksasi disini..
    Ga salah kalo sepanjang jalur/pesisir selatan jawa barat atau bahkan pulau Jawa jadi pantai favorit saya untuk dikunjungi…😊

    Ombak nya besar, karang-karang nya eksotis, pokoknya suasananya pantai banget deh.. kalau langit nya cerah dan bersih jadi spot foto yang indah banget..

    Yang mau ‘healing’2 bisa merapat yuk, banyak pondokan yang bisa di singgahi juga dan jual berbagai makanan laut, minuman, kelapa dan makanan umum lainnya.. Parkir nya normal kog, ga di mahalin 😉

    Sekedar saran, kalau yang mau berkunjung dari jabodetabek dan serang, enak lewat Rangkasbitung lalu ke selatan ke arah Malingping, jalannya ga ramai, dan 90% jalanannya sudah beton.. Jalur nya juga ga terlalu berkelak kelok di banding lewat jalur Sukabumi/Cikidang-Pelabuhan Ratu

    Enjoy your visit!

  4. Pantainya baguuuussss. Ga cocok buat berenang atau anak2. Tapi cocok buat self healing. Banyak spot foto. Dan sepi. Di sekitar ada warung2 kecil jual kopi mie cemilan. Banyak juga tukang cilok/bakso tusuk yg mampir. Harga normal. Ada saung2 di warung buat istirahat.

  5. Tempat nyaman dan enak bagus juga cuma sayang nya jauh bgt kalau dari rumah wkwk perjalanan hampir 4jam berangkat jam 4 pagi nyampe sini jam 8nan gila sii, but not bad laaa

  6. Bersih, nyaman, view nya bagus, pinggir pantai dan pinggir jalan, mudah dicari, plus ada warung buat jajan

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here