Pantai Clungup

Pantai Clungup
@arif_angky

(5/5 dari 1 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Sendang Biru, Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur

Pantai Clungup merupakan pantai yang berada di Malang ini merupakan wisata pantai yang kini banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun dari luar daerah. Pantai yang memiliki pemandangan yang indah ini secara administrasi berada di Kabupaten Malang, tepatnya berada di kawasan Konservasi Sendangbiru, di Desa Tambakrejo.

Pantai ini juga berdekatan dengan pantai indah lainnya, seperti  Pantai Bangsong, Pantai Batu Bengkung, Pantai Sendang Biru, dan Pantai Tomen. Pantai ini juga merupakan pintu masuk dari beberapa pantai tersebut.

Pantai Clungup menjadi salah satu pantai pesisir selatan Pulau Jawa yang memiliki pemandangan yang memukau. Pantai ini bisa jadi tempat yang tepat untuk menikmati waktu liburan bersama keluarga, teman atau pasangan. Untuk yang tinggal di Malang, pantai ini merupakan tujuan liburan dengan budget yang cukup ekonomis.

Untuk masalah kondisi alam pantai ini masih asri karena masih sedikit wisatawan yang berkunjung setiap minggunya. Wisatawan yang pengunjungi pantai ini akan menjumpai hamparan pasir putih yang luas, terlebih ketika air laut dalam keadaan surut.

Juga terdapat perbukitan dan kebun penduduk sekitar yang menambah keindahan pantai ini. Di pantai ini juga jarang dijumpai sampah berserakan, namun ketika musim hujan biasanya akan banyak kayu-kayu yang terbawa dari hulu sungai, namun hal tersebut tidak mengurangi keindahan pantai ini.

Rute Menuju Pantai Clungup

Jarak dari pusat kota Kota Malam sekitar 150 kilometer. Wisatawan hanya perlu mengikuti petunjuk arah menuju Kecamatan Bululawang > Kecamatan Turen > Kecamatan Sumber Manjing Wetan.

Jalan menuju Pantai Clungup bisa menggunakan jalan yang melewati pantai Goa China atau bisa juga melewati jalan Sendangbiru, namun jalanya kurang bagus. Lebih disarankan menggunakan jalan yang melewati Goa China.

Rute Melewati Pantai Goa China

Letaknya yang terpencil membuat jalan menuju Pantai Clungup jarang diketahui orang. Namun untuk sampai ke pantai ini cukup mudah. Dari pusat Kota Malang, wisatawan bisa mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Sendangbiru.

Selanjutnya tinggal berbelok mengambil arah kanan menuju pantai Goa China. Setelah sampai di kawasan Goa China, tinggal dilanjutkan perjalanan ke arah sebelah timur sejauh 500 meter,untuk kendaraan motor bisa diparkir disini. Perjalanan selanjutnya bisa dilakukan dengan jalan kaki melalui jalan setapak melewati perkembunan penduduk dan perbukitan kecil.

Rute Tanpa Melewati Pantai Goa China

Selain menggunakan jalan yang melewati Pantai Goa China, wisatawan juga bisa menggunakan jalan menuju Sendangbiru. Namun untuk jalannya cukup berat dan berliku. Setelah melewati perempatan Jalan Lintas Selatan, dilanjutkan dengan berbelok ke kiri menuju Sendangbiru. Setelah 200 meter perjalanan, belok ke kanan, nantinya akan menjumpai jalan yang agak lebar, disini tempat menitipkan kendaraan, biasanya di rumah penduduk sekitar.

Kemudian wisatawan bisa melajutkan perjalanan dengan berjalan kaki, tidak jauh berjalan kemudian belok ke sebuah jalan di sebelah kiri. Dari sini wisatawan akan melewati perkebunan warga sejauh 1 kilometer. Kemudian akan melewati sungai dna bukit dan melewati muara sungai. Setelah perjalanan sekitar 20 menit baru akan sampai di Pantai Clungup.

Harga Tiket Masuk Pantai Clungup

Untuk menikmati semua keindahan yang terdapat di pantai ini, setiap wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000,-. Jika menggunakan motor akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp3.000,- dan jika menggunakan kendaraan roda empat akan dikenakan biayar parkir sebesar Rp5.000,-.

Dengan jumlah biaya masuk yang cukup terjangkau, wisatawan bisa menikmati keindahan pantai sepanjang hari. Jika dirasa memerlukan jasa guide lokal, wisatawan bisa membayar Rp75.000,- untuk perjalanan seharian.

Aktivitas di Pantai Clungup

Meski tempat ini memiliki pemandangan yang cukup memukau, namun jumlah wisatawan yang datang ke pantai ini jumlahnya masih sedikit. Itu sebabnya tempat ini masih sangat asri dan terjaga alamnya.

Pantai ini juga memiliki ombak yang kecil sampai jarak 500 meter dari daratan, karena arus ombak terhalang oleh beberapa pulau kecil yang berada di laut Clungup. Namun ada kalanya juga ombak besar menyapu tepian pantai. Pantainya juga cukup dangkal, jadi aman digunakan anak berenang.

Namun yang harus diperhatikan adalah batuan karang tajam yang berada didasar laut, sebaiknya tetap menggunakan alas kaki saat saat berenang. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Clungup.

1. Berenang

Kegiatan berenang merupakan yang paling banyak dilakukan wisatawan ketika mengunjungi pantai ini. Terlebih seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa pantai ini memiliki ombak yang kecil dan tidak dalam, jadi aman untuk berenang.

Untuk anak-anak ketika berenang harus tetap dalam pantauan orang tua, meski pantai ini terbilang memiliki ombak yang aman digunakan renang anak-anak, namun terdapat batuan karang yang cukup tajam, yang bisa mencederai kaki. Jadi pilih tempat yang minim batuan karang.

2. Berjemur di Pantai

Jika cuaca sedang bagus, wisatawan bisa berjemur di pantai tanpa merasa terganggu dengan lalu-lalang wisatawan lain, karena jumlah pengunjung di pantai ini terbilang sedikit. Namun jangan lupa menggunakan sunblock agar kulit tidak terbakar.

Sebagai informasi tambahan mengenai sunblock yang bagus, mungkin bisa menggunakan salah satu dari merek berikut : Garnier, L’Oréal Paris, Skin Aqua, Biore, Nivea, Cetaphil, Wardah, Innisfree, Sebamed.

3. Snorkeling

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di pantai ini adalah snorkeling, untuk itu alangkah baiknya jika merencanakan liburan ke tempat ini, wisatawan membawa peralatan snorkeling.

Namun jika tidak membawa peralatan snorkeling, wisatawan bisa menyewanya, hanya perlu membayar Rp15.000,-, maka sudah bisa menggunakan baju pelampung, kacamata, dan alat bantu nafas. Selanjutnya wisatawan bisa menikmati keindahan bawah laut Clungup.

4. Berkemah

Wisatawan juga bisa melakukan berkemah di pinggir pantai, tanpa mengeluarkan biaya tambahan lainnya. Di pantai ini juga sudah tersedia fasilitas seperti toilet umum dan tungku api, jadi wisatawan yang melakukan kemah tidak khawatir mengenai masalah buang air besar dan kegiatan memasak.

5. Menikmati Sunset dan Sunrise

Sunset di Pantai Clungup
@aikkurnia

Saat berkemah di pantai ini, wisatawan juga akan disuguhi dengan pemandangan indah kala matahari tenggelam dan pada saat matahari terbit. Pemandangan sunset dan sunrise di pantai ini cukup indah.

6. Menanam Mangrove

Tanaman Mangrove di Pantai Clungup
@erdwin.rakun

Wisatawan yang liburan bersama keluarga, bisa mengajarkan anak-anak untuk peduli terhadap lingkungan. Di pantai ini juga terdapat tempat edukasi mengenai tanaman mangrove, jadi wisatawan bisa tahu banyak mengenai tanaman ini.

Atau wisatawan juga bisa membeli benih mangrove untuk ditanam di sekitaran pantai. Kegiatan seperti ini cocok dilakukan bersama anak, agar mereka terbiasa menjaga dan melestarikan alam.

Karena setiap langkah kecil melestarikan alam yang dilakukan generasi muda, akan memiliki dampak yang besar bagi keberlangsungan hidup lingkungan dan anak cucu di masa depan.

Bagaimana ?

Untuk wisatawan dari luar daerah, jangan lupa liburan pada saat banyak promo tiket pesawat untuk menghemat biaya liburan, dan persiapan segala yang dibutuhkan selama liburan.

Jangan lupa membaca ulasan dari pengunjung Pantai Clungup dibawah ini, atau jika sudah pernah mengunjunginya, berikan ulasan dan bintang mengenai pantai ini!

1 Ulasan

  1. Kini juga ada Clungup Mangrove Conservation (CMC), jadi di Pantai Clungup terdapat konservasi tanaman bakau.
    Pantai Clungup juga sekarang memiliki aturan, dimana pengunjung yang datang diwajibkan membawa pulang sambahnya masing-masing. Jika ketahuan membuang sampah sembarangan bisa kena denda. Tujuan dari aturan ini agar pantai Pantai Clungup tetap terjaga kebersihannya dan agar tetap asri.
    Yuk liburan ke Pantai Clungup, dan tetap jaga lingkungannya.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here