Pantai Karang Cantigi

Karangkamulyan, Cihara, Kabupaten Lebak, Banten 42392

Pantai Karang Cantigi
Pantai Karang Cantigi / Akhadhika 137

(4.8/5 dari 9 Pengunjung) Baca ulasan

Untuk yang berencana liburan ke Lebak-Banten, maka tidak ada salahnya mencoba mengunjungi tempat wisata baru seperti Pantai Karang Cantigi. Apalagi jika tujuannya Pantai Sawarna, maka jika menggunakan rute Malingping pantai ini akan terlewati.

Lokasinya yang tidak jauh dari jalan Nasional membuat wisatawan mudah untuk mengunjunginya, kendaraan roda dua ataupun roda empat bisa masuk hingga dekat bibir pantai.

Area pantai ini terdapat banyak pohon kelapa yang rimbun, sehingga bisa menghalau sinar matahari secara langsung. Jadi meski mengunjungi pada siang hari, tidak perlu takut dengan teriknya sinar matahari.

Selain itu juga terdapat gazebo yang menghadap langsung ke bibir pantai, kita bisa duduk-duduk menikmati terpaan angin laut di area yang teduh oleh pohon kelapa.

Deskripsi Pantai Karang Cantigi

Pemandangan Pantai Karang Cantigi
Pemandangan Pantai Karang Cantigi / Bambang Kurniawan

Pantai Karang Cantigi merupakan pantai yang berada di Kampung Karangkamulyan, kecamatan Cihara, lokasinya masih berdekatan dengan Pantai kelapa Warna dan Pantai Pasir Putih Cihara. Lokasinya berada di samping jalan Nasional Malingping-Bayah.

Meski namanya ‘Pantai Karang Cantigi’, namun di pantai ini tidak terdapat tumbuhan Cantigi(Vaccinium varingifolium) mungkin dulunya ada. Penamaan wisata pantai ini nampaknya berhubungan dengan kondisi alamnya yang banyak didominasi batuan karang.

Batuan karang yang menumpuk bisa kita jumpai tepat setelah melewati pepohonan kelapa, di antara batuan karang ada jembatan kecil dengan cat merah yang sengaja dibuat oleh pengelola. Lalu di sebelah selatannya akan kita jumpai bibir pantai dengan pasir putih.

Pantai ini dikelola oleh pihak Perum Perhutani KPH. Banten, namun karena masih baru maka fasilitas seperti kamar mandi atau musola belum ada.

Harga Tiket Masuk

Wisatawan lokal ataupun dari luar kota akan dimintai biaya retribusi saat memasuki pantai ini, tepatnya di pintu masuk. Harga tiket masuk ke Pantai Karang Cantigi terbilang murah karena dihitung per satu kendaraan.

Jenis KendaraanHarga tiket Parkir
MotorRp5.000
Mobil SedanRp10.000
Mobil Pick UpRp20.000
Bus / RombonganRp30.000 s/d Rp40.000
* Harga tiket parkir sangat munkin bisa berubah sewaktu-waktu.

Meski tempat ini masih baru dan masih dalam proses pengembangan, namun tidak menutup kemungkinan di kemudian hari pantai ini akan dibangun beberapa fasilitas pendukung dari hasil pungutan retribusi yang terkumpul.

Rute Menuju Lokasi

Karena lokasi pantainya sendiri berada di pertengahan ruas jalan Nasional Malingping-Bayah, tepatnya di Kp. Karangkamulyan Ds. Panyaungan Kec. Cihara. Untuk sampai ke Pantai Karang Cantigi bisa ditempuh melalui jalur Saketi, Gunung Kencana, atau melalui Pelabuhan Ratu, Sukabumi.

Untuk wisatawan yang berangkat dari kota Tangerang maupun dari Jakarta bisa menggunakan jalur Rangkasbitung > Gunung Kencana > Malingping.

Selain kondisi jalan yang sudah di cor dan sebagian sudah beraspal, juga karena saat ini sudah tersedia gerbang Tol Rangkasbitung, sehingga akan memudahkan perjalanan khususnya bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan roda empat.

Dan berikut adalah informasi rute yang bisa dilalui jika akan mengunjungi Pantai Karang Cantigi.

Lewat Jalur Gunung Kencana

  • Dari Jakarta menuju > Rangkasbitung > Cileles > Gunung Kencana > Malingping > Karangkamulya
  • Dari Jakarta menuju > Serang > Petir Sampay > Cileles > Gunung Kencana > Malingping > Karangkamulyan

Lewat Jalur Saketi

  • Dari Serang menuju > Saketi > Malingping > Karangkamulyan

Lewat Jalur Pelabuhan Ratu

  • Dari Bogor menuju > Cibadak, Sukabumi > Pelabuhan Ratu > Cisolok > Bayah > Karangkamulyan
  • Atau juga bisa dari Bogor menuju > Cibadak, Sukabumi > Cikidang > Cisolok > Bayah > Karangkamulyan

Untuk memudahkan mengujungi pantai ini, sebaiknya gunakan aplikasi petunjuk arah seperti Google Map atau Waze. Tinggal ketikan ‘Pantai Karang Cantigi’ pada kolom tujuan, maka petunjuk arah akan tampil.

Hal menarik

Selain memiliki pemandangan yang indah, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di pantai ini, diantaranya:

1. Bermain Pasir

Main Pasir di Pantai Karang Cantigi
Main Pasir / pejuang boboko kejo

Salah satu kegiatan yang paling mudah dan murah dilakukan saat pergi liburan ke pantai adalah bermain pasir, kegiatan ini sangat disukai oleh anak-anak. Namun orang dewasa pun bisa melakukannya untuk membuat berbagai bentuk dari gunukan pasir.

Pada beberapa area bibir pantai kita bisa menjumpai pasir putih tanpa batuan karang. Sebaiknya pilih area yang terhalang batuan karang agar obak tidak langsung menghadang saat kita bermain pasir.

2. Berenang

Sebenarnya pantai ini tidak direkomendasikan untuk berenang, himbauannya bisa kita jumpai di bibir pantai. Namun, pada beberapa area bisa digunakan untuk berenang, yaitu area yang terhalang batuan karang yang ombaknya tidak terlalu besar.

Untuk wisatawan yang membawa anak-anak sebaiknya tetap dalam pantauan orang tua. Sebelum anak berenang pastikan pada area yang aman dari batuan karang yang tajam dan arus ombak yang kecil.

3. Swafoto

Kini hampir setiap orang memiliki ponsel dengan kamera yang cukup bagus untuk mengabadikan berbagai momen saat liburan. Nah, di pantai ini ada banyak sudut dengan latar belakang yang bagus untuk melakukan swafoto.

Ada area pepohonan kelapa, area hamparan pasir putih di sebelah barat dan batuan karang dengan berbagai bentuk. Tinggal pilih area yang diinginkan, lalu gunakanlah kreativitas untuk hasil yang maksimal.

4. Memancing

Selain sebagai tempat wisata, pantai ini juga sering dijadikan spot mancing oleh warga lokal. Nah, untuk yang memiliki hobi mancing tidak ada salahnya mencoba peruntungannya di pantai ini, ada area dengan batuan karang yang menjorok ke tengah laut yang akan memudahkan melempar kail ke tengah.

5. Mendirikan Tenda

Area pantai ini cukup beragam dan luas, nah jika membawa tenda maka tinggal pilih area yang cukup untuk mendirikan tenda. Namun sebaiknya pilih tempat yang tidak terlalu dekat dengan bibir pantai dan jangan di area yang landai dengan air laut.

6. Menikmati Pemandangan Sunset

Perpaduan pemandangan pantai yang indah dan langit sore yang memukai akan memberikan pengalaman yang menakjubkan. Pemandangan sunset di pantai ini tidak kalah indah dengan pantai lainnya.

Untuk menikmati pemandangan sunset sebaiknya pilih area yang nyaman seperti saung yang menghadap langsung ke pantai.

7. Menikmati Kelapa Muda

Ini tidak boleh dilewatkan, sesuai dengan tempatnya yang banyak ditumbuhi banyak pohon kelapa, maka tidak ada salahnya untuk mencoba kelapa muda hijau untuk melepas dahaga. Ada beberapa warung yang menjual kelapa muda dengan harga yang cukup terjangkau.

Tips Berkunjung ke Pantai Karang Cantigi

Hampir semua orang menginginkan liburannya memberi kesan menyenangkan, nah ada beberapa tips agar liburan di Pantai Karang Cantigi bisa menyenangkan, yaitu:

  • Sebelumnya berangkat sebaiknya cek terlebih dahulu perkiraan cuaca, pastikan pergi saat cuaca bagus ya.
  • Tidak lupa untuk membawa perlengkapan untuk bermain pasir dan berenang jika liburan bersama keluarga.
  • Ketika akan berenang, pastikan di area yang aman, hindari area yang banyak batuan karang dan arus yang besar.
  • Sebaiknya membawa uang tunasi, karena lokasinya cukup jauh dari ATM.
  • Mari bantu rawat pantai dengan tidak meninggalkan sampah apapun, jika tidak terdapat tempat sampah artinya kita harus membawa sampah kita sendiri ke rumah.

Itulah ulasan mengenai Pantai Karang Cantigi, jika terdapat informasi yang keliru dan punya pengalaman yang berbeda ketika mengunjungi pantai ini maka bisa kirim ulasannya di bawah ini ya!

BAGIKAN

9 Ulasan dari pengunjung

  1. Pantainya Masih bersih…. belum banyak sampah….. viewnya mantaap…. rindang pohon kelapa membuat suasana pantai tak terlalu menyengat….

  2. Tempat yang jarang dikunjungi namun terdapat spot foto yang bagus, dimana terdapat pasir pantai nan luas serta bebatuan karang

  3. Jarang orang tau indahnya pantai ini… air laut yg masih bersih..perlu campur tangan semua pihak untuk memviralkan pantai ini agar bisa mengundang wisatawan2 berkunjung

  4. Tempat wisata yang enak untuk santai dan pemandangan laut yang penuh dengan karang yg tersusun menjadikan pemandangan laut semakin indah

  5. Pasir putih, ditemani ombak laut selatan.cocok untuk berwisata keluarga.

  6. Pantai Karang Cantigi itu ada di daerah Cihara Bayah.. sekitar 7 Km dari Pusat Kota Bayah..
    Pantai pasir putih yang berkarang. Jadi gak bisa mandi ya..
    Selain ombak pantai selatan yang besar karangnya sangat tajam…

  7. Pantai nya luas dgn hamparan pasir putih indah saat ☀️ terbenam nya dan semilir angin sepoy”saat mal datang ,saat tak bawa tenda terpaksa tidur di dlm mobil

  8. Pertama kalinya datang ke pantai karang Cantigi, lokasinya keren, ada beberapa spot yang ada karangnya, pasir nya bersih, pantai nya tidak ada sampah, ombak lumayan tinggi karena pantai selatan, cuma ada coretan di batu karangnya, di pinggir pantai tersedia warung warung jajan dan saung untuk istirahat parkiran lumayan luas, lokasi pinggir jalan

  9. Spot favorit dr sekian pantai indah di sepanjang pantai Malingping sampai bayah lebih teduh, bersih, pasirnya luas, tapi klo mau berenang hrs hati2 ya…blum banyak org tau tempat ini, masih asri, padahal letaknya di pinggir jalan utama, skrg dah tersedia seafood disana…mantep lah..

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here