Pantai Elyora

Galang Baru, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau 29487

(4.8/5 dari 9 Pengunjung) Baca ulasan

Untuk Anda yang tinggal di Batam atau sedang berlibur di Batam maka harus coba mengunjungi Pantai Elyora yaitu wisata pantai yang memiliki ombak yang tenang dan pasir berwarna putih menjadi daya tarik pantai ini. Cocok jadi tempat piknik bersama keluarga menikmati akhir pekan.

Area pantai sangat luas dan landai sehingga bisa menampung banyak pengunjung. Jadi meski cukup ramai pengunjung di akhir pekan atau musim libur, namun pengunjung tidak akan berdesak-desakan. Selain itu, pantai ini juga cukup terawat, bersih dari sampah.

Pantai Elyora jadi salah satu dari sekian pantai yang indah di Batam. Salah satu yang menarik dari pantai ini yaitu adanya bibir pantai yang ditumbuhi oleh rumput jepang, kadang berwarna hijau dan kekuningan. Juga ada gazebo yang bisa jadi tempat bersantai menikmati pemandangan pantai.

Lautnya yang landai sehingga aman untuk berenang anak-anak. Air lautnya cukup jernih, khususnya di bagian tengah, namun air laut di pinggir pantainya terkarang keruh.

Sebagai salah satu destinasi wisata pantai terbaik di Pulau Batam, tempat ini wajib masuk dapat daftar yang wajib dikunjungi. Nah, untuk yang akan berkunjung ke Pantai Elyora bisa simak ulasannya di bawah ini!

Deskripsi Pantai Elyora

foto pantai elyora hari ini jembatan 6
Pada sebagian bibir pantai terdapat pohon bakau / Endro Sulistyanto

Pantai Elyora merupakan pantai yang terletak di ujung kepulauan Kota Batam (Galang Baru) dengan hamparan pasir putih halus yang luas, cocok untuk tempat rekreasi bersama keluarga atau rombongan. Di pantai ini sudah ada gazebo berbagai ukuran dan pedagang makanan.

Jika mengunjungi Pantai Elyora hari ini maka akan nampak perbedaannya, sekarang terdapat ayunan kayu yang menjorok ke laut, sehingga pengunjung dapat langsung menyentuh air laut saat menaiki ayunan tersebut. Pantai Elyora juga dilengkapi dengan mushola, toilet, dan kamar mandi dengan kebersihan yang baik.

Kini di Pantai Elyora sudah banyak pedagang makanan, tempat parkir yang luas, dan kamar mandi/kamar bilas juga tersedia, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika tidak sempat membawa bekal. Pantai ini sangat ramai dikunjungi wisatawan tiap weekend atau hari libur.

Meskipun fasilitas di Pantai Elyora masih dalam tahap pembangunan, namun jika terus dikembangkan, pantai ini akan semakin baik. Pantai ini juga ada banyak gazebo, pohon rindang, dan warung yang bisa jadi tempat istirahat atau buat duduk-duduk sambil piknik.

Sebagaimana pantai lainnya di Batam, di Pantai Elyora juga banyak tersedia pondok/gazebo yang disewakan. Pantai ini sangat cocok untuk tempat liburan ataupun sekedar tempat berfoto karena keindahan pantainya yang indah, airnya yang jernih, dan pasirnya yang bersih.

Pantai Elyora menawarkan keindahan yang tidak bisa dibandingkan dengan pantai lainnya, meskipun mungkin tidak setenar dengan Pantai Tanjung Pinggir maupun Pantai Nongsa. Salah satu spot di pantai ini bahkan menjadi sangat ikonik karena menghadirkan pemandangan yang Instagrammable.

Rute Menuju Lokasi

Pantai Elyora, Batam terletak di ujung pulau Galang dengan posisi setelah Pantai Tegar Putri. Meskipun jaraknya cukup jauh dari pusat kota Batam di ujung Barelang, pengunjung dapat mencapai pantai ini dengan membawa kendaraan pribadi. Akses masuk masih berupa kerikil/tanah merah dan jalan masuknya pun tak jauh dari jalan raya utama.

Lokasi pantai berjarak 76 km dari pusat kota Batam, dan bisa ditempuh hampir satu setengah jam dengan mobil/motor ke arah jembatan 6. Destinasi pantai yang menjadi akhir dari rangkaian jembatan Barelang ini, tepatnya berada di Galang Baru, kota Batam. Meskipun jauh, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai Elyora yang indah dengan pasir putih halus dan air laut yang jernih.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati pemandangan sekitar pantai pengunjung harus membayar tiket masuk yang dihitung perorang. Pungutan tiket masuk akan diminta saat masuk area pantai dan akan mendapat bukti tanda masuk pengunjung.

Tiket MasukHarga
DewasaRp10.000
CampingRp20.000
Bus SedangRp350.000
Bus BesarRp450.000
* Harga tiket masuk di atas bisa berubah di kemudian hari

Beberapa pengunjung mengatakan jika anak-anak bisa masuk tanpa harus membayar tiket masuk alias gratis.

Selain itu, pengunjung juga harus membayar saat akan menggunakan kamar mandi sebesar Rp5.000, dan untuk buang air kecil Rp2.000. Membayar parkir kendaraan motor Rp10.000, dan Mobil Rp20.000.

Jika ingin menggunakan gazebo juga harus merogoh kocek, gazebo besar Rp100.000, dan gazebo kecil Rp50.000. Namun juga ada gazebo kecil gratis yang bisa pengunjung gunakan.

Hal Menarik dari Pantai Elyora

Meski pengelolaan Pantai Elyora belum maksimal, namun bukan berarti pantai ini tidak memiliki hal menarik. Berikut beberapa hal menarik yang bisa pengunjung lakukan atau temukan saat berkunjung ke pantai ini.

Memiliki Pemandangan Pantai yang Indah

Pantai Elyora
Pemandangan sekitar pantai indah / mandewi

Pantai Elyora memiliki pemandangan pantai yang indah dengan hamparan pasir putih yang luas ketika air laut surut. Di pant0ai ini juga terdapat bintang laut, kepiting kecil, dan ikan-ikan yang masih banyak ditemukan di sekitarnya. Pemandangan pantai yang indah ini juga menawarkan banyak spot foto cantik saat air laut surut.

Pantai Elyora memiliki pasir putih yang masih alami dan bersih. Terdapat juga tanaman bakau yang menjadikan pantai ini semakin indah. Ombak yang tidak terlalu besar dan airnya yang tidak terlalu dalam, menjadikan pantai ini cocok untuk tempat berenang dan menikmati keindahan alam.

Berenang

Berenang Pantai Elyora
Pengunjung bisa berenang di air laut yang jernih dan ombak yang tenang / Prama Muharaju

Pantai Elyora adalah tempat yang cocok untuk berenang karena ombaknya yang tidak terlalu besar dan airnya yang tidak terlalu dalam. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sembari berenang. Petugas keamanan air selalu berjaga di batas aman untuk berenang, sehingga pengunjung dapat merasa aman dan nyaman saat berenang di pantai ini.

Pantai Elyora juga cocok untuk anak-anak karena pesisir pantainya dangkal. Anak-anak dapat menikmati berenang dengan aman di pantai ini. Namun, pengunjung tetap harus memperhatikan keselamatan saat berenang di pantai. Pastikan untuk selalu berenang di area yang aman dan terhindar dari daerah dengan arus kuat atau terumbu karang yang tajam.

Untuk pengunjung yang ingin berenang di Pantai Elyora, sebaiknya selalu memperhatikan kondisi cuaca dan ombak sebelum memutuskan untuk berenang. Selalu berenang bersama teman atau keluarga, dan jangan berenang sendirian.

Bermain Pasir

Foto Bermain Pasir Pantai Elyora Sekarang Hari ini
Bibir pantainya memiliki pasir putih yang halus, bisa untuk bermain pasir / vian siah

Pantai Elyora menawarkan hamparan pasir putih yang halus dan masih alami, menjadikannya tempat yang sempurna untuk bermain pasir. Anak-anak akan merasa senang bermain di pantai ini. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai sembari bermain pasir.

Untuk pengunjung yang ingin bermain pasir di pantai, sebaiknya membawa peralatan yang diperlukan seperti ember, sekop, dan mainan pasir lainnya.

Camping di Pinggir Pantai

Camping di Pantai Elyora
Pengunjung bisa camping di bibir pantainya, bisa bawa tenda sendiri atau sewa / jefry rasc

Pantai Elyora menawarkan pengalaman camping yang menyenangkan bagi pengunjung yang ingin berlibur di pantai. Pantai ini cukup bagus dan cocok untuk camping bersama keluarga, baik dengan membawa tenda sendiri atau menyewa tenda di lokasi. Pengunjung juga dapat menikmati aliran listrik di masing-masing tenda, dan harga sewanya pun terjangkau (50rb untuk tenda kecil, dan 150rb untuk tenda besar) dengan batas waktu sewa selama 24 jam.

Untuk pengunjung yang ingin camping di pinggir pantai, sebaiknya membawa peralatan yang diperlukan seperti tenda, sleeping bag, dan peralatan memasak. Pastikan untuk memilih tempat camping yang aman dan tidak terlalu dekat dengan pantai untuk menghindari terkena air pasang. Pastikan juga untuk membuang sampah pada tempatnya dan tidak meninggalkan bekas di sekitar lokasi camping.

Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lain selama camping di Pinggir Pantai Elyora. Misalnya, bersantai di tepi pantai, berjalan-jalan di sekitar pantai, atau menikmati makanan laut segar dari warung-warung di sekitar pantai. Pastikan untuk selalu memperhatikan kebersihan dan keselamatan selama camping di pinggir pantai.

Camping di pinggir pantai adalah pengalaman yang menyenangkan dan penuh petualangan. Pantai Elyora menawarkan pengalaman camping yang indah bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam sembari berkemah. Pastikan untuk memperhatikan keselamatan, kebersihan, dan membawa peralatan yang diperlukan selama camping di Pinggir Pantai Elyora.

Banana Boat

Pantai Elyora menawarkan pengalaman watersport yang tak terlupakan dengan naik banana boat. Banana boat ini dapat disewa dengan harga Rp25.000 per orang, dengan kapasitas hingga 5 orang.

Selama menaiki banana boat, pengunjung akan merasakan sensasi bergerak cepat dan meluncur di atas air. Tapi, perlu diingat bahwa keselamatan adalah prioritas utama. Pastikan Anda selalu mengenakan jaket pelampung dan mengikuti instruksi dari pengawas di pantai.

Tips penting saat naik banana boat adalah memperhatikan keamanan. Sebelum berangkat, pastikan semua peralatan keselamatan seperti jaket pelampung dalam kondisi baik.

Mancing Ikan Laut

Pantai Elyora bukan hanya tempat yang indah untuk berenang atau bersantai, tetapi juga tempat yang ideal untuk memancing ikan laut. Para pengunjung dapat menikmati memancing dengan berbagai jenis ikan karang dengan berbagai ukuran.

Untuk memancing ikan laut di Pantai Elyora, sebaiknya menggunakan umpan seperti cacing atau udang kecil. Selain itu, waktu terbaik untuk memancing ikan laut adalah saat matahari terbit atau menjelang matahari terbenam.

Namun, sebelum memancing pastikan untuk memperhatikan cuaca dan kondisi ombak. Memancing di pantai ini bisa jadi aktivitas menyenangkan. Juga selain menikmati keindahan pantai, juga bisa membawa pulang ikan laut.

Banyak Spot Foto

Spot Foto pantai elyora jembatan 6 batam
Memiliki banyak spot foto yang indah / Hana Nurulan Asri

Pantai Elyora menawarkan banyak spot foto yang cantik dan instagenic, terutama saat air laut surut. Area pantai yang luas juga memungkinkan pengunjung untuk mengambil foto tanpa khawatir terkena photobomb.

Pantai ini memiliki pemandnagan yang indah, sangat cocok untuk dijadikan latar belakang foto. Ada banyak spot yang bisa dipilih, seperti ayunan tepi pantai, pohon mangrove, atau bibir pantai saat surut. Pastikan untuk memperhatikan pencahayaan dan cuaca di sekitar Anda saat mengambil foto.

Pagi atau sore hari saat matahari terbit atau terbenam adalah waktu yang ideal untuk mengambil foto dengan pencahayaan yang indah. Jadi, bagi Anda yang ingin mengambil foto yang indah dan instagenic di Pantai Elyora, pastikan untuk memperhatikan waktu yang tepat dan memilih spot yang cocok.

Banyak Tersedia Gazebo di Tepi Pantai

gazebo pantai elyora barelang batam
Banyak gazebo berderet di bibir pantainya / agus budi

Di Pantai Elyora terdapat gazebo dengan berbagai ukuran yang dapat disewa oleh pengunjung. Ada pondok besar dengan harga 100 ribu rupiah dan pondok kecil seharga 50 ribu rupiah. Namun, jika ingin menghemat uang, pengunjung dapat menggunakan gazebo gratis yang tersedia di pantai.

Gazebo di pinggir pantai adalah tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati pemandangan laut yang indah. Selain itu, gazebo juga dapat digunakan untuk meletakkan barang bawaan atau makanan dan minuman.

Namun, pastikan untuk memperhatikan kondisi gazebo sebelum menggunakan. Beberapa gazebo mungkin memerlukan perbaikan atau pemeliharaan agar tetap aman dan nyaman digunakan.

Menikmati Hidangan Laut

Pantai Elyora tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah dan aktivitas yang menyenangkan, tetapi juga hidangan laut yang lezat. Pengunjung dapat menikmati makanan laut seperti kerang dan ikan bakar yang enak.

Selain kerang dan ikan bakar, ada banyak hidangan laut lezat lainnya yang dapat ditemukan di sekitar Pantai Elyora. Beberapa hidangan yang populer seperti sotong bakar, kepiting saus padang, dan udang goreng tepung.

Melakukan Olahraga Pantai

Selain itu pantai ini juga bisa jadi tempat ideal untuk melakukan olahraga pantai. Hamparan pasir putih yang luas dan air laut yang jernih membuat pantai ini sempurna untuk bermain bola pantai atau voli pantai. Net voli pantai juga tersedia di pantai ini.

Namun, pastikan untuk memperhatikan keselamatan saat melakukan olahraga pantai. Pastikan Anda selalu mengenakan pelindung matahari dan minum cukup air untuk menghindari dehidrasi. Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan kondisi cuaca dan ombak sebelum memulai aktivitas olahraga pantai.

Namun sebelum melakukan olahraga pantai pastikan untuk memperhatikan kondisi fisik Anda. Pastikan Anda dalam kondisi sehat dan bugar sebelum memulai aktivitas. Selain itu, pastikan juga untuk memilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan Anda dan memperhatikan instruksi pengawas pantai jika ada.

Umang-umang Island

Umang-umang Island - Pantai Elyora
Umang-umang Island terlihat dari bibir pantai / lennon tan

Dari Pantai Elyora terlihat Umang-umang Island, sebuah pulau kecil yang banyak ditumbuhi pohon kelapa dan tanaman mangrove di sekitar bibir pantainya. Pulau tersebut juga memiliki bibir pantai berpasir putih dan ombak yang tenang.

Tips Berkunjung ke Pantai Elyora

Agar kunjungan ke ke Pantai Elyora bisa berjalan lancar dan memberi kesan menyenangkan, maka tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips berikut.

  • Jika tujuannya akan berenang, maka sebelum berangkat sebaiknya lihat kalender pasang surut air laut terlebih dahulu, karena saat surut air lautnya cukup jauh dari bibir pantai dan cukup dangkal.
  • Untuk yang berenang atau bermain air laut harus berhati-hati karena kadang ada ubur-ubur, jangan sampai bersentuhan dengan kulit karena bisa mengakibatkan kulit seperti terbakar.
  • Jika ingin merasakan suasana yang lebih sepi dan minim pengunjung maka bisa datang di hari kerja. Di akhir pekan biasanya pengunjung cukup ramai.
  • Jika berkunjung di hari kerja maka sebaiknya membawa makanan dan minuman, karena biasanya semua warung tutup di hari biasa.
  • Jangan lupa untuk mambawa pakaian ganti, karena jika liburan ke pantai Elyora pasti tergoda untuk berenang atau main air.
  • Meski sudah ada tenaga kebersihan, namun pengunjung harus tetap ikut serta dalam menjaga kebersihan pantai dengan membuang sampah pada tempatnya, terleih tempat sampah di pantai ini cukup banyak.

Kekurangan Pantai Elyora

Pantai ini memiliki kekurangan yang sama dengan kebanyakan pantai lain di Indonesia. Pada hari-hari tertentu biasanya banyak sampah khususnya pada saat hari libur, karena masih banyak pengunjung yang membuang sampah begitu saja di bibir pantai.

Demikian ulasan Pantai Elyora, Galang Baru, Kota Batam, Kepulauan Riau. Jika terdapat informasi yang keliru atau memiliki pengalaman yang berbeda saat berkunjung ke pantai ini bisa kirim ulasannya di bawah ini ya!

9 Ulasan dari pengunjung

  1. dewasa 10rb per orang. anak kecil gak dhitung gaes. retceh bgt kan.pasir putih luas . fasilitas mushola toilet kamar mandi kebersihan oke. dari semua pantai dibatam yg pernah saya singgahi sepertinya elyora yg paling rame dikunjungi wisatan tiap weekend. pondok yg besar 300rb. yg kecil klo gak salah 150rb. gak punya duit buat sewa pondok tenang ada gazebo gratis kok meski ukuranya super kecil tp manyan lah buat duduk2 ato taro2 bawaan.
    silakan berkunjung dijamin gak nyesel yah.
    salam otewe dari kami #travellerretceh #batamisland #pantaielyora

  2. Pantai?

    Salah satu destinasi pantai terbaik di pulau batam, pantai paling ujung…

    Bagi yang berkemah namun tak mau repot, disini sangat cocok.

    Sebab, mereka punya aliran listrik di masing2 tenda. Harga sewanya pun terjangkau (50rb untuk yang kecil, dan 150rb untuk yang besar) batas waktu 24 jam!! Bisa nginap , dan orangnya ramah ramah.

    Kalau nginap? Bagaimana mandinya?
    Selain bisa mandi di laut, mereka juga menyediakan tempat mandi.. bisa dibilang bersih dan bagus. Harga sewa (mandi 5rb, pipis 2rb) dan sstt jangna bilang siapa siapa…

    Dari jam 5 pagi gak ada yang jaga… hingga jam 7/8… so kalau mandi pagi aja, GRATIS! Hahaha

    Tempat luas, pasir putih, ombaknya lumayan….

    Tpi, untuk bulan ini hingga 31 desember… BMKG memprediksi ombak sangat besar, jadi jangan main ke pantai dulu okee.

    Sekian 🙏🏻

  3. Pantainya dari Batam jauh banget tapi worth it, letaknya setelah jembatan 6. Tempatnya bagus untuk acara keluarga, bisa sewa tempat dan bawa perlengkapan sendiri, pasirnya putih, banyak spot foto yang bagus, area bersih. Next time bakal kesini lagi, tapi tidak dalam waktu dekat dengan pertimbangan jauhnya. But, overall is good.

  4. Pantainya masih relatif bersih dan terawat. Landai sehingga aman untuk berenang.
    Cukuo jauh jika dihitung dari pusat kota Batam.
    Disediakan gazebo untuk disewa. Size kecil 50rb, size besar 100rb.
    Hanya saja jalan masuk kearea pantai sangat berdebu sehingga harus dipersiapkan jika anda menggunakan sepeda motor.

    still relatively clean and well maintained. Ramps so it is safe for swimming.
    Quite far if calculated from Central Batam.
    Provided the gazebo for rent. small size, 50rb large 100rb.
    It’s just that the entrance to the beach is very dusty so as to be prepared if you are using a motorcycle

  5. Pantai yang indah untuk liburan bersama keluarga. Namun jaraknya cukup jauh dari pusat kota Batam di ujung Barelang, sehingga pengunjung harus membawa kendaraan pribadi. Cukup ramai dikunjungi saat hari libur. Fasilitas sudah cukup memadai. Semoga jalan masuknya bisa segera dirapihkan, sehingga menambah kenyamanan pengunjung.

  6. Pantai lantai yang indah, terletak di ujung pulau Galang. Ada pondok2 yang disewakan juga asa portable tenda.
    Jika anda hobby camping, coba ambil waktu karena camping di pantai juga tidak kalah menariknya dengan camping di gunung,
    Disini ada banyak pedagang makanan, jadi anda tidak usah kuatir jika tidak sempat membawa bekal. Tempat parkir lumayan luas, Kamar mandi/kamar bilas juga tersedia, anda bisa menikmati liburan pantai yang asyik hanya dengan tiket masuk Rp. 10.000 perorangan dan Rp. 20.000 jika anda mau camping.

    Anda bisa juga bakar2 an dan bawa alat masak sendiri.
    Walaupun ada tenaga kebersihan tapi hendaknya anda tetap harus mengelola sampah bawaan anda? Karena tong sampah tersedia.

  7. Bagusss!!!
    Pasirnya mostly putih, kemarin airnya kagi surut, jadi kita kaya di hamparan pasir putih aja. Karena luas jadi orang nya ga terlalu rame, bisa foto tanpa photobomb.
    Dari sekitar Batam center sekitar 1.5 jam naik mobil. Jalan kesana jadi nostalgia waku road trip Sumatera😁
    Pas udah deket pantai Elyora nanti ada belok kiri ya ada tulisannya. Kemarin kita sempet lurus terus ke pantai Elyora sisi lainnya yg lebih kecil

  8. Pantainya luas dan landai. Bersih terawat. Jalan masuknya pun tak jauh dari jalan raya utama. Bagus utk santay, banyak gubukan yg bs digunakan sebagai tempat istirahat. Ada toilet, ada warung (tp kalau pergi di weekday sebaiknya bawa makanan & minuman sendiri karena semua warung tutup), tp kami gak lihat mushola, mungkin ada tp kami tdk bertanya🙏
    Pantai yg recomended untuk tempat liburan

  9. Dengan tiket masuk 10rb bisa dapat pantai yang cukup bagus dan cenderung sepi. Namun, akses masuk masih berupa kerikil/tanah merah. Sebagaimaan pantai lainnya di Batam, di sini juga banyak tersedia pondok/gazebo. Tentu saja harus disewa. Tidak ada warung, jadi jangan lupa berbekal makanan/minuman.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here