Pantai Bahagia Nongsa

53VV+CQH, Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau

(4.7/5 dari 6 Pengunjung) Baca ulasan

Pantai Bahagia yang berada di Nongsa, Kota Batam memiliki pemandangan lepas pantai yang indah dan bisa melihat negara tetangga, cocok jadi tempat rekreasi bersama keluarga.

Selain itu, pantai ini juga memiliki pasir putih dan air yang tenang sehingga cocok jadi tempat liburan bersama anak-anak di akhir pekan. Juga terdapat beberapa permainan air yang menarik untuk dicoba.

Pantai ini memiliki area yang cukup luas, sehingga pengunjung bisa memilih area yang nyaman untuk bersantai, di sini juga terdapat gazebo sederhana yang bisa pengunjung sewa.

Nah, untuk yang berencana akan berkunjung ke wisata Pantai Bahagia Nongsa, maka bisa simak ulasannya di bawah ini agar dapat gambaran mengenai fasilitas, harga tiket masuk, hingga hal menarik apa saja yang ada di tempat ini.

Deskripsi Pantai Bahagia Nongsa

Pemandangan bibir pantai bahagia nongsa
Pemandangan saat langit cerah / wenti apriani

Pantai Bahagia Nongsa merupakan wisata pantai yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Nongsa, Batam. Awalnya Pantai Bahagia Nongsa ini adalah sebuah resort yang bernama Nongsa Beach 555 yang akhirnya bangkrut.

Setelah lama tak terbengkalai, akhirnya pantai di kelola oleh masyarakat sekitar jadi tujuan wisata yang bisa terjangkau oleh semua kalangan.

Karakter pantai ini lebih mirip seperti muara sungai. Hal ini karena pantainya hampir tidak memiliki ombak, kecuali pada asat ada kapal ferry yang melintas, baru akan ada gelombang pada permukaan air lautnya.

Hal ini karena satu daya tarik dari Pantai Bahagia Nongsa adanya kapal ferry yang lalu lalang di sektiar pantai. Hal ini karena tidak jauh dari pantai ini terdapat Pelabuhan Internasional Nongsa Pura Ferry Terminal.

Letak Pantai Bahagia Nongsa berada di sebelah pojok gerbang, juga berhadapan langusng dengan Pantai Turi Beach Resort yang menambah keindahan pemandangan.

Juga dari tepi pantai ini juga pengunjung bisa melihat dari kejauhan pemandangan Pulau Puteri. Dan pengunjung juga melakukan olahraga pantai seperti futsal dan volly karena tersedia lapangannya.

Dengan area yang cukup luas, pantai ini bisa menampung penggung hingga 1500 orang pada musim libur seperti lebaran atau tahun baru. Juga area parkir kendaraannya cukup luas, sehingga bisa menampung banyak kendaraan.

Secara betahap fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjung juga sudah tersedia seperti kamar mandi dan sudah ada musala dengan fasilitas kamar mandi dan perlengkapan salatnya.

Di hari biasa jumlah pengunjung pantai ini terbilang sedikit dan cenderung sepi, namun pada akhir pekan biasanya banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, baik bersama keluarga atau pasangan.

Rute Menuju Lokasi

Pantai Bahagia Nongsa berada di koordinat 53VV+CQH, Desa Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau. Lokasinya mudah diakses oleh kendaran bermotor ataupun mobil sekalipun. Untuk mobil bisa parkir sampai dekat bibir pantai.

Untuk wisatawan yang berasal dari luar daerah bisa menggunakan rute dari arah Bandara Hang Nadim yang jaraknya tidak jauh dari lokasi Pantai Bahagia Nongsa.

Jika sudah berada di sekitaran bandara, selanjutnya bisa melakukan perjalanan dengan naik kendaraan umum yang banyak tersedia di sekitar bandara. Hanya perlu waktu sekitar 30 menit dari bandara ke Pantai Bahagia.

Sedangkan untuk wisatawan yang berasal dari negara tetangga bisa mengunjungi pantai ini dari Pelabuhan Internasional Nongsa Pura dalam waktu beberapa menit saja.

Hal ini karena Kecamatan Nongsa lokasinya berdekatan dengan tentangga, Singapura. Itu sebabnya wisatawan yang berkunjung ke pantai ini berasal dari luar negeri. Hal ini karena selain ingin menikmati suasana pantainya juga untuk bermalam di resort mewahnya.

Jam Buka Pantai Bahagia Nongsa

Pantai Bahagia Nongsa buka 24 jam setiap harinya dari hari Senin hingga hari Minggu. Wisatawan yang berkunjung bisa datang kapan sesuai jadwal yang inginkan. Namun kebanyakan pengunjung datang pada waktu menjelang sore hari.

Harga Tiket Masuk

Ada biaya retribusi yang harus wisatawan bayar saat menyambangi pantai ini. Namun jangan khawatir biaya cukup terjangkau dan ramah di kocek. Biaya masuk dihitung berdasarkan jenis kendaraan.

Tiket MasukHarga
MotorRp5.000
MobilRp10.000
*Harga tiket masuk di atas bisa berubah di kemudian hari

Selain itu pengunjung perlu merogoh kocek jika ingin menyewa gazebo dekat pantai mulai Rp100 ribu untuk weekday dan Rp150 ribu untuk weekend dan libur panjang. Untuk saat ini tersedia sekitar 20 gazebo di pantai ini.

Sedangkan untuk menggunakan kamar mandi atau toilet, pengunjung perlu membayar Rp2.000 untuk buang air kecil, Rp5.000 untuk buang air besar, dan Rp5.000 untuk mandi atau bilas.

Hal Menarik dari Pantai Bahagia Nongsa

Meski pengelolaan Pantai Bahagia Nongsa belum maksimal, namun bukan berarti pantai ini tidak memiliki hal menarik. Berikut beberapa hal menarik yang bisa pengunjung lakukan atau temukan saat berkunjung ke pantai ini.

Bermain Pasir

Bermain pasir di pantai Bahagia Nongsa
Pengunjung bisa bemain pasir / Bg Regge D.N.

Bermain pasir jadi salah satu kegiatan yang pengunjung bisa lakukan saat berada di pantai ini. Hal ini karena Pantai Bahagia Nongsa memiliki bibir pantai berpasir putih kecokelatan.

Pasir di pantai memiliki tekstur sedikit kasar, namun cenderung basah dan minim batuan sehingga masih bisa untuk bermain pasir anak-anak.

Untuk itu jika pergi berkunjung bersama anak-anak jangan lupa untuk membawa peralatan bermain pasir.

Juga untuk bermain pasir pastikan untuk memilih lokasi yang aman dan minim batuan karang. Juga bisa memilih area yang tidak terlalu panas atau ibsa di bawah pohon yang rimbun.

Bermain Air & Berenang

Berenang dan Bermain air di Pantai Bahagia Nongsa
Suansa sedang ramai dan pengunjung banyak berenang / armusi arga

Pantai Bahagia Nongsa memiliki laut yang dangkal dan hampir tidak memiliki ombak. Juga air lautnya terbilang jernih, khususnya pada saat musim kemarau.

Saat air laut sedang pasang, orang dewasa dan anak-anak bisa bermain air dan berenang dengan aman. Namun untuk anak di bawah umur sebaiknya tetap dalam pantauan orang dewasa.

Meski begitu pengujung juga tetap harus mengutamakan keamanan dan keselamatan. Sebaiknya jangan terlalu tengah dan lebih disarankan menggunakan pelampung.

Camping di Pinggir Pantai

Camping di pinggir Pantai Bahagia Nongsa
Pengunjung bisa mendirikan tenda di tepi pantai / eri metria

Bagi para pencinta alam yang hobi camping, tempat ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Pengunjung bisa membawa sendiri atau menyewa tenda dari pengelola.

Tiket masuk yang hanya Rp 20 ribu per orang bagi yang akan camping tidak akan membuat kantong bolong, ditambah lagi dengan akses mudah dan luasnya tempat parkir.

Dengan biaya terjangkau mulai dari Rp 80 ribu per malam untuk menyewa tenda berkapasitas 4 orang, sudah bisa menikmati gemerlap bintang di langit malam .

Tak hanya itu, bagi yang ingin lebih santai, pengelola juga menyediakan layanan pemasangan dan pembongkaran tenda dengan biaya Rp 100 ribu per malam. Sebuah pilihan praktis bagi mereka yang ingin menikmati momen tanpa harus repot .

Namun, perlu diingat bahwa malam-malam di akhir pekan cenderung ramai dengan para pengunjung yang juga ingin merasakan sensasi camping di sini. Sedangkan di hari biasa, suasana akan jauh lebih sepi tanpa banyak pengunjung.

Tetapi, jangan khawatir jika lapar datang menghampiri di tengah malam. Di akhir pekan warung buka sampai pagi, menjual makanan seperti pop mie dan jajanan kecil lainnya. Hanya saja, harga jajanan ini mungkin sedikit lebih mahal dari harga normal.

Satu lagi, Anda bisa mencoba mendirikan tenda di atas rumput Jepang yang melimpah di sekitar area camping. Jadi, siapkan perlengkapan camping Anda dan rasakan keceriaan malam di Pantai Bahagia.

Naik Perahu Canno

Di Pantai Bahagia Nongsa, kegembiraan dan kesenangan seolah menjadi bagian tak terpisahkan dari setiap momen. Naik Canno di sini menjadi pilihan ideal bagi mereka yang ingin merasakan sensasi petualangan di atas air.

Dengan tarif yang terjangkau, per 15 menit hanya dengan Rp 25 ribu, setiap putaran memberikan keceriaan yang tak terlupakan. Anak dapat mengeksplorasi keindahan laut dari sudut yang berbeda.

Bagi para orangtua, berlibur di Pantai Bahagia Nongsa menjadi lebih santai dengan adanya Naik Canno ini. Mereka dapat menyaksikan keceriaan anak-anak sambil menikmati angin laut yang menyegarkan. Namun, penting untuk selalu mengawasi anak-anak selama bermain di air dan memastikan mereka menggunakan pelampung untuk keamanan tambahan.

Sebagai tips tambahan, sebelum anak-anak bermain di Naik Canno, pastikan mereka telah diberi pengarahan mengenai tata tertib dan keselamatan di atas air. Selain itu, hindari membawa barang berharga atau elektronik yang rentan terkena air.

Dengan persiapan yang matang dan pengawasan yang cermat, pengalaman bermain di Naik Canno di Pantai Bahagia Nongsa akan menjadi kenangan yang ceria dan tak terlupakan bagi seluruh keluarga.

Naik Wahana Banana Boat

Selain itu, di Pantai Bahagia Nongsa pengunjung bisa mencoba pengalaman seru naik banana boat. Tak hanya itu, aktivitas ini juga terjangkau dengan harga yang ramah di kantong, yakni hanya Rp 25 ribu per orang. Bagi para pecinta petualangan dan penggemar air, naik banana boat di sini menjadi pilihan yang tak bisa dilewatkan.

Banana boat merupakan salah satu kegiatan air yang paling digemari di Pantai Bahagia. Tidak hanya memberikan keseruan, naik banana boat juga membawa kesegaran dan kegembiraan bagi semua yang ikut serta.

Untuk menikmati pengalaman ini secara optimal, pastikan untuk mengenakan pelampung atau jaket keselamatan yang disediakan demi keselamatan. Juga, dengarkan dengan seksama instruksi dari operator banana boat sebelum memulai perjalanan.

Piknik Bersama Keluarga

Menikmati piknik bersama keluarga merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan, apalagi saat dilakukan di Pantai Bahagia. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai sambil merasakan kesejukan angin laut yang menenangkan.

Tak hanya itu, pengelola pantai juga menyediakan pondok-pondok yang nyaman untuk berteduh dan tiduran, menciptakan suasana yang lebih santai dan menyenangkan.

Bagi para penggemar lesehan, membawa tikar sepertinya akan menjadi pilihan yang lebih seru. Dengan tikar sebagai alas, keluarga bisa duduk bersila sembari menikmati makanan yang mereka bawa dari rumah.

Selain itu, tak perlu khawatir jika tidak membawa bekal, karena di sekitar pantai terdapat kedai-kedai yang menyediakan berbagai hidangan, mulai dari mie rebus hingga segelas kopi hangat.

Menikmati Pemandangan Sunset

Pemandangan sunset Pantai Bahagia Nongsa
Pemandangan saat matahari mulai terbenam / Yolla Nurdwi

Pemandangan indah senja di Pantai Bahagia Nongsa telah menarik perhatian para pengunjung dengan pesonanya yang tiada tara. Terletak di tepi pulau Batam yang menakjubkan, pantai ini menawarkan pengalaman matahari terbenam yang tak terlupakan.

Setiap sore, matahari meluncur perlahan ke horizon, memberikan panggung megah bagi penontonnya untuk menikmati keindahan alam yang memukau.

Dari sini, pengunjung bisa menyaksikan langit berubah warna menjadi nuansa oranye, merah, dan kuning, menciptakan gambaran yang menakjubkan bagi mata yang menatap. Seperti cat air yang dituangkan di atas kanvas langit, pemandangan ini tak pernah gagal memukau hati yang merindukan keindahan.

Melihat Kapal Ferry

Kapal ferry di Pantai Bahagia Nongsa
Banyak lalu-lalang kapal ferry / Arief Yunius.

Setiap hari, pengunjung yang berdatangan dapat menikmati pemandangan luar biasa dari kapal ferry yang melintas di cakrawala, memberikan adegan yang mengagumkan seakan menari di atas air.

Daya tariknya? Tak lain karena kehadiran Pelabuhan Internasional Nongsa Pura Ferry Terminal yang berdekatan, memungkinkan wisatawan bisa menyaksikan kapal-kapal gagah berlayar ke dermaga dengan gemulai.

Terletak di tengah-tengah keindahan alam, Pantai Bahagia Nongsa memang memiliki magnet tersendiri bagi para penikmat liburan. Namun, tidak hanya keindahan alam yang menjadi daya tariknya. Sensasi melihat kapal-kapal besar yang memasuki pelabuhan menambahkan elemen kegembiraan tersendiri bagi para pengunjung.

Mancing di Pinggir Pantai

Mancing di Pantai Bahagia Nongsa
Bisa mancing di pinggir pantainya / Arief Yunius

Di Pantai Bahagia, pengunjung tidak hanya bisa menikmati pasir putih dan pemandangan, tetapi juga bisa jadi spot mancing yang menggoda. Bagi para penggemar mancing, tempat ini merupakan destinasi yang tak boleh dilewatkan.

Pantai Bahagia tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menawan, tetapi juga menyediakan spot-spot mancing yang mengagumkan. Dari ikan-ikan lokal hingga spesies yang lebih eksotis, ada banyak hal yang bisa Anda tangkap di sini.

Bagi yang baru pertama kali memancing di pantai, pastikan untuk memilih peralatan yang tepat, termasuk joran, reel, dan umpan yang sesuai dengan jenis ikan yang ingin Anda tangkap. Kedua,Juga, pilih waktu yang tepat; pagi dan sore hari seringkali menjadi waktu terbaik untuk memancing di pantai.

Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai Bahagia Nongsa

Selain bisa mendirikan tenda dan camping di pinggir pantai, untuk yang akan bermalam juga bisa di penginapan yang letaknya tidak jauh dari Pantai Bahagia Nongsa.

Batam View Beach Resort

Batam View Beach Resort bisa jadi salah opsi tempat bermalam yang letaknya tidak jauh dari Pantai Bahagia. Jaraknya sekitar 3,2 km atau perlu waktu sekitar 6 menit perjalanan untuk berkunjung ke pantai ini.

Selain memiliki kamar yang nyaman, juga tersedia area parkir yang luas untuk menampung banyak mobil. Selain itu, fasilitas yang tersedia cukup lengkap, termasuk fasilitas internet.

Turi Beach Resort

Turi Beach Resort bisa jadi pilihan tepat bagi yang sedang mencari penginapan bernuansa private. Dengan suasana pedesaan sebagai tema utama penginapan ini, siapa pun yang menginap di sini akan merasakan ketenangan yang menyelimuti hati mereka.

Resort ini menawarkan berbagai jenis kamar yang luas dan nyaman. Saat matahari pagi menyingsing, tamu akan langsung disambut dengan panorama pantai yang memukau, dengan gemerlap air laut yang memantulkan sinar matahari.

Jarak antara resort ini dengan lokasi pantai hanya sekitar 4,4 km, dengan waktu tempuh maksimal hanya 8 menit. Untuk sampai ke lokasi bisa dengan kaki atau naik kendaraan.

Turi Beach Resort tidak hanya menawarkan akomodasi yang nyaman, tetapi juga fasilitas-fasilitas yang menarik. Anda dapat menikmati kolam renang yang indah, bersantai di tepi pantai yang tenang, atau mencoba berbagai kegiatan air yang seru, seperti snorkeling dan jet ski.

Bagi pecinta kuliner, resort ini juga menyediakan restoran dengan pilihan menu yang menggugah selera. Anda dapat menikmati hidangan lezat sambil menikmati pemandangan laut yang menakjubkan.

Nongsa Point Marina and Resort

Di kawasan Pantai Bahagia, terdapat sebuah penginapan yang tak boleh dilewatkan: Nongsa Point Marina and Resort. Terletak hanya 4,6 km, penginapan ini menawarkan fasilitas antar jemput bagi para tamu yang ingin menikmati pengalaman menginap yang tak terlupakan.

Saat memasuki resort ini, akan disambut dengan suasana yang begitu menyenangkan. Lingkungan yang bersih dan terawat dengan sempurna akan membuat Anda merasa seperti berada di surga pesisir. Beberapa fasilitas yang ditawarkan, seperti kolam renang yang menawan, akan memanjakan tamu dengan kenyamanan

Para tamu juga dapat menikmati pemandangan yang memesona dari marina yang terletak di sekitar resort. Dengan kapal-kapal yang berseliweran dan laut yang membentang luas, Anda akan merasakan kedamaian dan keindahan alam yang menakjubkan.

Tips Berkunjung ke Pantai Bahagia Nongsa

Agar kunjungan ke Pantai Bahagia Nongsa bisa berjalan lancar dan memberi kesan menyenangkan, maka tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips berikut.

  • Jika ingin merasakan suasana pantai yang lebih sepi pengunjung maka bisa datang di hari biasa.
  • Untuk pemandangan yang maksimal sebaiknya datang di musim panas seperti bulan Juni s/d Agustus. Pada musim hujan pemandangannya kurang bagus.
  • Sebaiknya membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup karena jauh dari lokasi ATM atau mini market.
  • Untuk yang berencana akan berkunjung di hari biasa sebaiknya membawa makanan dari luar, biasanya di hari biasa tidak ada yang berjualan.
  • Agar kondisi pantai tetap bersih dan asri maka buanglah sampah pada tempat tersedia, atau akan lebih baik jika membawa pulang sampah.

Kekurangan Pantai Bahagia Nongsa

Sebagai tempat wisata yang pengelolaannya belum maksimal, tentu saja Pantai Bahagia Nongsa juga memiliki beberapa kekurangan, berikut di antaranya:

  • Pantainya kurang terawat, khususnya dalam hal kebersihan. Jumlah tempat sampah masih sedikit.
  • Pengelolaan pantai masih seadanya, belum ada peran dari pihak pemerintah atau pihak terkait.
  • Tempat bilasnya belum memadai, bagian dalam ruangannya masih gelap dan banyak nyamuk.
  • Kamar mandi atau toilet kadang tidak ada airnya di waktu-waktu tertentu, dan pintunya tidak memiliki kunci.

Demikian ulasan Pantai Bahagia, Sambau, Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau. Jika terdapat informasi yang keliru atau memiliki pengalaman yang berbeda bisa kirim ulasannya di bawah ini ya!

6 Ulasan dari pengunjung

  1. Pantainya biasa saja, berada di antara kawasan resor di Nongsa.

    Proses:

    Kendaraan bisa parkir dekat pantai, jadi cukup mudah jika membawa barang banyak untuk acara seperti gathering.
    View kota Singapura dan Johor Darul Ta’zim dari kejauhan.
    Dekat dengan Pulau Putri.
    Berseberangan dengan resor Nongsa Point Marina.
    Terdapat fasilitas toilet.
    Harga tiket masuk murah, 5000/orang, parkir gratis.
    Cons:

    Pantai kurang terawat dan kurang bersih.
    Pantai cukup bagus tetapi belum diolah dan dikelola sehingga terlihat bagus dan menarik.
    Belum ada booth atau spot untuk berfoto-foto.

  2. Liburan paling murah sesuai dengan namanya pantai bahagia…harganya yang murah masuk 1 motor 5rb mobil 10rb.. fasilitas ada kamar mandi dan musholla
    Kamar mandinya yang ditengah bersih dan bagus.mushollanya juga ad sarung dan telekung.
    Penjaganya ramah tamah.rekomend buat yang suka ke pantai tapi g pake mahal😁

  3. Konon katanya dulu ada sebuah hotel yang dimiliki oleh orang Korea. Namun karena bangkrut, akhirnya diserahkan kepada security hotel untuk dijaga. Tempatnya sangat nyaman untuk berkemah, banyak rumput Jepang. Ada banyak pohon untuk berteduh, namun sewa pondok termasuk mahal, sekitar 150. Mengingat bentuk pondoknya yang seperti kandang ayam, haha. Sekedar saran, untuk pondok sebaiknya tidak digandeng antara satu dengan yang lain. Berikan jarak agar ada privasi bagi penyewa pondok. Dan satu lagi, sampahnya, masya Allah, sangat banyak. Tempat sampahnya juga minim sekali. Jika dikelola dengan baik, akan sangat bagus.

  4. Pantainya bagus, bersih dan banyak tempat teduhny. Tiket masukny pun murah. Cuma tempat bilasnya kurang comfortable karna gelap dan banyak nyamuk

  5. Liburan paling murah sesuai dengan namanya pantai bahagia

    Tapi sayang sekali, datang sore pas surut pulak…

    Akhirnya main pasir saja sama keluarga

    Untuk harganya yang murah kalii, masuk 1 motor 5rb, kalau mobil 10rb.
    Kita cukup cari posisi aja, terus parkir bebas, nanti abg2 itu datang.
    Penjaganya ramah tamah.rekomend buat yang suka ke pantai tapi g pake mahal😁

  6. Untuk camping disini cukup enak ya, kalau malam anginnya Semriwing dingin, tiket masuk untuk camping 20rb/org parkir luas akses mudah ikuti aja google maps pasti sampai,,, kurang nyaman sama toilet aja sih air nya kalau sdh malam gak ada terus pintu nya gk bisa dikunci,,
    Hanya malam minggu yg ramai org2 camping disini kalau hari biasa hampir gk ada org dan gk ada yg jaga jg di pintu masuk.. Oiya kalau malam minggu ada yg jualan kok walaupun hanya pop mie dan jajanan kecil lainnya untuk harga jajanannya ya pastinya lebih mahal dari harga normal seperti biasa harga tmpat wisata.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here