Pantai Sinini

2943+2VW, Sawarna Timur, Kec. Bayah, Kabupaten Lebak, Banten

(5/5 dari 5 Pengunjung) Baca ulasan

Pantai Sinini terletak di Sawarna Timur, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Meski pantai ini terbilang masih perawan, namun pantai ini sudah mulai dikenal oleh wisatawan yang mencari suasana pantai yang sepi dengan pemandangan indah.

Jalan masuk ke Pantai Sinini masih terjal dan tidak ada petunjuk arah, namun hal ini tidak mengurangi daya tarik dari pantai ini. Memiliki bibir pantai yang panjang dan pemandangan yang indah, menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

Selain itu, sama seperti pantai sekitarnya pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan ombak besar karena menghadap langsung Samudra Hindia membuat suasana semakin menyenangkan.

Banyak pantai di Banten yang keberadaannya masih tersembunyi dan belum terkelola oleh pemerintah setempat. Kebanyakan pantai di Banten memiliki panorama alam yang sangat indah dan memukau salah satunya seperti Pantai Sinini ini.

Wisatawan yang datang ke pantai ini akan disambut dengan suasana yang sangat alami dan sejuk. Nah, jika tertarik berkunjung ke Pantai Sinini sebaiknya baca ulasan ini sampai tuntas ya!

Deskripsi Pantai Sinini

Pemandangan Pantai Sinini
Pemandangan Pantai Sinini / Yadi Supriadi

Pantai Sinini merupakan salah satu pantai di Lebak, Banten yang lokasinya cukup tersembunyi, hal ini karena lokasinya cukup terpencil jauh dari jalan utama desa, juga karena akses jalan menuju lokasi masih terjal sebab jalan setapak tanah merah. Cocok untuk yang menyukai tantangan dan petualangan.

Itu sebabnya pengunjung pantai ini masih minim, di akhir pekan biasanya hanya ada beberapa pengunjung, dan hari biasanya kosong melompong. Pengunjungnya lebih didominasi oleh anak muda pencita alam, komunitas motor gunung, dan pemancing ikan.

Memiliki bibir pantai pasir putih – berwarna kecokelatan saat musim hujan- membuat pantai ini cocok untuk melakukan berbagai kegiatan. Juga di bagian lautnya banyak dijumpai gugusan batu karang, beberapa di antaranya ada yang berbentuk hamparan.

Kondisi alamnya mirip dengan Pantai Seupang yang lokasinya masih sama-sama di Desa Sawarna Timur, akses jalannya sama-sama sulit ditempuh, namun Pantai Sinini memiliki panjang bibir pantainya lebih pendek.

Di bagian bibir pantai banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon dan tanaman khas pantai dengan berbagai ukuran, namun bibir pantai di bagian barat terdapat perkebunan kelapa.

Rute Menuju Lokasi

Rute menuju lokasi Pantai Sinini mirip dengan rute menuju Pantai Sawarna. Jika berangkat dari Jakarta dan sekitarnya maka sebaiknya menggunakan rute Sukabumi-Pelabuhanratu.

Dari Jakarta

Untuk wisatawan yang berasal dari Jakarta bisa jalur timur menggunakan salah satu rute di bawah ini:

  • Jakarta – Ciawi, Bogor – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Cilograng – Pantai Sanini
  • Jakarta – Ciawi, Bogor – Cikidang – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Cilograng – Pantai Sanini
  • Jakarta – Bogor – Cijeruk – Cikidang/Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Cilograng – Pantai Sanini

Dari jalan Nasional perjalanan dilanjutkan menuju Cireundeu, bisa lewat Ciawi, Gunungbatu, terus ikuti jalan utamanya hingga ke perkampungan paling ujung bernama Kp. Angsana. Selanjutnya perjalanan akan melewati jalan setapak, jika jalan kaki perlu waktu 2 jam, lebih cepat dengan naik motor.

Masuk dari Cirendeu bisa dari simpang ci awi g batu bisa lurus terus nanti ada pemukiman paling ujung arah kepantey namanya kampung ang sana baru kita masuk jalan Ter jal tanah merah kalo jalan kaki kira2 duajam pake motor bisa.

Jika ingin mempersingkat waktu kunjung dan bisa menikmati pemandangannya secara keseluruhan maka untuk sampai ke Pantai Sinini bisa dengan menyewa perahu nelayan dari Pantai Cicarate ke Cilograng. Jika perlu pemandu maka bisa gunakan guide warga setempat atau nelayan yang bisa memberi petunjuk jalan ke Pantai Sinini.

Harga Tiket Masuk

Untuk pengunjung yang ingin berkunjung ke pantai ini, tak perlu khawatir soal biaya masuk, karena tiket masuk pantai ini benar-benar gratis. Cukup datang kesiapan mental dan fisik untuk menikmati keindahan pantai yang masih alamai ini.

Hal Menarik

Selain memiliki suasana yang sepi dan pemandangan yang indah, ada beberapa hal yang bisa pengunjung temukan atau lakukan di pantai ini, yaitu:

Camping di Pinggir Pantai

Pantai Sinini memiliki bibir pantai yang luas dan panjang, sehingga sangat sesuai untuk mendirikan tenda, baik untuk beristirahat atau bermalam.

Namun, sebelum melakukan camping di pinggir pantai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, bawalah perlengkapan camping yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan, seperti tenda, matras, bahan bakar masak, dan perlengkapan memasak lainnya. Kedua, jangan lupa membawa barang-barang yang dibutuhkan seperti makanan dan minuman, juga obat-obatan dasar untuk berjaga-jaga.

Saat mendirikan tenda, pastikan untuk memilih area yang minim terdapat batuan karang dan cukup jauh dari air laut, untuk menghindari dampak air pasang yang tidak diinginkan.

Sebaiknya camping dilakukan bersama kelompok, sehingga lebih aman dan seru. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, camping di pinggir pantai dapat dilakukan dengan nyaman dan menyenangkan.

Berenang

Berenang merupakan salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan oleh pengunjung ketika berkunjung ke pantai. Air laut yang jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk berenang di pantai tersebut. Di sekitar area pantai, kondisi ombak juga cukup stabil.

Meskipun pantai ini cukup aman untuk berenang, pengunjung tetap disarankan untuk berhati-hati. Pastikan jarak aman ketika berenang dan jangan terlalu jauh dari daratan.

Sebelum berenang, periksalah kondisi air laut terlebih dahulu. Harap diingat bahwa tidak ada penjaga pantai atau lifeguard di pantai ini, sehingga tanggung jawab atas keselamatan diri tetap pada pengunjung sendiri.

Bermain Pasir

Bermain Pasir di Pantai Sinini
Bermain Pasir / Yadi Supriadi

Kegiatan bermain pasir juga merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh para wisatawan ketika berkunjung ke pantai. Bibir pantai yang memiliki pasir putih yang halus dan lembut membuat suasana semakin menyenangkan dan memungkinkan untuk membuat berbagai bentuk dari pasir.

Untuk membuat berbagai bentuk dari pasir, para wisatawan dianjurkan untuk memilih area yang berdekatan dengan air laut. Sementara untuk membuat lobang, area yang lebih jauh dari air laut dapat dijadikan pilihan yang tepat.

Memancing Ikan Laut

Memancing di pantai bisa jadi aktivitas yang menyenangkan bisa untuk menghilangkan stres juga. Tak cuma itu, memancing di pantai juga memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan alam dan menikmati pemandangan yang indah.

Jika berencana akan mancing, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan punya peralatan memancing yang tepat dan memenuhi standar. Kedua, selalu memperhatikan peraturan memancing yang berlaku di tempat tersebut, untuk menjaga kelestarian ekosistem tentunya.

Pilihlah lokasi memancing yang cocok dan coba berbagai teknik memancing. Memancing di pantai biasanya membutuhkan teknik yang berbeda dibandingkan memancing di dalam air yang tenang, perhatikan tipe umpan, jarak memancing, dan gerakan memancing.

Sambil memancing, jangan lupa menikmati pemandangan yang indah dan suasana tenang di sekitar pantai. Ini adalah kesempatan untuk menenangkan pikiran dan memperbaharui energi.

Juga, jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan lingkungan selama memancing. Jangan membuang sampah sembarangan dan pastikan tidak merusak ekosistem.

Tips Berkunjung ke Pantai Sinini

Agar kunjungan ke pantai ini berjalan lancar dan memberi kesan menyenangkan, maka tidak ada salahnya menyimak berapa tips berikut.

  • Untuk memastikan pengalaman yang menyenangkan saat berkunjung ke Pantai Sinini, disarankan untuk mengunjungi pantai pada bulan-bulan musim kemarau seperti Juni-Agustus dan memperiksa perkiraan cuaca sebelum berangkat.
  • Pastikan untuk membawa makanan dan minuman yang cukup selama perjalanan, karena lokasi pantai tersembunyi dan jauh dari akses makanan.
  • Menggunakan jasa tour guide lokal dapat membantu Anda dalam mempermudah perjalanan menuju lokasi dan mengetahui informasi lebih lanjut tentang pantai.
  • Sebagai tindakan keamanan, hindari berenang di bagian tengah pantai dan ingat bahwa keselamatan jiwa merupakan tanggung jawab pribadi.
  • Bawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah saat berkunjung ke Pantai Sinini.
  • Ingat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan membawa pulang sampah Anda untuk memelihara kebersihan pantai.

Kekurangan Pantai Sinini

Pantai Sinini memiliki kekurangan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang menyukai tantangan dan petualangan. Keunikan ini terletak pada akses jalan yang kurang baik dan jarak tempuh yang jauh.

Demikian ulasan mengenai Pantai Sinini, jika terdapat informasi yang keliru dan punya pengalaman berbeda saat berkunjung ke pantai ini bisa kirim ulasannya di bawah ini ya!

5 Ulasan dari pengunjung

  1. Tempat ini masih perawan, jalan masuk belum dibangun. Kawasan ini diklaim masuk wilayah desa Cilograng kec. Cilograng kab Lebak. Sangat cocok untuk wisata adventure. Nama sebenarnya Pantai Guha Gede. Sedangkan Pantai Sinini nama aslinya Pantai Jojorong Sinini terletak disebelahnya sekirar 300 m dari lokasi ini

  2. Mencapai Pantai Sinini akan mudah dilalui dengan sepeda motor trail. Pengunjung akan menemui banyak pasir dan bebatuan yang harus dinaiki dan dituruni. Ini cocok bagi mereka yang memiliki jiwa petualangan dan ingin mencoba sesuatu yang baru dan menantang.

  3. Menikmati panorama pantai yang memukau memerlukan usaha dan waktu yang tepat. Pantai Sinini, misalnya, dapat dicapai dengan menyewa perahu nelayan dari Pantai Citarate ke Cilograng. Setelah sampai di sana, Anda dapat berkonsultasi dengan pemandu warga setempat atau nelayan yang dapat memandu Anda menuju ke pantai Sinini.

    Keunikan dari pantai ini adalah minimnya pengunjung selain warga setempat, sehingga pengalaman Anda akan lebih autentik dan tak terlupakan.

  4. Kawasan ini mempunyai pemandangan yang luar biasa indah. Hanya saja aksesnya masih jalan tanah….
    Kita usahakan agar di tahun-tahun mendatang dapat terealisasi pembangunannya, dengan sumber dana APBDes, APBD maupun APBN, atau mungkin sektor swasta.

    Saya yakin jika pemerintah desa mampu menatanya, ini akan jadi ladang yang halal untuk kemajuan desa.

  5. Tidak ada akses jalan kepantai ini.. Modal nekat, modal yakin.. Jalan masih tanah dan berbatu.. Dari rumah terakhir sekitar 2jam tracking.. Pulang lebih lama karena nanjak jalannya.. Selamat mencoba..

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here