Pantai Walakiri

Pantai Walakiri
@mkurniawan74

(4.4/5 dari 14 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Watumbaka, Pandawai, Watumbaka, Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Ketika berkunjung pertama kali ke Pantai Walakiri, sepintas yang terlihat pemandangan yang sama dengan pantai lainnya. Memiliki hamparan pasir putih yang panjang membentang. Pada pinggiran pantainya berjajaran pohon kelapa dan cemara, yang dipadukan dengan pasir putih dan birunya laut menghasilkan pemandangan indah seperti pantai umumnya.

Di sebelah barat Pantai Walakiri terdapat banyak pohon mangrove (bakau) dengan dedaunannya yang berwarna hijau. Air laut yang bersih, jernih dan nampak berwarna dari kejauhan seolah menggoda wisatawan untuk berenang.

Kecantikan pantai ini akan nampak secara sempurna ketika air laut mulai surut, area pasir menjadi lebih luas dan wisatawan bisa berjalan cukup jauh dari tepi pantai dan bisa melihat dari dekat kumpulan pohon mangrove.

Jika diperhatikan lebih cermat, pantai ini memiliki dua jenis pasir yang berbeda, yaitu pasir di tepi pantai yang memiliki warna dan tekstur yang sama dengan pantai lainnya, butirannya berwarna putih dan kasar. Sedangkan pasir yang berada di area bekas pantai memiliki tekstur yang lebih halus, tektusnya menyerupai bedak dan padat.

Rute Menuju Pantai Walakiri

Letak Pantai Walakiri tidak jauh dari pusat Kota Waingapu, yaitu sekitar 1 jam perjalanan. Pantai ini mudah diakses, lokasinya tidak jauh dari jalan raya arah Melolo, yaitu kecamatan yang cukup besar di Sumba Timur. Untuk wistawan luar daerah disarankan menyewa mobil atau motor dari Waingapu menuju Walakiri, karena rute tersebut sangat minim transportasi umum.

Jika keberangkatan dimulai dari Kota Waingapu, maka bisa menuju ke arah timur laut menuju Kambajawa, kemudian akan melewati Jl Adam Malik dan belok kiri menuju Jl. Prof. Yohanes ke Jl. R. Suprapto/Jl. Sutomo di Prailiu, dan menjumpai beberapa belokan, menuju Jl. Adi Sucipto ke Watumbaka, dari sini dimulai perjalanan panjang, wisatawan akan melewati Jl. R. Suprapto/Jl. Sutomo, Jl. Gatot Soebroto, dan Jl. Gatot Soebroto belok sedikit ke kanan dan menjadi Jl. Adi Sucipto. 

Untuk memudahkan perjalanan dan menemukan rute terdekat dari tempat keberangkatan bisa memanfaatkan aplikasi seperti Google Map atau Waze.

Harga Tiket Masuk Pantai Walakiri

Meski pantai ini semakin banyak dikunjungi wisatawan, khususnya pada akhir pekan, namun tidak ada tarif perorang yang diminta oleh warga setempat ataupun dari pihak Desa ketika mengunjungi pantai ini.

Khusus untuk wisatawan yang membawa kendaraan, Harga Tiket Masuk(HTM) yang harus dikeluarkan adalah mobil Rp10.000 dan motor Rp5.000.

Aktivitas Pantai

Sama halnya dengan wisata pantai lainnya, ditempat ini wisatawan bisa melakukan banyak kegiatan seru seharian. Jadi ketika berkunjung ke tempat ini jangan hanya diam menikmati keindahannya saja, namun juga harus menyatu dan berinteraksi dengan alam, misalkan dengan bermain pasir atau berenang.

Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa wisatawan lakukan ketika mengunjungi dan berlibur di pantai Pantai Walakiri.

1 Berjemur

Untuk yang ingin mencoklatkan warna kuliat agar nampak indah, maka pantai ini merupakan tempat yang tepat untuk melakukannya. Terlebih jika cuaca sedang panas, tidak memerlukan waktu yang lama untuk membuat kuliat berwarna kecoklatan.

2 Berenang

Air laut di pantai ini bening dan bersih, ditambah dengan ombak yang tidak besar sangat cocok dijadikan tempat berenang. Untuk berenang di Pantai Walakiri wisatawan harus melakukannya di pagi sampai siang saat laut pasang.

Jadi ketika berencana berenang di pantai ini, usahakan datang pagi hari dan jangan lupa membawa perlengkapan renang, karena ditempat ini belum dijumpai penyewaan alat renang.

3 Bermain Pasir

Liburan ke pantai bersama keluarga, khususnya bersama anak-anak, kegiatan seru yang bisa dilakukan adalah bermain pasir. Membuat bentuk hewan, bentuk suatu karakter, bahkan membuat istana pasir. Jadi pastikan membawa perlengkapan dan perlatan untuk bermain pasir ketika akan berkunjung ke pantai ini.

4 Menikmati Sunset

Sunset Pantai Walakiri
@furymunchasir

Bagian yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke pantai ini adalah langit sore harinya, ya sunset di pantai ini sangat indah, ditambahkan air laut yang surut dan pepohonan mangrove membuat pemandangannya bukan hanya indah, tapi romantis.

Jadi pantai ini juga jadi rekomendasi tempat berlibur bersama pasangan, karena ditempat ini wisatawan akan mendapatkan momen romantis, khususnya ketika langit sore datang.

5 Mancing Ikan

Untuk yang memiliki hobi memancing, di pantai ini juga memungkinkan untuk kegiatan memancing ikan, khususnya ketika air laut mulai surut. Wisatawan bisa berjalan ke tengah, melihat dasar laut dalam keadaan dangkal airnya. Jadi selain menikmati keindahan biota laut, wisatawan juga bisa sekalian memancing ikan karang.

5 Berfoto

Setelah Mira Lesmana berhasil memproduseri film Pendekar Tongkat Emas yang salah satu lokasi syutingnya di  Walakiri, dirinya juga mempopulerkan pantai ini lewat akun instagramnya. Sejak saat itu banyak wisatawan datang berkunjung untuk membuktikan sendiri keindahan pantai ini.

Pantai ini sangat cocok dijadi tempat untuk berfoto, khusunya pada saat matahari terbenam, perpaduan antara warna langit senja dan siluet pohon mangrove terlihat sungguh artistik dan fotogenik untuk di foto dari segala arah.Pemandangannya akan sangat indah, dan tentunya hasil foto akan instagramable.

BAGIKAN

14 Ulasan dari pengunjung

  1. Gak ngerti lagi sih sama sumba. Bagusnya banget banget. Bersyukur banget dikasih rezeki sm Allah buat bisa nikmatin keindahan sumba.
    Ini pantai walakiri, terkenal dengan pohon menarinya, spot sunset paling dicari wisatawan dan disini juga terkenal sm spot hunting milky way dimalam hari. Komplit kan?!

  2. Kami mengunjungi pantai di daerah Sumba Timur yang terkenal banget dengan super sunset nya yakni Pantai Walakiri.
    Pantai Walakiri memiliki mangrove yang unik dengan hamparan pasir putih dihiasi jajaran pohon kelapa yang memberi keteduhan dan suasana nyaman saat kita berjalan menyusuri pantai ini. Saat air laut surut dan matahari terbenam kita akan disuguhi dengah view yang super keren banget berupa siluet pepohonan mangrove yg meliuk liuk seperti penari yang akan memanjakan mata kita banget.

  3. Perjalanan ke sini dari Hotel sekitar setengah jam. Tapi di sepanjang jalan yang sudah beraspal mulus itu, disuguhin pemandangan yg luar biasa.
    Perbukitan…
    Sawah…
    Hewan2 ternak… Love it! πŸ€—

  4. Dua hal yg susah ilang dr pikiran ttg daerah timur adalah langit dan sunsetnya, krn kalo sunrisenya udah jelas susah bangun jd jarang ketemu sunrise hahaha
    β€’
    Mungkin karena ngga ada polusi, sepanjang hari setiap hari langit timur tuh selalu warnanya biru tanpa awan, warna sunsetnya kuning/orange bersih banget, clear gitu, dan tentu selalu dpt golden sunrise/sunset.
    β€’
    Nah, kalo pantai ini terkenal dg sebutan Dancing Tree, karena banyak mangrove di sepanjang bibir pantai yang seolah sedang menari-nari.
    β€’

  5. Memang tempat ini Indah, Takjub dengan segala keindahan yang KAMU ciptakan yaa ALLOH…
    tidak hanya pantai, sungai, perbukitan di Sumba memang semuanya Bagus dan Indah… bingung mau mngungkapkan apalagi. Ini ni yg bikin saya susah untuk Move on dari Sumba ini. Semoga kedepannya pemerintahannya bisa mengelolah Alam Sumba yang indah ini dengan baik lagi, agar smua orang tau kalau di Sumba banyak skali Surga yang tersembunyi. 😊😍

  6. Kali ini saya ingin bercerita tentang pengalaman indah bersama keluarga tercinta @mellysendjaya @vivian_tjung @danieladam_ns di pantai Walakiri, Sumba Timur.
    Keunikan pohon bakau yg tampak sangat indah dengan bentangan langit sore yg memukau di lengkapi matahari yg terbenam membuat kami sangat jatuh cinta dengan tempat ini.
    Setelah acara festival 1001 kuda sandalwood yg terletak tidak jauh dari tempat wisata yg satu ini selesai, pantai ini langsung di datangi wisatawan. Rasa syukur pun terungkap dalam hati kami akan ciptaan Tuhan yg sangat luar biasa iniπŸ’• kebersamaan tumbuh bersama indahnya hari yg kami lewati bersama di pulau Sumba. Ketika ingin pulang, kami pun masih sempat berfoto ” bersama dengan mama asuh kami yaitu mama Yana. Tentu kami selalu mengelilingi Sumba Timur bersama om yanus yg setia mengantar kami kemana pun. Ucapan terima kasih yg besar kami sampaikan dengan ketulusan kepada Mereka yg selalu setia menemani kami.. dan juga kepada mama Rambu Ana Jawa, RAJ Love SUMBA atas balutan kain tenun khas Sumba Timur yg sangat luar biasaπŸ™πŸΌπŸ™πŸΌπŸ™πŸΌ
    Tuhan memberkati πŸ™πŸΌπŸ™πŸΌπŸ’•

  7. Pantai Walakiri adalah salah satu destinasi yang sudah banyak dikenal. Dan mjd favorit para Travellers dadakan krna pantai ini sangat mudah di jangkau.
    Kami tiba kira2 satu jam sebelum sunset. Mmg rencananya kami akan menikmati sunset di pantai ini.
    Pantai Walakiri tdk hnya cantik saat sunset saja. Saat masih cerah, terlihat pasir pantai yg putih bersih, birunya langit yg cerah, ditambah tiupan angin yg mengalun ringan daun kelapa. Semua berbaur begitu serasi.
    Sambil menikmati minuman air kelapa muda, ahh santai.. (kayak di pantai) .

  8. kami berjalan agak lambat ke ujung Walakiri, tempat pohon-pohon bakau ini berada, karena air laut sudah surut. selain itu, festival kuda Sandelwood mendatangkan ribuan orang. semua berebut ke sini, untunglah kami bersabar menunggu hingga senja benar-benar larut dan tiada orang bertahan selain kami. 🧑

  9. Jika anda mendatangi tempat ini bukan dalam waktu liburan, maka dipastikan pemandangannya lebih bagus dibandingkan ketika ramai.

    Sayangnya, saya datang ke sini ketika musim liburan tiba, dan banyak orang yang menunggu kesempatan untuk difoto ketika mentari pelan-pelan tenggelam.

    Pohon bakau atau sering disebut sebagai dancing trees membuat foto lansekap lebih menarik.

    Menu seafood pada rumah makan yang tersedia di sana, cepat habis.

  10. Pantai bagus dan masih belum baik kelolanya.. Bagus buat kalian yg ingij backpacking.. Oia jalan masuk dari jalan utama sekitar 1 km

  11. Destinasi yg bagus buat kalian para pecinta pantaaai ..
    Untuk yg suka diving ataupun berenang,sangat cocok di siang hari karena hamparan pasir putih yg luas dan air laut yg berwarna tosca 🌊
    Para pecinta sunset,disini tempat terbaik untuk menikmati sunset di sore hari di temani kopi panas,ikan bakar yg segar yg di jual d warung2 pinggir pantaai ..
    Sungguh kenikmatan aplg yg kau dustai ? πŸ˜ŽπŸ’ƒ
    Memanjakan mata dan menyejukkan hati πŸ˜‚
    Cuma 30-45 menit dri Kota waingapu. .
    Terbaiklahhh

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here