Pantai Losari

Pantai Losari
Pantai Losari

(4.7/5 dari 9 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Jl. Metro Tj. Bunga, Maloku, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90224, Indonesia

Pantai Losari adalah ikon pariwisata utama dari Kota Makassar. Saking terkenalnya, setiap kali diminta untuk menyebutkan nama tempat wisata yang wajib dikunjungi kalau ke Kota Makassar maka Pantai Losari pasti jadi nomer satu. Mungkin bila Bali memiliki Pantai Kuta, maka Makassa memiliki Pantai Losari.

Yang unik dari pantai ini adalah wisatawan tidak lagi akan menemukan adanya pasir pantai. Semua bibir pantainya telah dipugar menjadi lantai landai berlantai keramik yang cantik.

Langkah ini diambil Pemerintah Kota untuk membuat Pantai Losari yang berlokasi persis di jantung kota Makassar terlihat bersih, rapi dan nyaman tentunya.

Sebelum pantai ini dipugar, Pantai Losari memiliki julukan sebagai pantai dengan meja terpanjang di Indonesia. Hal ini dikarenakan dulu dipantai ini terjejer meja panjang milik jejeran warung yang berada di sepanjang bibir pantai.

Namun, saat ini semua warung tersebut telah dipindahkan ke tempat yang tidak terlalu jauh dari pantai.

Rute Menuju Pantai Losari

Pantai Losari terletak di sebelah barat Kota Makassar, atau tepatnya di Jalan Penghibur. Wisatawan tentunya tidak akan sulit dalam mencari lokasi pantai ini, karena pantainya yang sangat terkenal menjadikannya sudah dapat di akses dari map online.

Bila wisatawan bermula dari Bandara Hasanuddin, maka jarak yang akan di tempuh adalah sekitar 40 sampai 50 menit dengan kendaraan pribadi. Atau bila dari arah pelabuhan laut Soekarno-Hatta, wisatawan hanya akan membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja.

Harga Tiket Masuk Pantai Losari

Wisatawan tidak akan dikenakan biaya sepersen pun untuk bisa menikmati keindahan pantai ini. Karena memang dari Pemerintah Kota Makassar menjadikan Pantai Losari sebagai fasilitas umum.

Namun bila wisatawan membawa kendaraan sendiri, tentunya akan ada petugas parkir yang akan menarik iuran retribusi resmi dengan tarif yang sudah diatur Pemerintah Kota.

Walaupun gratis, ternyata fasilitas yang ada di pantai ini sangat lengkap. Wisatawan tidak akan sulit untuk mencari toilet, musholla, bahkan disediakan free wi-fi di sepanjang Pantai Losari.

Untuk fasilitas penginapan pun wisatawan tidak perlu khawatir lagi, karena banyak sekali penginapan di sekitar Pantai Losari. Wisatawan hanya tinggal memilih mana yang paling sesuai dengan budget.

Aktivitas di Pantai Losari

Pantai Losari mungkin bisa dibilang sebagai alun-alunnya Kota Makassar, karena memang pantai inilah para warga Makassar banyak berkumpul. Baik pagi maupun sore sampai malam selalu ramai pengunjung.

Karena pantainya telah dilandaikan dan dilapisi dengan keramik, maka banyak kegiatan dan acara yang meriah diadakan di bibir Pantai Losari.

Berikut ini adalah aktivitas yang bisa wisatawan lakukan di sepanjang pantai.

1. Berjalan-jalan di Sepanjang Pantai

Keindahan Pantai Losari memang terkenal saat sunset. Wisatawan akan di suguhkan dengan pemandangan yang luar biasa indah dari perpaduan cahaya orange matahari senja yang hampir tertelan lautan. Karena posisi pantainya yang agak menjorok kelautan, maka wisatawan akan melihat posisi sunset berada persis di laut.

Selain sunset yang indah, banyak spot foto unik yang bisa wisatawan manfaatkan untuk mengambil gambar. Salah satu yang paling banyak diincar oleh wisatawan adalah spot dengan tulisan “Pantai Losari”. Tentunya belum afdol bila belum berfoto di depan spot ini.

2. Mengunjungi Mesjid Terapung Pertama di Indonesia

Mesjid Amirul Mukminin Pantai Losari
Mesjid Amirul Mukminin © Firdaus Wijayaatmaja

Wisatawan akan menemukan sesuatu yang unik kala berkunjung ke Pantai Losari. Apa lagi kalau bukan mesjid terapung yang pertama di Indonesia.

Mesjid ini dinamakan Mesjid Amirul Mukminin. Keunikan lainnya adalah mesjid ini berbentuk seperti rumah panggung tradisional Makassar.

Mesjid yang diresmikan pada tahun 2009 oleh Bapak Wakil Presiden Yusuf Kalla ini pastinya wajib wisatawan kunjungi.

3. Wisata Kuliner

Tentunya bila berkunjung ke satu lokasi wisata, rasanya akan ada yang kurang bila belum mencicipi masakan khas daerah tersebut. Di sekitar Pantai Losari wisatawan akan dapat menemukan banyak sekali spot kuliner yang luar biasa enaknya.

Apalagi kalau memang wisatawan adalah penggemar seafood. Tentunya akan dimanjakan dengan kesegaran dan kenikmatan dari masakan khas Makassar.

Namun bukan hanya seafood masakan khas Makassar. Wisatawan bisa mencicipi sop konro, coto makassar, es pallu butung, es pisang ijo dan lain-lainnya.

Selain itu, semakin malam, akan semakin banyak di temuni penjaja makanan ringan khas Makassar, pisang epek. Yaitu pisang kepok yang di gepengkan, lalu dibakar diatas arang. Dan disajikan dengan siraman kuah gula merah. Dijamin akan menggoda lidah wisatawan untuk terus mengunyah.

Apakah tertarik untuk berwisata ke Pantai Losari? Selain wisatawan menikmati keindahan pantai, di sekitar pantai ini berjajar banyak toko souvenir yang menjajakan oleh-oleh khas Makassar. Mulai dari makanan ringan sampai perhiasan emas.

Kunjungi Indonesiamu, jelajahi setiap jengkalnya, karena negeri ini terlalu luas untuk hanya berdiam diri di rumah. Salam berwisata.

9 Ulasan

  1. Pantai ini berada di kota Makassar, namun jangan berfikiran anda menemukan pantai yg memiliki pasir putih di pantai ini, karena telah mengalami reklamasi, namun tempat ini sangat cocok buat tempat bersantai keluarga menikmati jajanan pisang epe aneka rasa, tempat ini juga sudah sangat baik di karenakan anda tidak akan lagi menemukan pengamen dan pengemis di tempat ini

  2. Tidak lengkap rasanya jika ke Makasar tidak berkunjung ke pantai Losari. Beberapa tahun terakhir pantai Losari disulap.menjadi area yang semakin nyaman dan indah untuk dikunjungi. Banyak tempat yang bagus untuk dijadikan lokasi berfoto. Di sini ada ikon-ikon dari seluruh wilayah kabupaten di sulawesi selatan. Di sini juga tersedia banyak jajanan kuliner khas makasar. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke lokasi ini adalah sore hari dan malam hari. Samabil menunggu sunset dan melihat lampu taman.

  3. Tempat yang wajib dikunjungi jika berada di kota makassar. Jika lapar dan berniat mencoba kuliner khas makassar jangan khawatir karena di sepanjang jalan pinggir pantai banyak tempat makan yang menyediakan makanan khas kota ini. Ngak cuma makanan berat Jajanan khas kota makassar juga banyak ditemukan di sepanjang pantai losari ini. Untuk sekedar melihat sunset disni merupakan spot terbaik jika cuaca sedang cerah.

  4. Pantai losari merupakan spot wisata yang wajib dikunjungi jika sedang berkunjung ke kota makassar, di sepanjang pantai losari dibuat taman dimana disana sambil duduk mau sekedar berjalan jalan bisa menikmati pemandangan laut, dan banyak spot untuk berfoto sebagai kenangan, dimulai dr masjid apung, kemudian tulisan pantai losari makassar, jika lapar di seberang area taman pantai losari tersedia spot spot pengganjal perut yang butuh untuk diisi, ada court jajanan khas makassar yaitu pisang epe, di seberang taman ada kafe kafe yang menyediakan makanan dan minuman

    Menikmati wisata di pantai losari bisa di waktu kapanpun, pagi hari, siang hari , maupun sore dan malam hari, di waktu yang berbeda menikmati pesona yang berbeda, kebanyakan pengunjung datang di saat mulai sore, sembari mencerna udara sore, pantai losari ini ada fenomena yang selalu dinanti, yaitu matahari terbenam atau sunset, pantai yang menghadap ke barat ini menjadi posisi yang sangat strategis untuk menikmati terbenamnya matahari, sambil menikmati penganan yang sudah disiapkan oleh masing masing pengunjung.

    Pertama kali ke pantai losari di tahun 1989 hampir 20 tahun yang lalu, tentu sangat berbeda dengan berkunjung kembali di tahun 2018 ini, terutama, dulu sangat menikmati bisa bermain pasir alami dan bermain air di pantai sambil menanti matahari terbenam, area berpasir ini berubah menjadi anjungan berubin 😊😊 , sekarang saya belum menemukan spot itu, next visit saya coba mencarinya..😊😊

  5. Bagus, tempat berkumpulnya mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, banyak event, tempat ibadah juga tersedia, tempat makan bertebaran dimana-mana, dekat pusat perbelanjaan oleh-oleh, hotel tersedia para wisatawan tinggal pilih saja mau yang fasilitasnya seperti apa. Sayangnya….pantainya kotor, sekitarnya juga banyak sampah. Mulai dari diri sendiri dulu untuk sadar kebersihan. Dijamin lebih sedap dipandang kalau lebih bersih 🙂 🙂

  6. Dari jauh si enak panoramanya. Tapi kalo dah berdiri dekat pantai, bau sampahnya aga menyengat, sampah everywhereee in every corner of losari. Pinggiran losari itu penuh dengan sampah dan warna airnya tu item. Masyarakat itu belum sadar betapa pentingnya buat buang sampah pada tempatnya dan ujung-ujungnya malah nyalahin pemerintah. Tapi yah, buat wisata kuliner, boleh lah. Banyak banget tu berjejer di sekitar pantai. Dari harga yang affordable sampe yang lumayan pricey but worth it.

  7. Pantai losari adalah pantai yg terbesar,terlengkap,terfavorit,terindah di sulawesi selatan. Suasananya nyaman dan menyenangkan. Parkiran luas, nyaman dan aman. Selamat berekreasi bersama keluarga, teman 2 ,dll. Smoga sukses slalu. Thanks

  8. Pantai yang indah apalagi di kala sunset, pantai losari menjadi tempat berkumpul orang ramai, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan yg sudah lanjut usia. Selain itu juga kita juga bisa kulineran dg aneka olahan pisang, best lah pokoknya

  9. Sangat menyenangkan berada disini. Tempatnya damai dan tenang. Paling pas buat foto-foto juga menikmati ketenangan. Banyak tempat yang bisa dijadikan obyek foto-foto karena disetiap titik terdapat patung khas Makassar termasuk patung tulisan Toraja, Losari dan beberapa lainnya. Yang jadi kekurangan adalah kebersihan, meskipun telah disediakan tempat sampah masih banyak sampah yang berceceran. Tidak terlihat adanya penjaga kebersihan.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here