Pantai Ciputih

Ujung Kulon National Park, Kertamukti, Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten 42283

Pantai Ciputih
Pantai Ciputih / Rini Panggabean

(4.4/5 dari 8 Pengunjung) Baca ulasan

Di ujung barat pulau Jawa yaitu Banten, nyatanya masih banyak tersimpan tempat wisata pantai yang jarang diketahui wisatawan. Salah satunya adalah Pantai Ciputih yang berada di daerah Sumur, Pandeglang, Banten.

Letak pantainya yang jauh dari pusat kota dan juga terpencil, menjadikan Pantai Ciputih ini sering disebut-sebut sebagai surga tersembunyi di Banten, dengan menyajikan pemandangan pasir pantai dan lautan yang masih asri dan alami.

Nah, bagi wisatawan yang bosan berlibur ke sebuah pantai yang mayoritas padat pengunjung seperti Pantai Carita dan Pantai Tanjung Lesung, maka Pantai Ciputih ini adalah pilihan yang tepat, meskipun perlu sedikit perjuangan dan lebih banyak waktu yang tersita untuk menjangkau lokasi pantainya.

Simaklah beberapa ulasan dan informasi lain dari Pantai Ciputih ini, agar bisa menjadi sumber referensi sebelum berkunjung.

Deskripsi Pantai Ciputih

ciputih resort beach
Pemandangan pantai / adi nurwansyah

Pantai Ciputih atau juga bisa disebut dengan Pantai Tanjung Ciputih secara administratif masuk ke wilayah Ds. Kertamukti, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang, Banten. Memang jika dilihat dari ketinggian pantai ini terletak di sebuah tanjung yang menganjur ke laut selat Sunda.

Sesuai dengan namanya Pantai Ciputih memiliki pasir yang berwarna putih dan halus, permukaan pantainya yang landai dan memanjang dari selatan ke utara. Beberapa pohon kelapa dan tumbuhan lain di belakangnya juga turut menghiasi pantai ini dengan gradasi warna hijau, pasir putih, dan biru air laut.

Berbeda dengan ombak laut di selatannya Banten, kondisi ombak di pantai ini relatif lebih kecil dan tidak terlalu didominasi karang besar. Sehingga cukup aman aman untuk aktivitas berenang bersama anak-anak namun tetap harus berhati-hati.

Meskipun berada di daerah terpencil namun disini sudah tersedia dan menjadi satu-satunya resort yang diberi nama Ciputih Beach Resort. Menawarkan akomodasi penginapan dan beberapa fasilitas lain untuk wisatawan yang ingin bermalam di pantai yang dekat dengan Taman Nasional Ujung Kulon ini.

Rute Menuju Lokasi

Sebenarnya untuk akses menuju lokasinya sendiri tidak terlalu sulit bisa dilalui dengan kendaraan apapun. Hanya saja medan jalan yang tidak terlalu bagus dan jaraknya yang jauh dari pusat kota, menjadikan perjalanan akan terasa sedikit melelahkan.

Jika berangkat dari kota Jakarta dapat ditempuh selama kurang lebih 5 – 6 jam perjalanan, dengan menggunakan rute Jakarta – Serang – Pandeglang menuju Panimbang – sumur, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Pantai Ciputih. Atau Bisa juga melalui jalur Rangkasbitung menuju Pandeglang.

Untuk yang memulai perjalanan dari Kota Cilegon, lebih dekat jika menggunakan Rute Cilegon melalui Jl. Raya Anyer – Jl. Raya Tanjung Lesung – Panimbang – Sumur – Pantai Ciputih. Sekitar 120 KM atau 3 jam perjalanan saja.

Harga Tiket Masuk

Ada 2 opsi untuk memasuki area bibir pantai, yaitu menuju Resots Ciputih dengan fasilitas lengkap dan area pantai yang belum tersedia fasilitas apapun. Untuk harga Tiket masuk dan parkirnya masih terbilang ekonomis.

Tiket MasukHarga
Hari biasa dan akhir pekanRp20.000
Parkir motor di area Resort CiputihRp10.000
Parkir Mobil di area Resort CiputihRp20.000
*Untuk parkir di luar area Resort Ciputih tidak kenakan tarif apapun.

Hal Menarik

Setiap pantai dimanapun tentu mempunyai keunikan dan keindahannya sendiri yang jadi daya tarik wisatawan. dan berikut ini adalah ulasan mengenai hal menarik di Pantai Ciputih.

Menikmati Pemandangan

Memanjakan mata dengan menatap indahnya hamparan pasir putih dan birunya laut sambil duduk santai di bawah pohon kelapa atau di atas hamparan pasir putih, adalah hal pertama yang biasa dilakukan wisatawan sewaktu tiba di Pantai Ciputih.

Agar lebih maksimal menikmati pemandangan, datanglah ketika cuaca sedang cerah dan di waktu terbaik seperti pagi antara jam 07.00 sampai 10.00, dan sore hari di jam 15.00 sampai 17.30.

Bermain Pasir

Kegiatan bermain pasir di pantai ini juga umum dilakukan wisatawan yang datang. Membuat miniatur bangunan atau menggali pasir seukuran badan dan mengubur diri merupakan hal yang menyenangkan. Tekstur pasir lembut dan bersih sehingga sangat ramah dan aman untuk anak-anak sekalipun.

Sangat disarankan agar membawa peralatan bermain pasir dari rumah, karena di Pantai Ciputih ini belum tersedia penjual atau yang menyewakan perlengkapan berenang.

Berenang

Tidak lengkap rasanya ketika berlibur ke pantai tidak menyeburkan diri ke air laut. Berenang atau sekedar bermain air di tepian pantai selalu menjadi momen liburan yang sulit dilupakan, apalagi jika melakukannya bersama teman, keluarga, hingga bersama pasangan yang terkesan lebih romantis.

Meskipun kondisi ombaknya yang tidak terlalu besar, namun tetap harus memperhatikan kondisi laut dan cuaca sebelum berenang. Ketika angin kencang dan ombak besar sangat tidak direkomendasikan untuk berenang di pantai.

Nah, Jika tidak ingin berenang di air laut, tersedia juga sebuah kolam renang di area Resort Ciputih yang bisa menjadi alternatif. Cukup merogoh kocek kisaran Rp10.000 – Rp20.000 saja sudah bisa berenang di kolam sepuasnya.

Swafoto

Mengabadikan momen ketika liburan adalah suatu hal yang tidak boleh dilupakan, apalagi dengan pemandangannya yang sangat bagus seperti di Pantai Ciputih. Nuansa pantai yang sepi layaknya pantai milik pribadi, kondisi alam masih bersih dan alami yang akan membuat hasil foto semakin estetik.

Ada banyak titik di Pantai Ciputih dengan latar belakang yang Indah, semisal di bagian bibir pantai di sebelah timur ada pasir putih dan pohon kelapa, lalu di sebelah barat bibir pantainya lebih didominasi batuan karang. Selain itu ada banyak miniatur menara Eiffel dan jembatan ke bagian tengah laut.

Snorkeling

Untuk yang gemar menjelajahi alam bawah laut, maka jangan sampai lupa untuk mencoba snorkeling di Pantai Ciputih. Berkenalan dengan biota bawah laut seperti terumbu karang, tumbuhan laut dan bermacam jenis ikan laut

Maka dari itu bawalah perlengkapan snorkeling dari rumah atau setidaknya membeli terlebih dahulu di perjalanan. Karena kemungkinan di sekitar pantai ini belum ada yang menyewakan apalagi menjual perlengkapan tersebut.

Untuk menuju spot snorkeling terbaik bisa menyewa perahu kecil seharga Rp500.000 per satu hari.

Menikmati Sunset

Letak Pantai Ciputih yang menghadap ke sebelah barat, sangat memungkinkan dijadikan sebagai spot untuk menikmati matahari terbenam atau sunset di sore menjelang malam.

Sayangnya, pemandangan yang memukai ini hanya bisa dinikmati ketika cuaca sedang cerah dan awan tidak mendung saja, untuk itu pastikan cuaca bagus sebelum berkunjung kesini ya.

Camping

Terdapat beberapa lokasi di sekitar pantai yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk mendirikan Tenda. Pilihlah area yang agak jauh dari air laut dan tidak terlalu dekat dengan semak-semak.

Melakukan Camping di Pantai Ciputih bisa dilakukan kapanpun, sebab pantai ini relatif sepi di hari biasa maupun di akhir pekan. Keadaan terlalu ramai tentu bisa membuat tidak nyaman.

Memancing Ikan

Untuk yang memiliki hobi memancing di laut, maka tidak ada salahnya untuk mencobanya di Pantai Ciputih. Pilih waktu yang tepat seperti bulan Maret s/d Juli dan November s/d Desember, karena di bulan-bulan itu cuaca, arah angin, dan kondisi arus air cukup bagus untuk memancing.

Untuk lokasi memancing bisa dilakukan di tengah laut dengan menyewa perahu nelayan. Namun jika enggan ke tengah laut bisa mancing di bagian bibir pantai, tepatnya di area yang banyak batuan karangnya.

Bermalam di Ciputih Resort

ciputih resort ujung kulon

Jangan khawatir apabila tidak sempat membawa perlengkapan tenda untuk bermalam, karena di pantai ini sudah tersedia resort bernama Ciputih Beach Resort yang bisa di tempati untuk bermalam.

Ciputih Resort merupakan penginapan di Ujung Kulon yang menyediakan beberapa tipe kamar, lokasinya tidak jauh dengan bibir pantai sehingga memiliki beberapa kamar dengan pemandangan langsung ke pantai.

Mulai harga Rp200.000 sampai Rp500.000 pengunjung sudah bisa menginap dengan fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa kamar sudah tersedia AC, Kulkas, TV, dan tempat tidur yang nyaman, dan juga di luar tersedia kolam renang hingga tempat makan yang lezat.

Tips Berkunjung ke Pantai Ciputih

Beberapa tips berikut yang mungkin bisa bermanfaat sebelum merencanakan liburan ke Pantai Ciputih, diantaranya :

  • Gunakan Aplikasi penunjuk jalan di smartphone seperti maps google, waze, dll. Agar lebih mempermudah saat menuju Pantai Ciputih.
  • Cek juga perkiraan cuaca sebelum berangkat, cuaca buruk akan mengacaukan momen liburan.
  • Bawalah uang tunai, karena mesin ATM disini cukup jauh lokasinya.
  • Bawalah perlengkapan berenang, snorkeling, dan bermain pasir dari rumah.
  • Jika ingin berenang pastikan agar tidak terlalu ke tengah, apalagi untuk yang baru pertama kali mencobanya.
  • Sebelum membeli atau menggunakan jasa, tanya terlebih dahulu mengenai harganya
  • Jagalah kelestarian alam di Pantai Ciputih, dengan tidak merusak dan tidak membuang sampah sembarangan.

Kekurangan Pantai Ciputih

Meskipun Pantai Ciputih ini memiliki banyak keindahan yang menakjubkan, namun ada juga kekurangan dari pantai ini yang di keluhkan oleh wisatawan. Terutama mengenai fasilitas dan pelayaran resort yang kurang memuaskan, mungkin ini dikarenakan pantai ini belum terlalu banyak pengunjung sehingga dari segi fasilitas dan pelayanan belum cukup baik.

Selain itu beberapa pengunjung juga mengeluhkan hal berikut:

  • Juga beberapa jembatan menuju ke pantai dalam keadaan rusak dan perlu ada perbaikan
  • Masih ada pungli dari petugas kebersihan

Demikian ulasan mengenai Pantai Ciputih, jika terdapat informasi yang keliru atau memiliki pengalaman berbeda saat berkunjung, maka bisa kirimkan ulasannya di bawah ini.

BAGIKAN

8 Ulasan dari pengunjung

  1. Jalanan menuju ke sana beraspal, mulus dan lebar. View dari kamar langsung menghadap laut dan dermaga, Pasir halus dan gak ada karangnya. Pantai tidak dalam, bisa buat berenang. Menu di restoran lumayan beragam dan harga yang masih terjangkau 30-45 ribu rupiah. chefnya baik, waktu itu makanan yg saya pesan sedang kosong tapi dia menawarkan untuk memasak di luar menu sesuai dengan bahan yang ada

  2. Pemandangan dan pantainya luar biasa. Masih jarang pengunjung jadi sepi. Enak. Kamar besar, AC dingin. Kmrn dapat kamar nomer 15. Pas menghadap kolam renang. Fasilitas dan pelayanan standarlah. Susah banget cari makan. Tapi petugas menawarkan diri untuk membelikan baik makan malam, siang maupun sarapan. Tapi jadi kurang praktis. Kupikir krn Covid maka resto gak beroperasi. Atau mungkin disediakan dapur umum dimana yg menginap bisa masak sendiri. Gak disediakan pemanas air tapi boleh minta air panas untuk ngopi. Pokoknya kurang praktislah. Untungnya pemandangan luar biasa. Jadi semua terbayar oleh pemandangan. Potensi yg besar bila diolah dengan benar.

  3. Berasa privat holiday banget karena kebetulan weekday pas kesana dan lagi nggak boleh ada kunjungan untuk umum kecuali yang ngambil kamar.
    Tempatnya jadi jauh lebih bagus, bersih, terawat, dan rapih. Kamarnya juga nyaman. Pantainya masih sama, bersih tanpa karang.
    Sayang restorannya belum buka jadi saran yang mau nginep bekel makanan atau cemilan yang banyak karena warung makan terdekat butuh waktu tempuh kurang lebih 30 menit dengan kendaraan.
    Ohiya jaringan XL, Smartfren, 3 sama telkomsel nggak ada disini. Kayaknya lebih mendukung pake Indosat.
    Jauh lebih better kalo dari resortnya mau nyediain fasilitas wifi.
    Untuk jalan menuju resort udah bagus. Hanya di beberapa jembatan aja yang masih cukup parah.
    Tapi overall buat yang mau bener bener ‘liburan’ ini recommended sih. Dan lebih baik telpon dulu ya sebelum kesana 😉

  4. Bagus.. pantainya bersih perawatan di sekitar homestay juga rapih dan bersih.. elegant.. namun Masih belum banyak dikenal Karena jauh dari keramaian dan akses jalan yang masih kurang Bagus

  5. Pantai dengan pasir putihnya ditambah ikon menara menjadi daya tarik tersendiri
    Sayang tiket masuknya terlalu mahal

  6. Pantainya bersih.. suasananya tenang, nyaman…cocok banget kalau ingin relax, melipir sejenak dari keramaian Ibukota.. hanya saja karena liburan pas masa pandemi, makanannya kurang ok. agak susah cari makanan enak diseputaran situ.. jadi harus bawa bekal yaaa..😁 selebihnya ok..
    oiya.. akses jalan kesana mohon kepada Pemerintah setempat bisa diperbaiki.. supaya semakin banyak wisatawan yang berkunjung..

  7. Tempat nyaman, pasir pantainya putih alus, enak buat main anak2 atau keluarga, bagi yg hoby mancing juga oke. Spotnya banyak.
    Aksesnya agak jauh dari jakarta tapi jangan khawatir jalannya bagus kok. Hanya sebelum tj lesung aja jalannya belum diaspal.(baru pemadatan).

  8. Untuk view senja keren banget.
    Kolam berenangnya ga perih juga ke mata.
    Ombaknya bagus dan besar.
    Harga masuk per orang nya 20.000
    Kalau hanya sekedar main lebih baik weekday kesana. Karena kalau weekend ga bisa masuk kecuali untuk menginap.
    Minus nya gak ada mushalla. Jadi kita shalat dipinggir kolam renang bawa mukena dan sajadah pribadi.
    Untuk pelayanan disana ramah.
    Semoga ke depannya lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan ke Oktari “Kang Okta” Dwiyanto Batal balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here