Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria
ig : @chichokece

(4/5 dari 15 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Teleng Ria, Balong, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63514

Berbicara tentang wisata-wisata yang ada di Pacitan memang tidak ada habisnya, terutama wisata pantai. Ada banyak pantai-pantai indah dan mempesona yang bisa dikunjungi saat berada di Kota Pacitan, salah satunya yaitu Pantai Teleng Ria yang berjarak tak jauh dari pusat kota Pacitan. Hanya 3,5km atau sekitar 5 menit perjalanan saja, anda sudah bisa sampai di Pantai Teleng Ria.

Lokasi pantai ini langsung berhadapan dengan Pantai Selatan, hamparan pasir putihnya yang membentang sejauh 3 km serta pemandangannya yang dikelilingi oleh gunung membuat pantai ini sangatlah indah.

Pantai dengan luas sekitar 40 ha ini awalnya bergabung satu bersama dengan Pantai tamperan dan kemudian terpisah atau di dalam bahasa jawa berarti “teleng”. Tertarik mengunjungi wisata pantai Teleng Ria, anda bisa melihat penjelasan di bawah ini

Rute Menuju Pantai Teleng Ria

Seperti yang dijelakan sebelumnya, lokasi Pantai Teleng Ria tak begitu jauh dari pusat kota, hanya dibutuhkan waktu sekitar 15-30 menit perjalanan. Di sepanjang perjalanan menuju lokasi pantai, anda akan disuguhkan dengan pemandangan pegunungan yang mempesona.

Ditambah lagi dengan jalanan perbukitan yang berkelok-kelok membuat perjalanan semakin tambah seru. Lokasi pantai ini berada di Kec. Pacitan, tepatnya berlokasi di Desa Sidoharjo.

Pengunjung yang berasal dari arah Surabaya, bisa mengambil rute dari Mojokerto. Sedangkan bagi yang berasal dari arah kota Solo dan Yogyakarta, bisa menggunakan rute Solo-Pacitan. Dan untuk yang berasal dari Jawa Tengah, bisa menggunakan jalan Nasional III.

Harga Tiket Masuk Pantai Teleng Ria

Untuk bisa menikmati pesona keindahan yang ada di Pantai Teleng Ria, pengunjung yang datang dapat membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang (hari biasa) dan Rp 15.000 (hari minggu/libur).

Dan bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, bisa membayar tarif parkir Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Harga tiket masuk ke Pantai Teleng Ria ini cukup terjangkau, apalagi dengan fasilitas-fasilitas umum yang diberikan cukup lengkap.

Harga tiket masuk Pantai Teleng Ria Pacitan cukup terjangkau dibandingkan dengan pemandangan dan keindahan wisatanya.

Aktivitas di Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup ramai dikunjungi di Pacitan, terutama saat musim liburan tiba.

Hal ini tak hanya dikarenakan pemandangan pantai nya yang sangat indah, namun juga fasilitas-fasilitas yang tersedia di sekitaran pantai juga cukup lengkap dan membuat pengunjung nyaman saat berlibur di pantai ini.

Selain itu, pengunjung juga dapat melakukan berbagai macam  aktivitas menarik yang semakin membuat liburan seru dan menyenangkan seperti di bawah ini:

1. Renang, Surfing Dan Diving

Kondisi ombak yang ada di pantai Teleng Ria memang cukup besar serta air lautnya yang biru jernih memang sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk aktivitas air yang menyenangkan.

Mulai dari berenang, surfing, hingga diving menjadi pilihan aktivitas yang menarik untuk dicoba. Tak mengherankan jika banyak wisatawan asing yang berlibur dan mencoba berbagai aktivitas seru tersebut.

Ombak pantai ini memang terbilang besar, akan tetapi aman karena karakter ombaknya yang tidak menyeret saat sudah berada di bibir pantai. Jika pengunjung ingin mencoba surfing namun tidak membawa perlengkapan, tak perlu khawatir karena terdapat jasa sewa peralatan diving dan surfing yang dikelola oleh pihak pengelola dengan tarif Rp 50.000-70.000/orang.

2. Bermain Di Waterpark

Dekat dengan kawasan Pantai Teleng Ria, terdapat wahana waterpark yang hadir dan makin melengkapi liburan bersama keluarga. Terutama bagi pengunjung yang membawa anak-anak, karena ombak laut nya yang cukup besar maka waterpark bisa menjadi wahana bermain air alternatif.

Untuk bisa masuk ke waterpark ini pengunjung dapat membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang.

3. Mengunjungi Hutan Cemara

Udara yang ada di sekitar pantai Teleng Ria memang terbilang sejuk karena banyaknya rerimbunan pohon hijau yang ada di sekitarnya. Rimbunan pohon ini sebenarnya merupakan sebuah hutan yang dipenuhi dengan pohon cemara.

Hutan cemara ini tumbuh dan terbentuk secara alami tak hanya membuat pemandangan sekitar pantai menjadi asri namun juga berfungsi untuk melindungi kawasan sekitar dari bahaya abrasi.

4. Trekking Gunung Limo

Yang membuat pantai Teleng Ria ini tampak indah dan menarik adalah karena lokasinya yang diapit Gunung Limo dan membuatnya terlihat seperti huruf U.

Bagi pengunjung yang menyukai aktivitas-aktivitas yang memicu adrenalin, bisa mencoba untuk trekking hingga ke puncak gunung Limo. Sesampainya di puncak gunung, suasana yang anda rasakan tentunya akan berbeda. Anda bisa duduk menikmati pemandangan sekitar sambil ditemani hembusan angin yang sangat sejuk.

5. Membeli Ikan Segar

Jangan lupa untuk membeli ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat saat berada di pantai Teleng Ria. Disini terdapat tempat pelelangan ikan yang menjual ikan -ikan laut segar dan pastinya dengan harga yang sangat murah.

Setelah membelinya, anda bisa membawanya ke warung-warung makan terdekat untuk diolah. Menikmati sajian kuliner laut yang segar sambil menikmati keindahan pantai yang mempesona, tentunya akan menjadi pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Nah itu tadi hal-hal menyenangkan yang bisa dilakukan ketika mengunjungi wisata Pantai Teleng Ria. Jangan lewatkan wisata pantai yang satu ini saat berada di Kota Pacitan.

BAGIKAN

15 Ulasan dari pengunjung

  1. View pantainya biasa saja si, ya kayak pantai, yang menggoda disini menurut saya adalah kuliner pasar ikan asapnya, tersedia berbagai macam ikan dengan olahan goreng maupun asapnya enak iya murah pula yang mahal cuman biaya masuk ke pantainya.. heemmm, kalo mau kesini dengan tujuan pasar ikannya mendingan jalan kaki aja deh, wkwkwkwk lapor ke pak penjaganya cuman mau beli ikan aja pak. :v

  2. cocok untuk liburan sekeluarga, banyak pilihan spot untuk main² atau berswafoto. ada delman yg senantiasa untuk diajak keliling pantai, ditambah lagi taman cemara disekitar pantai sejuk nyaman untuk berteduh, sambil makan² dibawahnya adem..
    tiket relatif murah sesuai dengan fasilitas yg ada dipantai, dan masih ada sedikit sampah² disekitar pantai.

  3. Pantai teleng ria, lokasi pantai tidak terlalu jauh dari pusat kota pacitan. Suasanya nyaman sebagai tempat piknik keluarga banyak pohon pinus dan terdapat pasar ikan goreng hasil tangkapan nelayan. Enjoy your holiday

  4. Salah satu alternatif pantai selatan selain jogja. Ombaknya tidak terlalu besar karena terletak di cekungan/teluk. Tempat makan tersedia di resto sea view maupun di warung masyarakat sekitar. Afaik tiket masuk 10rb hari biasa,15rb hari libur, parkir roda dua 3rb dan roda empat 5rb

  5. Pantai yang paling dekat dengan kota pacitan.Pantai ini rindang dengan pohon cemara di sekitar pantai.sayang pasir pantai kurang cocok untuk bermain pasir. Jika ingin bermain air ada water park di area pantai. Ada juga bendi yang disewakan bila ingin berkelilinglah di sekitar pantai.

  6. Lumayan bagus.. Ada bendi.. Semacam delman berpenumpang 2 yg jalannya menusuri pinggir pantai, dg tarif 30rb.. Banyak toilet.. Cuma yg jualan sepi..

  7. Akses jalan dari ponorogo ke pantai telengria ini memang cukup jauh, tapi jalan sudah mulus. Tiket masuk relatif murah, fasilitas seperti masjid, toilet, lengkap. Bahkan ada waterpark juga di sini. Pantai bersih, untuk bermain air ada beberapa spot yang airnya cukup bening.

  8. Buat nyore… Asik nih pantainya…. Bersih, nyaman recomended buat liburan keluarga. Apa lagi yang punya anak kecil… Bakalan seneng….

  9. Pantainya bagus. Bersih. Dan ombak bersahabat. Tempat parkir luas tp berpasir sehingga untuk mobil disarankan parkir di atas paving. Agar tidak kejebak di pasir. Usahakan datang malam hari dan melihat sun rise di pagi hari. Good jobs

  10. tempatnya bagus, ada bendi, hammock, hutan cemara, payung teduh, mirip diteluk. disekitarnya ada perbukitan atau pegunungan. deket dengan waterpark, biasanya sudah sepaket untuk tiket masuknya. pas kesana tgl 29 september 2018 harga tiket masuknya 55ribu untuk 1 mobil dengan 3 penumpang sudah termasuk parkir dan tiket terusan ke waterpark. boleh dicoba untuk wisata keluarga selain pantai klayar di pacitan.

  11. Tempatnya indah, banyak penjual ikan, udang, bahkan kepiting juga ada. Toiletnya juga ada, musholanya besar. Jangan lupa untuk buang sampah di tempatnya

  12. Pantai unggulan kota pacitan,, sangat dekat dengan pusat kota, akses sangat mudah sekali. Hanya perlu menempuh perjalanan selama 10 menit untuk dapat tiba di pantai Teleng Ria ini.

    Jika Anda memulai perjalanan dari kota Jogjakarta, maka waktu tempuh perjalanan adalah sekitar 2.5 jam dengan menyusuri jalan di jalur selatan Pulau Jawa melalui Wonosari. Jika Anda dari Solo, perjalanan akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam melalui kota Wonogiri untuk dapat tiba di Pacitan. Sementara bila dari Anda dari kota Surabaya, waktu perjalanan yang dibutuhkan mencapai hingga 6 jam dengan melewati beberapa kota, di antaranya adalah Mojokerto – Jombang – Nganjuk – Madiun – Ponorogo.

    Pasirnya berwarna hitam dan tergolong landai, tapi tetep hati hati karena ombak besar, disekitar pantai banyak warung yang berjualan hasil olahan ikan laut, terutama ikan tuna, untuk tiket masuk Rp. 15.000,- rasanya kurang sepadan jika dibandingkan pantai pantai cantik lainya di pacitan.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here