Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung
@wmikhsan

(4.8/5 dari 19 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Pringkuku, Ketro, Watukarung, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552

Kota Pacitan memang dikenal sebagai salah satu kota tujuan yang paling banyak dipadati wisatawan saat musim liburan tiba. Tak lain ini dikarenakan wisata-wisata di Pacitan yang memang menawan dan menarik untuk dikunjungi.

Pacitan memiliki banyak sekali pantai-pantai yang populer dan bisa anda datangi untuk mengisi hari libur anda. Salah satunya yaitu Pantai Watu Karung yang populer dengan bongkahan batu karangnya yang indah. Pantai ini dikelilingi dengan perbukitan karang yang dihiasi dengan sabana hijau.

Pemandangan pantai juga semakin cantik dengan hamparan pasir putihnya yang luas dan mempesona. Pantai ini masih sangat alami dan tidak begitu ramai dikunjungi sehingga sangat cocok jika anda mencari tempat wisata yang nyaman dan tenang.

Bahkan pantai Watu Karung ini juga sudah populer hingga ke mancanegara berkat Bruce Irons, peselancar internasional yang mengabadikan momen saat sedang berada di wisata Pantai Watu Karung.

Alhasil saat ini banyak orang yang sudah mengetahui wisata pantai ini dan tertarik mengunjunginya.

Rute Menuju Pantai Watu Karung

Meskipun pantai ini memang belum terlalu ramai, namun Pantai Watu Karung sudah populer di kalangan wisatawan, terutama bagi mereka yang gemar berolahraga selancar.

Namun sayangnya, akses untuk menuju pantai ini terbilang tidak mudah. Berada di Desa Limasan, Kab. Pacitan, Jawa Timur, pantai ini berjarak kurang lebih 40 km dari pusat kota Pacitan.

Karena belum ada angkutan umum yang menuju lokasi wisata, maka pengunjung yang ingin datang ke Pantai Watu karung diharapkan menggunakan kendaraan pribadi, baik itu roda dua maupun roda empat.

Ada 2 rute yang bisa anda akses untuk bisa menuju pantai Watu Karung, antara lain:

  • Melalui jalur Pacitan-Solo, anda bisa melewati Jogja dan kemudian melalui Gunung Kidul Solo dan Ponorogo, atau
  • Jalan pintas melalui Desa Sedeng

Anda juga harus waspada dan berhati-hati selama perjalanan karena rute jalan yang menuju Pantai Watu Karung memang terbilang sempit dan belum halus. Masih banyak lubang-lubang yang ada di sepanjang perjalanan.

Selain tiu anda juga akan menemukan tikungan dan tanjakan yang cukup curam. Sehingga dibutuhkan kewaspadaan dan berhati hati saat sedang berkendara menuju Pantai Watu Karung,

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Karang

Bagi pengunjung yang datang mengunjungi Pantai Watu Karung, anda tak perlu membayar biaya tiket masuk sekalipun alias gratis.

Pantai ini juga buka 24 jam non stop sehingga wisatawan yang datang dapat menikmati keindahan dan suasana pantai dengan lebih leluasa.

Yang terpenting adalah tetap jaga kebersihan pantai dan keleastarian alam beserta ekosistem yang ada di kawasan Pantai Watu Karung. Jangan lupa pula untuk tetap waspada terhadap diri masing-masing.

Aktivitas Pantai

Tak hanya bisa menikmati keindahan pantai Watu Karung yang memang mempesona. Pengunjung yang datang pun juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang menyenangkan seperti di bawah ini.

1 Diving Dan Surfing

Surfing di Pantai Watu Karung
@gianlucaprosperi

Ombak pantai Watu Karung memang terbilang besar dan sangat cocok bagi anda yang ingin mencoba diving maupun surfing. Hanya saja, anda perlu membawa peralatan sendiri karena disini belum tersedia tempat sewa perlengkapan menyelam atau surfing.

Ombak yang besar ini juga terbilang aman, karena karakter ombak yang tidak menyeret saat sudah berada di bibir pantai. Sehingga jika anda ingin sekedar berenang pun, sangat aman untuk dilakukan.

2 Camping

Perbukitan karang yang ada di pantai ini menjadi spot favorit bagi para pengunjung yang ingin berkemah. Dan tak hanya itu saja, spot ini juga sangat epik untuk melihat pemandangan sunset maupun hanya ingin mendengarkan deru ombak pantai saja.

Meskipun medan yang ditempuh juga cukup sulit, namun tidak menjadi penghalang bagi para pelancong untuk bisa sampai di perbukitan karang. Apalagi bagi mereka yang menyukai aktivitas yang menantang adrenalin seperti ini pasti akan sangat menyukainya.

Namun jika anda tidak ingin menginap di tenda, maka anda bisa mencoba homestay atau villa yang berjejeran tak jauh dari pantai.

3 Berjemur

Hamparan pasit putihnya yang luas dan lembut, serta didukung dengan sinar mataharinya yang pas membuat pantai Watu karung menjadi tempat yang cocok bagi wisatawan yang ingin beremuar. Tak heran jika banyak pula turis-turis mancanegara yang sering terlihat di pantai ini sambil berjemur.

4 Menunggu Momen Matahari Terbenam

Sunset Pantai Watu Karung
@ini__budi

Dan salah satu kegiatan menarik yang bisa anda lakukan saat berada di Pantai Watu Karung ini adalah menunggu momen matahari yang turun dan perlahan meninggalkan langit senja. Pemandangan seperti ini seringkali diburu bagi apra pecinta fotografi, apalagi jika anda mendapatkan spot yang tepat. Anda bisa menyaksikan pemandangan momen sunset yang begitu mempesona.

Keindahan pantai Watu Karung memang mempesona dan tak heran patut menjadi salah satu wisata pantai yang layak dikunjungi saat berada di Pacitan. Bagi anda yang sedang berlibur di Kota Pacitan, jangan sampai melewatkan mengunjungi tempat yang satu ini.

BAGIKAN

19 Ulasan dari pengunjung

  1. Nah pantai ini yang the Besst ini terletak di kecamatan pringkuku kabupaten pacitan. Pantai ini indah banget, akses gampang tapi butuh perjuangan karena jalanan masih belum rapih dan di aspal sepenuhnya. Harga masuk disana murah, gk sampe 20 rb. Tp kepuasan yang didapet lebih dr 20rb. Disna juga ada homestay untuk menginap atau warung” buat sekedar santai. Dsan deket juga sama desa nelayan. Jd bisa bercengkrama dengan ke arifan lokal. Guuud banget dah pokoonya. Bisa berenang juga, karena ombaknya lumayan tenang dan gk terlalu gede. Recomended for everyone (y)

  2. Bukan hanya pantai klayar yang terkenal saja di daerah pesisir pacitan….pantai watukarung merupakan destinasi wisata yang cukup menjanjikan dan banyak dikunjungi wisatawan mancanegara….hal ini dikarenakan ombak pantai watukarung yang tidak seganas pantai di daerah selatan pulau jawa lainnya…hal ini lah yang membuat para wisatawan lokal maupun mancanegara melakukan olahraga surfing disini

  3. tempatnya asyik buat jalan bareng keluarga.
    gak begitu ramai dan bisa buat mancing juga. warung2 nempelin daftar harga. jalan menuju pantai berkelak-kelok khas daerah pacitan. sayang pasir putihnya kurang landai mungkin kena abrasi…

  4. Pantai nya bagus, banyak spot untuk foto, banyak warung yang menyediakan hidangan laut. Salah satu pantai yang bagus di daerah Pacitan.

  5. Pantainya masih bersih, cocok buat renang di laut kalau pas tidak surut. Jalannya sudah bagus, namun masih sempit. Ada jalan tembus dari pantai klayar, jadi lebih deket buat yang datang dari arah solo/jogja.

    Banyak warung yang menyediakan makan berupa olahan ikan, yang pasti ikannya masih fresh..mantap..

  6. LUAR BIASA MANTAB, untuk bersantai atau melepas penat recommended, Harga murah banyak pilihan mau ngapain disana, pengelolaannya baik tidak banyak sampah yang berceceran. Untuk berpariwisata bersama keluarga, pacar, sahabat maupun jomblo.

  7. Tempat yang wajib dikunjungi di pacitan apabila ingin menikmati waktu2 libur bersama keluarga, teman/sahabat, pacar disini tempatnya. Spot nya bagus dan sudah ada warung/toko disekitar area pantai. Cuma terkadang kebersihan disana kurang dijaga entah dari pihak pengelola ataupun dari pengunjung karena terkadang ada sampah berceceran dimana2.

    JADI TOLONG UNTUK DIRAWAT BERSAMA-SAMA

  8. seru banget wisata kesini , pantai nya indah bayar nya murah juga , banyak turis mancanegara disana , pasir nya indah putih bersih , lebih berhati2 dengan barang bawaan ya

  9. Ini salah satu pantai terindah di kota Pacitan tidak kalah dengan pantai klayar,pantai ini indah juga bersih dan suasananya masih alami.

  10. Pmandangannya bagus tpi klo mau foto viewnya dr atas hrus jln kaki,, tolong anak tangganya dperbaiki biar gk ada korban kesandung batu disitu,,, ksandung masalalu aja udah sakit apalagi kesandung batuπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

  11. Airnya masih jernih, pemandangan bagus, ombak tidak besar cocok untuk berenang dan bermain di tepi pantai, pasirnya putih tapi banyak karangnya.

  12. tempatnya keren, pantainya bersih, masih sepi dan belum banyak tersentuh hiasan hiasan penuh kealayan. selain itu harga makanannya juga masih murah murah. pantainya bisa buat renang renang cantik. tapi kalau mau ke pantai ini, kalau bawa mobil harus bener bener pinter bawa mobilnya. karena medan menuju lokasi banyak tanjakan tanjakan dan turunan turunan yg curam atau membelok tajam, jadi harus benar benar hati hati dan pandai bawa mobilnya

  13. Pantai Watukarung bagus…buat main anak2 , dewasa dan pemandangan alam indah , bersih dan nyaman buat untuk bertamasyah.

  14. Bagus baget enak buat foto santai dan berenang, dan yang mau beraelancar juga cocok banyak turis asing yang beraelancar di sini, tiket masuk murah dan tidak jauh dari pantai watu karung ada pantai lain, banyak villa yang bagus disini dwngan harga yang hmmmm aaya juga tidak tahu mungkin murah, jarak dari kota pacitan j7ga dekat tapi jalan menuju pan tai ini kecil dan naik turun

  15. Indah, banyak bule surfing, sayang makanan nya kurang rekomendasi, yang lain2 karna pantai di Pacitan masih banyak yang alami n bersih jadi pasti indah, akses lumayan mudah. Tak terlalu jauh dari kota

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here