Pantai Bagedur

Sukamanah, Malingping, Kabupaten Lebak, Banten 42391

Pantai Bagedur
Pantai Bagedur / Ardi Wahyudi

(4.4/5 dari 14 Pengunjung) Baca ulasan

Banten memiliki potensi yang luar biasa khususnya dalam hal wisata, karena terdapat banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi. Salah satu wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Bagedur, memiliki panjang bibir pantai lebih dari 1 KM dengan lebar sekitar 50 meter.

Kini Pantai Bagedur mulai dikenal oleh wisatawan luar daerah karena tempatnya masih asri. Juga beberapa fasilitas pantai mulai dibangun untuk menunjang kenyamanan wisatawan.

Karena memiliki bibir pantai yang panjang, arus ombak ketika sampai darat tidak terlalu besar, jadi aman digunakan untuk anak-anak bermain pasir dan berenang. Namun tetap harus dalam pengawasan orang tua.

Nah, untuk yang berencana akan berkunjung ke pantai ini maka bisa simak ulasan di bawah ini yang disertai beberapa tips sebagai bahan referensi.

Deskripsi Pantai Bagedur

Wisata Pantai Bagedur
Pemandangan pantai / Wawan Setiawan08

Pantai Bagedur merupakan wisata pantai yang berlokasi di Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten, memiliki pasir halus berwarna kecoklatan, memiliki bibir pantai yang luas dan panjang sehingga cocok untuk berbagai aktivitas.

Pantai Bagedur memiliki karakteristik pasir yang padat, sehingga kendaraan seperti motor dan mobil bisa melaju di atas permukaan pasir tanpa takut mengalami ban selip. Ini sebabnya banyak wisatawan yang membawa kendaraan langsung ke bibir pantai, sebagian pengunjung juga memanfaatkan pantai ini sebagai tampat belajar mengendari mobil/motor.

Kini beberapa area pantai sudah ditata oleh pihak pemerintah, sudah ada bangunan lifeguard untuk memantau aktivitas pengunjung, ada area untuk acara, hingga gerbang pintu masuknya pun sudah berbeda.

Ke arah timur dari pantai ini ada beberapa pantai yang patut dikunjungi seperti Pantai Cihara yang memiliki pemandangan yang indah, Pantai Kelapa Warna wisata pantai yang lebih warna, dan Pantai Karang Cantigi.

Sejarah Pantai Bagedur

Sejarah terkait Pantai Bagedur masih simpang siur, namun berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat bahwa nama ‘Bagedur’ berasal dari nama seorang lelaki tua bernama Mbah Gedur yang tinggal dekat bibir pantai, yang kemudian penyebutan tata bahasanya jadi Bagedur.

Pantai ini masuk daerah administrasi kecamatan Malingping yang memiliki sejarah kelam di masa lalu, penjajahan Belanda banyak menjadikan penduduk lokal jadi pekerja paksa dalam kurun waktu yang lama.

Setelah Indonesia merdeka, penduduk lokal bisa bebas, banyak dari mereka yang manjadi petani, nelayan, dan pedagang. Sampai saat ini banyak sektor yang dikembangkan pemerintah daerah untuk memajukan pereknomian daerah, termasuk sektor wisata.

Rute Menuju Pantai Bagedur

Rute Menuju Pantai Bagedur
Pintu masuk pantai / Abyamandoro

Saat ini akses menuju wisata Pantai Bager khususnya untuk jalan cukup bagus dan lancar dilalui. Untuk wisatawan yang berasal dari Jakarta, melakukan perjalanan ke Banten bisa menggunakan jalan tol.

Untuk sampai ke lokasi Bagedur, terdapat banyak jalur/rute yang bisa ditempuh wisatawan seperti jalur Saketi, Gunung Kencana, atau melalui Pelabuhanratu, Sukabumi. Namun wisatawan yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya banyak menggunakan jalur Gunung Kencana, karena jalan sudah cor dan aman dilewati.

Berikut informasi rute yang bisa dilalui jika akan mengunjungi Pantai Bagedur, yang bisa diseuaikan dengan lokasi keberangkatan wisawatan.

Lewat Jalur Gunung Kencana

  • Dari Serang menuju ⇒ Petir Sampay ⇒ Gunung Kencana ⇒ Malingping Bagedur
  • Dari Serang menuju ⇒ Pandeglang ⇒ Petir Sampay ⇒ Gunung Kencana ⇒Malingping ⇒ Bagedur

Lewat Jalur Saketi

  • Dari Serang menuju ⇒ Pandeglang ⇒ Saketi ⇒ Malingping Bagedur

Lewat Pelabuhanratu, Sukabumi

  • Dari Bogor menuju ⇒ Cibadak Sukabumi ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Bayah ⇒ Malingping Bagedur
  • Bogor ⇒ Cikidang ⇒ Pelabuhanratu ⇒ Puncak Habibie ⇒ Cibareno ⇒ Sawarna ⇒ Bayah ⇒ Cihara ⇒ Malingping Bagedur

Jika keberangkatan dimulai dari Jakarta maka, rute yang paling dekat adalah menggunakan jalur Pelabuhanratu. Juga untuk memudahkan perjalanan bisa menggunakan aplikasi Google Map atau Waze, agar nampak jelas peta penuju Pantai Bagedur.

Harga Tiket Masuk

Pantai ini dikelolah oleh pemerintah Desa Sukamanah, wisatawan yang berkunjung akan dimintai tiket masuk saat melewati gerbang pintu masuk.

Tiket MasukHarga
Hari biasaRp5.000
Akhir pekanRp5.000
HTM di atas bisa berubah di kemudian hari

Biaya tiket masuk dihitung per orang dan untuk satu kali kunjungan, serta tidak ada biaya parkir untuk kendaraan apapun. Setelah membayar retribusi tiket masuk pengunjung akan mendapat karcis, ada keterangan bahwa ‘Pengunjung wisata Pantai Bagedur ditanggung asuransi Jasa Raharja’.

Hal Menarik

Pantai Bagedur masih minim fasilitas dan wahana yang bisa dinikmati adalah naik perahu nelayan, itupun tidak bisa dilakukan di hari biasa, karena nelayan hanya akan menyewakan perahunya untuk wisatawan di waktu tertentu saja. Namun banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini seperti :

Bermain Pasir

Untuk wisatawan yang liburan bersama keluarga, Pantai Bagedur merupakan tempat yang cocok karena memiliki bibir pantai yang lebar sampai 50 meter, arus ombak tidak lagi besar ketika sampai ke darat, jadi aman untuk tempat anak-anak bermain.

Pasir di pantai ini juga memiliki karakteristik pasir yang padat, sehingga akan tahan lama ketika digunakan untuk membentuk miniatur bangunan, hewan ataupun karakter tertentu. Jadi ketika liburan ke Pantai Bagedur jangan lupa bawa peralatan pasir.

Berenang

Selain untuk bermain pasir, Pantai Bagedur juga aman digunakan untuk berenang karena memiliki memiliki ombak yang terbilang kecil, juga memiliki bibir pantai yang lebar, sehingga ukuran ombak tidak lagi besar ketika sampai daratan.

Pantai ini juga memiliki lifeguard, yang akan memberi pengarahan dan penyelamatan kepada wisatawan. Untuk anak-anak, pastikan tetap dalam pengawasan orang ketika berenang.

Camping

Camping di Pantai Bagedur
Camping / Ahmad Sukardi

Tempat ini juga cocok untuk wisatawan yang ingin melakukan camping, karena memiliki pasir yang padat dan masih sedikit jumlah pengunjungnya. Pantai Bagedur juga sering digunakan berbagai organisasi mengadakan acara dan melakukan camping.

Namun sebelum wisatawan mendiri tenda, lebih baik meminta izin kepada pengelola tempat wisata, agar dapat pengarahan tempat yang aman untuk mendirikan tenda. Pastikan memilih area yang jauh dari air laut untuk menghindari air naik saat pasang.

Menikmati Sunset

Sunset di Pantai Bagedur
Pemandangan sunset / idunk keling

Pantai selalu menghadirkan pemandangan matahari tenggelam yang memukau, begitupun dengan pantai ini memiliki sunset yang indah perpaduan dari warna langit yang menguning dan pantulan cahaya pada bibir pantai yang basah.

Pemandangan sunset di pantai ini akan maksimal di musim kemarah atau cuaca cerah, waktu terbaik untuk menikmati langit sore hari di jam 16.00 s/d 17.00.

Hidangan Seafood

Selain menikmati pemandangan pantainya, pengunjung juga bisa menikmati kuliner berbagai hindangan khas laut seperti ikan bakar dan cumi bakar.

Warung-warung yang berada dekat dengan bibir pantai selain menyediakan minuman dan makanan ringan juga menyediakan hidangan seafood dengan harga cukup terjangkau.

Menyewa ATV

Jika ingin menyambangi pantai ini dari ujung ke ujung tanpa lelah maka bisa coba menyewa ATV, yaitu kendaraan mirip motor pendek beroda empat.

Mengendari kendaraan ATV di pantai sangat menyenangkan, terlebih karena kontur pasir yang pada. Bibir pantai yang panjang dan lebar sangat mendukung untuk melakukan berbagai atraksi.

Belajar Berkendara

Selain sebagai tempat berlibur, Pantai Bagedur juga bisa digunakan sebagai tempat untuk belajar berkendara, namun disarankan belajar berkendara ditempat ini dilakukan pada hari biasa. Karena untuk sabtu-minggu banyak pengunjung yang memadati bibir pantai.

Akomodasi Penginapan

Untuk wisatawan yang akan liburan di Pantai Bagedur tidak perlu takut sulit cari tempat bermalam, karena tidak jauh dari lokasi wisata ada beberapa penginapan yang cukup terjangkau harganya. Berikut daftarnya :

Pondok Bagedur Cottage

Penginapan Pondok Bagedur Cottage berada 1 KM dari tempat wisata, ada beberapa tipe penginapan yang bisa dipilih oleh wisatawan, mulai dari kamar dengan fasilitas ac sampau yang standar fan. Pondok Bagedur Cottage memiliki 16 vila dengan jumlah total 24 kamar.

Bahari Hotel Malingping

Jika sedang mencari tempat bermalam dengan harga sewa yang murah bisa memilih penginapan Bahari Hotel Malingping. Lokasinya berada dipusat Malingping, jadi akses kemana-mana cukup dekat. Penginapan ini juga memiliki beberapa tipe kamar yang bisa dipilih.

Hotel GBS Malingping

Penginapan lainnya yang berada di Malingping adalah Hotel GBS Malingping, penginapan yang berada di : Jalan Raya malingping – Bayah No. 58, Polotot, Malingping, memiliki beberapa tipe kamar seperti standard room dan Executive Room.

Tips Berkunjung ke Pantai Bagedur

Untuk yang berencana akan pergi mengunjungi Pantai Bagedur, maka bisa ikuti beberapa tips berikut supaya liburannya berjalan dengan lancar.

  • Sebaiknya berkunjung di bulan-bulan musim kemarau seperti bulan Juni s/d Agustus. Cek terlebih dahulu prakiraan cuaca sebelum berangkat. Sebaiknya tidak berkunjung saat cuaca buruk.
  • Terik sinar matahari di siang hari cukup menyengat di pantai ini, jadi jangan lupa membawa tabir surya dan penutup kepala.
  • Jangan lupa membawa perlengkapan untuk bermain pasir dan berenang jika liburan bersama anak-anak.
  • Jika pertama kali berenang di laut, sebaiknya memilih area yang dangkal dan hindari area yang berbahaya.
  • Jangan lupa membawa uang tunai, lokasi pantai ini cukup jauh dari ATM atau mini market.
  • Untuk menjada kelestarian pantai harap tidak membuang sampah sembarangan, jika tidak ada tempat sampah artinya sampah harus dibawa pulang.

Kekurangan Pantai Bagedur

  • Sampah masih sering dijumpai di bibir pantai, khususnya saat pantai sepi pengunjung atau di musim hujan.
  • Di musim penghujan air laut akan keruh berwarna kecokelatan.

Itulah ulasan terkait Pantai Bagedur, Malingping, Lebak, Banten. Jika terdapat informasi keliru atau memiliki pengalaman berbeda saat berkunjung ke pantai ini maka bisa kirim ulasannya di bawah.

BAGIKAN

14 Ulasan dari pengunjung

  1. Wisata Pantai Banten yg paling hits dari dulu, pantai bagedur. Walaupun sebagian orang merasa tempa ini berbau mistis tapi menurut saya itu tergantung kepercayaan pribadi masing2. Soal larangan pake baju hijau disini memang dibenarkan, buat wisatwan ikutin aja deh aturan yg ada kan masih banyak warna2 lain yg lebih keren hehe. Ombak dipantai bagedur memang lebih besar dibanding pantai2 yg lainnya klw bawa anak2 harus waspada aja ya. Soal pemandangan tidak diragukan lagi, pokoknya memanjakan mata deh. Lokasi sangat strategis ikutin petunjuk jalan aja ya. Di lokasi pantai ada penginapan juga yg sangan amat nyaman fasilitas sesuai harga lah hehhe. Untuk kuliner yg paling banyak dijumpai aneka olahan ikan, dan baso ikan Malingping pokonya recomended banget sekali coba pasti ketagian. Penasaran khaan. Klw ke daerah banten selatan jangan lupa mampir yaaaaa. Thanks

  2. Harga masuk di target tapi suasana di pantai bagedur sangat buruk tidak di benahi tidak bersih seperti dulu…kami harap pantai bagedur segera di benahi supaya indah seperti dulu biar pengunjung puas dan senang berkunjung

  3. Pantai yg indah di selatan dengan pasir putih yg terhampar luas sangat menyenangkan dan alami setiap lebaran sekeluarga saya selalu ke bagedur yg menjadi pilihan

  4. Pantainya bersih, lautnya biru dengan pasir pantai yg putih, pribuminya ramah. Recommended buat acara” keluarga dan yg lainnya. Have fun ?

  5. Pantainya bagus, sedang renovasi jalan dan pintu gerbang, untuk pedagang sedang diatur dikawasan ini biar tambah rapi dan indah …

  6. Cukup bagus pantainya,cuma agak kurang pengelolaannya saja jd terlihat biasa aja pantainya,untuk pemerintah setempat tolong ditata kelola lagi atau pihak manapun yg berwenang dalam pengelolaan pantai daerah Lebak Banten ini,fasilitas jg msh kurang baik

  7. Jauh di mata, indah dipandang 🤩
    pantainya membentang luas, yang asik kalau lagi ombak pasang 😂, maknyus dah…
    terkahir kesini, sebelum pandemi, rame banget.
    semoga pandemi cepet udahan, biar bisa asik2an sebagaimana mestinya ye kan 😉,
    yang udah kesini siapa aja cung?
    yang belum kapan2 kesini lagi yukkk 😂,
    goodluck guys…

  8. Pantai yang bersih berpasir putih dengan ombak yang cukup besar jika air laut sudah pasang, indahnya menikmati alam bersama sahabat, gak pernah bosen liburan kesini walaupun keadaan jalan digunung kencana begitu gelap tanpa ada penerangan sama sekali disaat malam hari…

  9. Inilah pantai yg telah populer sampai kemana mana pantai bagedur namanya tepat wisata. dari jawa sampai luar jawa, tempa yg penuh pesona dengan pantai yg panjang, membuat tempat ini bisa pakai balapan motor. dekat ke pasir putih,

  10. Pasir pantainya luas,di sarankan klo yg mau berkunjung alangkah baiknya bawa bola..karena bisa main bola di pinggir pantai nya langsung.

  11. ombak cukup gede siang ini…tiket masuk hitung per orang saja 5000 perak…kendaraan apapun gratis dan enaknya lagi, apalagi yang naik motor ya, ada akses yang kondisi pasirnya keras, sehingga motor bisa dibawa masuk ke deket pantai, bahkan beberapa warung warung sekitar pantai sudah menyediakan saung untuk parkiran motor…asyik sih…sisanya…keren dah

  12. Luamyan sih jalan nya jauh kalau mau kesini dari kota Lebak,, tapi bagus lah lumayan meskipun pasirnya kotor dan skrng banyak banget yg jualan pinggir pantai , ada penyewaan ATV jga luamyan dah buat pengalaman keliling pantai

  13. Pantai terfavorite di kabupaten lebak rangkas bitung banten, dngan hamparan pasir nya yg luas dan ber kilokilo meter ( km ) istilahnya buat balapan motor juga leluasa banget, apalagi balap karung🤣🤣🤣

  14. Pantai ini bagus dengan pasir yang luas, tidak terlalu ramai tapi sayang masih banyak sampah disekitar pantai.

Tinggalkan Balasan ke DUREN MONTONG Batal balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here