Pantai Sukahujan

Ciparahu, Kec. Cihara, Kabupaten Lebak, Banten 42392

(4.7/5 dari 6 Pengunjung) Baca ulasan

Jika pergi liburan ke Lebak-Banten dan ingin berkunjung ke pantai yang masih sepi dari pengunjung maka bisa coba menyambangi Pantai Sukahujan yang berlokasi di kecamatan Cihara.

Alasan pantai ini sepi dari pengunjung salah satunya karena pemerintah setempat belum mengelolanya sehingga belum tersedia fasilitas pendukung seperti papan nama, area parkir, hingga toilet.

Meski begitu, Pantai Sukahujan memiliki pemandangan yang indah, bibir pantainya memiliki pasir putih yang khas, lokasinya dekat dengan muara sungai. Cocok jadi tempat liburan bersama pasangan, teman, dan keluarga.

Bisa jadi alternatif tujuan wisata saat musim libur panjang jika di pantai sekitar seperti Pantai Pasir Putih Cihara dan Pantai Kelapa Warna penuh dengan pengunjung. Karena pantai ini tidak seramai wisata pantai pesisir selatan Lebak lainnya.

Pantai dengan pemandangan yang indah dan sepi dari pengunjung menjadikan pantai ini cocok untuk melakukan berbagai aktivitas. Nah, untuk yang tertarik akan berkunjung ke Pantai Sukahujan bisa simak ulasannnya di bawah ini.

Deskripsi Pantai Sukahujan

Bibir Pantai Sukahujan Cihara
Bibir pantai berpasir / DJIWA TOEN MOEDA

Pantai Sukahujan adalah pantai yang menakjubkan dengan pemandangan sunset yang indah dan deburan ombak yang menenangkan. Karang-karang di pantai ini sangat indah dan sangat cocok untuk spot foto atau prewedding. Sayangnya, pantai ini belum banyak menawarkan fasilitas yang memadai, meskipun keindahannya sangat memikat.

Pantai ini sering disebut oleh warga sekitar dengan sebutan “SC” yang merupakan kependekan dari “Sinar Ciomas”, nama perusahaan penggilingan batu yang dulunya berdiri tidak jauh dari pantai.

Meskipun pada awalnya kurang diminati sebagai tempat wisata karena masih tersisa bekas mesin-mesin penggiling batu, namun akhirnya pada akhir tahun 2017, pantai ini mulai menjadi populer sebagai tempat nongkrong anak muda dan tempat belajar sepeda motor pribadi.

Mulai Juni 2018, tempat ini mulai menjadi objek wisata yang menarik. Jika ingin memanggang ikan, maka bisa berjalan menyusuri bibir pantai menuju tempat pelelangan ikan. Pelelangan ikan ini hanya buka di pagi atau sore hari, karena ikan tangkapan berasal dari perahu tradisional milik nelayan.

Untuk melihat pemandangan sunset yang terbaik, lokasi ini sangat direkomendasikan karena tidak terhalang oleh apa pun. Di beberapa titik pantai ini memiliki batuan karang dan kelebihan dari pantai ini area bibir pantainya minim bangunan, sehingga cocok untuk melakukan berbagai aktivitas.

Sebaiknya, pengunjung menggunakan kendaraan pribadi karena wilayah ini belum memiliki akses transportasi yang memadai, sehingga meskipun pantai ini terletak di pinggir jalan, tetapi agak sulit untuk dijangkau dengan transportasi umum.

Di sekitar pantai ini belum ada penginapan untuk tempat bermalam, hanya terdapat warung-warung dan tempat bersantai yang terbuat dari kayu dan bambu. Namun di kemudian hari pembangunan fasilitas pendukung dan penginapan akan ada, karena kabupaten Lebak banyak dikunjungi wisatawan luar kota.

Ketika berkunjung ke pantai ini, sebaiknya membeli hasil laut yang ditawarkan oleh penjual ikan/nelayan. Jangan berpikir bahwa harganya mahal karena perjuangan nelayan mengambil ikan dari laut jauh lebih mahal. Kehadiran pengunjung sangat diharapkan oleh para penjual ikan agar bisa memenuhi kebutuhan keluarganya.

Pantai Sukahujan menjadi pilihan yang ideal bagi wisatawan yang menghindari keramaian di objek wisata, terutama pedagang yang biasanya berkerumun di pantai. Di pantai ini pengunjung bisa menikmati matahari terbenam yang indah di sore hari.

Meskipun Pantai Sukahujan tidak memiliki cakupan area yang luas seperti Pantai Bagedur, namun pengunjung bisa menikmati privasi yang lebih. Area pasir putih tidak begitu luas, pemandangan karang-karang yang tidak biasa menambah keindahan pantai ini. Suara ombak yang menghantam karang juga menambah pengalaman liburan yang menyenangkan.

Rute Menuju Lokasi

Pantai Sukahujan berada di wilayah kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten. Tepatnya pantai ini berada di jalur selatan antara Malingping dan Cihara. Salah satu pantai yang masih asri di Lebak, hanya berjarak sekiar 15 kilometer dari Malingping.

Untuk sampai ke pantai ini bisa lewat jalur Malingping. Misalkan jika menempuh perjalanan dari Pandeglang, dari pertigaan Pasar Saketi ambil rute ke arah selatan. Waktu tempuhnya sekitar 2-3 jam perjalanan. Selain itu bisa juga dari arah barat menyusuri pantai selatan dari arah Sukabumi, Jawa Barat.

Berikut beberapa rute yang biasa digunakan untuk sampai ke Pantai Sukahujan:

Lewat Jalur Gunung Kencana

  • Dari Jakarta menuju > Rangkasbitung > Cileles > Gunung Kencana > Malingping > Cihara
  • Dari Jakarta menuju > Serang > Petir Sampay > Cileles > Gunung Kencana > Malingping > Cihara

Lewat Jalur Saketi

  • Dari Serang menuju > Saketi > Malingping > Cihara

Lewat Jalur Pelabuhanratu

  • Dari Bogor menuju > Cibadak, Sukabumi > Pelabuhanratu > Cisolok > Bayah > Cihara
  • Atau juga bisa dari Bogor menuju > Cibadak, Sukabumi > Cikidang > Cisolok > Bayah > Cihara

Jika lewat jalur Gunung Kencana dan Saketi maka setelah memasuki daerah Cihara, posisi pantai berada di sebelah kanan jalan. Sebaliknya, jika lewat jalur Pelabuhanratu maka posisi pantainya berada di sebelah kiri jalan. Untuk memudahkan bisa menggunakan Google Map.

Harga Tiket Masuk

Salah satu hal yang menarik dari Pantai Sukahujan adalah tidak adanya/belum ada biaya masuk atau tiket masuk yang harus dibayarkan oleh pengunjung. Hal ini karena pantai tersebut belum memiliki pengelola yang menangani kebersihan dan keamanan pantai.

Meskipun belum ada biaya masuk, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dari pantai ini, seperti pasir putih, karang, dan pemandangan laut lepas. Selain itu, pantai ini juga menawarkan aktivitas yang menyenangkan seperti berenang, berjemur, dan bermain di pantai.

Namun, karena Pantai Sukahujan belum memiliki pengelola resmi, pengunjung perlu berhati-hati dan menjaga kebersihan pantai selama berkunjung. Semoga saja kedepan pantai ini segera dikelola agar dapat memberikan layanan yang lebih baik dan fasilitas yang memadai bagi para pengunjung.

Maka dari itu, bagi pengunjung yang berkunjung ke Pantai Sukahujan diharapkan untuk tetap menjaga kebersihan pantai dan tidak membuang sampah sembarangan agar pantai ini tetap terjaga keindahannya.

Hal Menarik

Pantai Sukahujan memiliki alam yang masih asri karena masih sedikit pengunjungnya, meski begitu pantai ini memiliki beberapa hal menarik yang bisa ditemui atau dilakukan di pantai ini. Diantaranya:

Berenang

Meskipun ombaknya cukup besar, namun pantai ini aman untuk berenang karena ada area pantai yang dangkal dan tenang. Selain itu, pemandangan yang disajikan oleh pantai ini juga membuat kegiatan berenang semakin menyenangkan.

Bagi pengunjung yang ingin berenang di Pantai Sukahujan, disarankan untuk berhati-hati dan memperhatikan kondisi arus dan ombak. Jangan berenang terlalu jauh dari bibir pantai karena ombak bisa sangat kuat di beberapa titik. Sebaiknya berenang di area yang aman dan hindari berenang sendirian.

Bermain Pasir

Bermain Pasir di Pantai Sukahujan

Bermain pasir dapat menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan dan menghibur, terutama bagi anak-anak. Dengan membawa sekop dan ember kecil, anak-anak dapat membuat bentuk-bentuk kreatif di pasir, seperti istana pasir atau bentuk hewan.

Namun, bukan hanya anak-anak yang dapat menikmati kegiatan bermain pasir. Banyak orang dewasa juga menikmati kesenangan yang sama saat mengukir bentuk-bentuk kreatif di pasir.

Bermain pasir di Pantai Sukahujan akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Bisa merasakan sensasi pasir yang halus dan membangun karya kreatif di pasir pantai yang bersih dan sepi. Namun, jangan lupa untuk membersihkan area setelah selesai bermain pasir untuk menjaga kebersihan dan keindahan pantai.

Perahu Nelayan

Perahu Nelayan Pantai Sukahujan
Perahu Nelayan Pantai Sukahujan / nindy febriani

Pemandangan yang cukup menarik perhatian salah satunya yaitu perahu nelayan yang terparkir di bibir Pantai Sukahujan. Perahu nelayan dengan berbagai ukuran berjejer, mulai dari yang kecil hingga yang besar, semuanya terparkir di sepanjang bibir pantai.

Perahu nelayan juga dapat digunakan untuk menikmati keindahan pantai dan melihat pemandangan Samudra Hindia yang mempesona. Atau bisa juga menyewa perahu nelayan untuk memancing di laut. Bisa dengan menyewanya.

Meskipun perahu nelayan merupakan pemandangan yang menarik dan menambah keindahan pantai, para pengunjung harus selalu berhati-hati dan menghormati wilayah nelayan yang parkir di pantai. Jangan pernah mencoba masuk ke dalam perahu tanpa izin dari pemiliknya dan selalu menghargai privasi para nelayan yang sedang beraktivitas.

Spot Foto yang Menawan

Fotografi Pantai Sukahujan
Hasil tangkapan foto ombak menabrak batu karang / hendy nurry

Pantai Suka Hujan memiliki keindahan alam yang memikat, termasuk pemandangan Samudera Hindia yang memukau. Tidak heran jika pantai ini menjadi spot favorit bagi para fotografer. Ada beberapa spot foto yang menawan di Pantai Suka Hujan yang patut dijajal.

Pertama, karang-karang yang menjorok ke laut bisa menjadi latar belakang yang menarik untuk foto. Karang-karang tersebut bisa memberikan efek dramatis dan menambah keindahan foto.

Selain itu, pantai yang memiliki pasir putih yang juga bisa jadi pilihan spot foto yang menawan. Pasir putih tersebut bisa digunakan sebagai latar belakang atau juga sebagai objek foto.

Tak hanya itu, keberadaan perahu nelayan yang parkir di pinggir pantai juga bisa menjadi objek foto yang menarik. Terkadang, beberapa kapal nelayan yang sedang melaut dan menjual hasil tangkapan juga bisa dijadikan foto yang menawan.

Jangan lupa, Pantai Sukahujan juga merupakan tempat yang cocok untuk foto prewedding. Keindahan pantai dan samudera Hindia bisa menjadi latar belakang foto yang romantik dan memukau.

Menikmati Keindahan Pantai

Pantai selalu menjadi tempat yang menenangkan bagi kebanyakan orang. Ombak yang menghantam batu karang, angin yang bertiup lembut, dan matahari yang bersinar terang membuat siapa saja merasa rileks dan tenang.

Pantai Sukahujan menawarkan keindahan yang tak kalah memukau. Pasir putih, air laut yang jernih, dan karang-karang yang tersebar membuat pantai ini menjadi spot yang sangat diminati untuk wisatawan, baik dari lokal ataupun dari luar kota.

Tidak hanya itu, keindahan pantai ini juga sangat cocok untuk aktivitas seperti berenang, bermain pasir, berjemur, atau sekedar duduk santai sambil menikmati pemandangan Samudera Hindia yang luas.

Menikmati Pemandangan Sunset

Sunset Pantai Sukahujan
Menikmati pemandangan sunset / Awank

Menikmati pemandangan sunset merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan ketika berkunjung ke pantai. Salah satu pantai yang memiliki pemandangan sunset yang indah adalah Pantai Sukahujan.

Menjelang sore, warna langit mulai berubah menjadi oranye dan merah. Di atas laut, matahari mulai terbenam dan menyisakan sinar keemasan yang memukau. Saat itulah waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan sunset yang indah.

Pantai Sukahujan menawarkan pemandangan sunset yang luar biasa. Dengan latar belakang Samudera Hindia yang luas, panorama matahari terbenam di pantai ini benar-benar indah. Pengunjung bisa menikmati suasana yang tenang sambil menikmati pemandangan sunset yang menakjubkan.

Pantai ini juga menjadi pilihan romantis bagi pasangan yang ingin menikmati waktu bersama di saat-saat senja.

Bermain Air di Kubangan Batu Karang

Kubangan kolam Pantai Sukahujan
Kubangan kolam kecil di antara batuan karang / Fatimatuzzahra

Pantai Suka Hujan bukan hanya menjadi favorit wisatawan untuk menikmati pasir putih dan pemandangan laut yang memukau. Tapi juga terdapat kubangan atau kolam kecil di antara batuan karang yang terdapat di pinggir pantai.

Kubangan batu karang ini bisa jadi tempat bermain air yang menyenangkan. Air laut yang jernih dan segar bisa jadi tempat berendam. Kubangan ini juga menjadi tempat yang tepat untuk melihat keanekaragaman kehidupan laut, juga melihat ikan kecil berenang di antara celah terumbu karang.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan keseruan bermain air di kubangan batu karang, dianjurkan untuk membawa alas kaki anti-selip dan hati-hati saat bermain air. Karena beberapa batu karang mungkin licin dan bisa membahayakan.

Menikmati Ikan Bakar Laut Segar

Cumi Bakar Pantai Sukahujan
Cumi Bakar / Ncek Abakura

Menikmati hidangan ikan bakar laut segar merupakan aktivitas yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Pantai Sukahujan. Terdapat berbagai jenis ikan segar yang dapat dibeli, mulai dari ikan kakap, ikan tuna, ikan tongkol, dan masih banyak lagi. Bahkan kadang ada cumi dan udang.

Hidangan ikan bakar tersebut bisa dinikmati di beberapa warung yang berada di sekitar pantai. Selain itu, pengunjung juga bisa memilih untuk membeli ikan langsung dari nelayan dan memasaknya sendiri dengan cara dibakar.

Jika anda yang ingin bakar ikan, tinggal jalan menyusuri bibir pantai menuju tempat pelelangan ikan. Pelelangan ikan hanya buka di pagi atau sore hari karena ikan yang dijual berasal dari tangkapan perahu tradisional milik nelayan.

Tidak hanya kelezatan yang ditawarkan, pengunjung juga bisa menikmati hidangan ikan bakar sambil menikmati pemandangan pantai yang memukau.

Camping di Pinggir Pantai

Camping di pinggir pantai bisa jadi pengalaman yang sangat menarik bagi para pecinta alam. Pantai Sukahujan bisa jadi tempat yang sempurna untuk camping, menikmati keindahan alam sembari tidur di bawah bintang-bintang di malam hari.

Dengan suara deburan ombak dan udara segar yang bertiup lembut, camping di pantai memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Bisa merasakan suasana yang berbeda ketika tidur di luar dan terbangun dengan pemandangan laut yang indah.

Jangan lupa membawa peralatan yang tepat, seperti tenda, matras, sleeping bag, dan perlengkapan masak. Ada beberapa titik di sepanjang pantai yang dapat dijadikan tempat berkemah, namun pastikan untuk memiliki lokasi yang aman .

Oh iya, pilihlah tenda yang memiliki kualitas yang baik dan kuat menahan angin pantai. Pastikan juga bahwa peralatan masak dan makanan. Jangan lupa untuk membawa senter atau lampu yang cukup terang dan baterai cadangan.

Keselamatan merupakan hal yang penting saat camping di pinggir pantai. Pastikan telah mempelajari peraturan dan aturan keselamatan yang berlaku. Jangan pernah meninggalkan api unggun atau alat masak yang masih menyala tanpa pengawasan, terutama di dekat tenda.

Tips Berkunjung ke Pantai Sukahujan

Jika berencana akan berkunjung ke pantai ini sebaiknya memperhatikan beberapa tips berikut yang bisa jadi bahan pertimbangan.

  • Untuk mendapatkan pemandangan pantai yang indah maksimal maka bisa berkunjung di musim kemarau seperti bulan Juni-Agustus. Di musim hujan pemandangan pantai bisa kacau, banyak sampah, dan air laut keruh karena letak pantai dekat muara sungai.
  • Membawa makanan dan minuman yang cukup karena hanya ada beberapa warung dan biasa tutup di hari biasa.
  • Tidak berenang terlalu tengah, karena keselamatan jiwa merupakan tanggung jawab Anda sendiri. Pantai ini tidak mimiliki penjaga pantai.
  • Membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup karena lokasinya jauh dari mini market dan ATM.
  • Tidak membuang sampah sembarangan, tidak adanya tempat sampah mengharuskan pengunjung membawa sampahnya pulang.

Kekurangan Pantai Sukahujan

Kekurangan dari Pantai Sukahujan merupakan yang jadi daya tarik tersediri, masih asri dan alami karena belum terkelola. Jadi pantai ini belum memiliki fasilitas seperti area parkir, toilet, kamar mandi, ataupun tempat sampah.

Tentu ini jadi daya tarik tersendiri, khususnya untuk yang menyukai pantai yang sepi dan minim pengunjung.

Demikian ulasan mengenai Pantai Sukahujan, Cihara, Lebak, Banten. Jika ada informasi yang keliru dan memiliki pengalaman yang berbeda saat berkunjung ke pantai ini maka bisa kirim ulasannnya di bawah ini ya!

6 Ulasan dari pengunjung

  1. Menjelang sore, tenggelam matahari, suasana pantai berubah menjadi sangat romantis

  2. Pantainya penuh karang, the bestnya masih banyak pantai tanpa bangunan atau area ngopi bebas parkir/uang masuk.

    Jadi kita dapat menikmati indahnya pantai sepanjang jalur malingping-bayah

  3. Pantainya bagus sekali. Sangat cocok untuk menikmati sunset dan deburan ombaknya mantap. Karang pantainya juga bagus sangat bagus untuk spot photo atau prawed. Sayangnya belum banyak fasilitas yang ditawarkan padahal pantainya bagus. Semogaaa ada peningkatan

  4. Pantai Sukahujan ini biasa disebut sebagai SC oleh warga sekitar. Diberi nama SC (Sinar Ciomas) karena dulu merupakan tempat penggilingan batu milik Sinar Ciomas. Lokasi ini kurang begitu favorit menjadi tempat berwisata karena sebelumnya masih tersisa bekas mesin mesin penggiling batu. Namun di akhir 2017 tempat ini mulai dijadikan tempat nongkrong anak anak muda dan tempat belajar sepeda motor pribadi. Dan sekarang di Juni 2018 tempat ini mulai menjadi objek wisata. Jika anda yang ingin bakar ikan, tinggal jalan menyusuri bibir pantai menuju tempat pelelangan ikan. Pelelangan ikan hanya buka di pagi atau sore hari karena ikan tangkapan nya dari perahu tradisional milik nelayan. Untuk melihat sunset lokasi ini terbaik, karena tidak terhalang oleh apa pun

  5. Mengunjungi Pantai suka hujan yang berada di Kampung Sukahuja, Desa Ciparahu, kecamatan cihara, kabupaten lebak, propinsi banten.
    Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi.
    Wilayahnya yang belum memiliki akses transportasi yang memadai menjadikan pantai ini agak sulit untuk dijangkau walaupun dipinggir jalan . Tidak hanya itu saja, kawasan ini juga tidak memiliki fasilitas penginapan.
    Di sini hanya ada warung-warung dan tempat bersantai yang terbuat dari kayu dan bambu.
    Tapi mungkin sekarang sudah tertata karna tidak jauh dari sini ada pantai yang jadi terkenal sampai macanegara.

  6. Saat jauh2 mampir ke Pantai , beli lah hasil laut yang di tawarkan oleh penjual yg datang , jangan berpikir mahal , perjuangannya jauh lebih mahal . Kehadiran anda adalah harapan mereka , agar bisa membelikan jajan anak2 nya

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here