Pantai Cipanarikan

Pantai Cipanarikan
@roneydahklan

(4.8/5 dari 12 Pengunjung) Baca ulasan

Alamat: Gunungbatu, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat 43176

Pantai Cipanarikan merupakan pantai yang terletak di wilayah bagian selatan Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini ada di daerah Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap.

Pantai Cipanarikan masih termasuk ke dalam rangkaian pantai di wilayah Pelabuhan Ratu Ujung Genteng. Pantai ini masih belum menjadi destinasi wisata yang populer. Meskipun begitu, keindahan alam pantai Cipanarikan tidak kalah dengan keindahan pantai terkenal lainnya.

Rute Menuju Pantai Cipanarikan

Pantai Cipanarikan terletak di wilayah selatan Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Jaraknya sekitar 80 km dari pusat kota Sukabumi. Perjalanan dari Jakarta dapat ditempuh dalam waktu sekitar enam jam perjalanan. Sedangkan perjalanan dari kota Bandung dapat ditempuh dalam waktu sekitar empat jam perjalanan.

Pengunjung yang ingin pergi ke pantai Cipanarikan akan lebih nyaman apabila bepergian menggunakan motor. Hal ini karena kondisi jalan pedesaan yang cukup sempit. Perjalanan menggunakan mobil juga memang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan motor.

Pengunjung harus berhati-hati dalam berkendara karena jalanan yang berliku, menanjak, serta tidak beraspal di beberapa bagian. Namun pemandangan yang tersedia sepanjang perjalanan juga sangat indah dan menarik sehingga pengunjung tidak akan bosan sepanjang perjalanan.

Jika membawa mobil, pengunjung harus memarkirkan kendaraannya cukup jauh dari area pantai. Hal ini karena jalur yang dilalui kecil dan tidak muat untuk dilalui mobil. Penduduk lokal banyak yang menawarkan jasa ojek untuk membantu pengunjung.

Apabila menggunakan transportasi umum, pengunjung dapat menaiki bus tujuan Sukabumi. Alternatif transportasi lain yaitu menggunakan kereta lokal dari Stasiun Bogor atau Bandung. Dari terminal Lembursitu Sukabumi perjalanan dapat dilanjutkan menggunakan angkutan umum ke arah Surade. Perjalanan dilanjutkan menggunakan ojek untuk bisa sampai ke pantai Cipanarikan.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Cipanarikan

Pengunjung yang ingin masuk ke wilayah pantai Cipanarikan tidak perlu untuk membayar tiket masuk atau gratis. Hanya saja, untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan tarif parkir harian. Biaya parkir ini sebesar Rp 2.000,00 untuk satu kendaraan motor dan Rp 5.000,00 untuk satu kendaraan mobil.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Cipanarikan

Selain menikmati keindahan pemandangan pantai dan suasana alaminya, berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di pantai Cipanarikan:

1. Mengunjungi Muara Sungai Cipanarikan

Muara merupakan tempat bertemunya air dari sungai yang kecil ke tempat yang lebih besar misalnya ke laut. Di pantai Cipanarikan terdapat muara sungai Cipanarikan.

Sungai Cipanarikan termasuk ke dalam sungai yang airnya masih jernih dan bersih sehingga cocok menjadi tempat bermain dan berfoto bersama keluarga atau teman. Untuk mencapai muara Cipanarikan, pengunjung harus berjalan kaki selama kurang lebih setengah jam.

2. Menjelajah Sungai Hutan Bakau

Di sekitar pantai Cipanarikan terdapat sungai hutan bakau yang alami. Hutan bakau atau mangrove tumbuh di air payau atau campuran air tawar dan air laut. Hutan bakau ini berperan untuk mencegah abrasi tanah di pinggir pantai. Untuk pengunjung yang menyenangi pemandangan alam, hutan bakau ini menjadi tempat yang cocok untuk berfoto dan menjelajah.

3. Surfing

Ombak di pantai Cipanarikan memiliki ketinggian yang cukup untuk bermain olahraga surfing. Pengunjung yang menyenangi olahraga surfing dapat mencobanya di sana, terutama saat ombak sedang pasang. Namun pengunjung harus membawa peralatan sendiri karena di wilayah pantai belum tersedia tempat penyewaan peralatan surfing.

4. Berkemah

Pemandangan di pantai Cipanarikan memang masih sangat alami dan bersih karena tidak terlalu banyak terkena campur tangan manusia. Pantai Cipanarikan memiliki daerah datar yang cukup luas untuk dijadikan tempat berkemah.

Pengunjung yang tertarik untuk berkemah dapat membawa peralatannya sendiri. Sedangkan untuk perlengkapan berupa makanan sudah banyak tersedia di warung-warung sepanjang pantai.

Area pasir yang luas ini juga memungkinkan pengunjung untuk memainkan permainan seperti sepak bola pantai, voli pantai, atau sekedar bermain pasir.

5. Menikmati Sunset

pantai cipanarikan ujung genteng
Sunset di Pantai Cipanarikan @bayutransspotterjogja

Pantai Cipanarikan Ujung Genteng juga memiliki pemadangan Sunset yang tidak kalah indahnya dengan pantai lain. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini kala sore hari untuk menikmati suasan sore hari yang indah.

Fasilitas di Pantai Cipanarikan

Seperti obyek wisata bahari lainnya, pantai Pangumbahan memiliki fasilitas yang cukup lengkap bagi para pengunjungnya. Fasilitasnya memang belum selengkap pantai lain yang sudah terkenal, namun cukup memadai untuk fasilitas obyek wisata bahari.

Fasilitasnya yaitu mencakup tempat parkir yang aman dan cukup luas, kamar mandi yang bersih, tempat ibadah atau musholla yang cukup terawat, penginapan, toko suvenir, dan warung makan yang menawarkan menu makanan laut.

Penginapan di Sekitar Pantai Cipanarikan

Pengunjung yang ingin bermalam di sekitar pantai Cipanarikan dapat mencoba salah satu penginapan yang sudah disediakan. Ada banyak juga tempat penginapan di sepanjang jalur Ujung Genteng.

Beberapa dari penginapan yang terdekat diantaranya Pondok Alief Ujung Genteng, Turtle Bay, Hotel Pondok Hexa Seaside, Pondok Nuansa, dan lain-lain.

12 Ulasan

  1. Pantai yang selalu dkunjungi kalau ke Ujung Genteng…jalan sdh bagus smp Penangkaran Penyu. Selepas itu, selamat berlumpur2 ria.

  2. Asikkk bgt. Pantai Nya panjang pasirnya luasssss.. ada pertemuan antara sungai dan laut.d tengah tengahnya pasir yg luasss membentang. Tp kl mau renang hati hati… ombaknya besar.. kl dateng ksini harus pagi or sore, karna pantainya panas bgt dan ga ada tempat untuk berteduh. Toilet juga ga ada. Tp kl lapar, jgn khawatir bnyak warung sblm memasuki pantai.

  3. Pantai pasir putih ini berlokasi diujung genteng jampang sukabumi jawa barat, tempat ini bisa dikatakan andalannya ujung genteng

  4. Pantai yang masih bersih. Pasirnya luas. Indah banget. Ada pertemuan antara sungai dan laut yang ditengah2nya ada pasir.. terakhir kesini (28/08/2017) biaya yg dipungut hanya untuk parkir kendaraan (10.000 / kendaraan r4). Recomended deh..

  5. Pantai yang bagus walaupun jarang dikunjungi, tapi aksesnya cukup sulit, dan gaada rambu jadi agak susah ketemunya, nemu gara2 praktikum

  6. Pantai bagus namun tidak dapat untuk berenang karena ombak yang kencang dan satu lagi infrastruktur jalan yang masih belum bagus. Terima kasih

  7. Pantai cipanarikan merupakan pantai yang berlokasi di Ujung Genteng Sukabumi. Pantai ini mempunyai ciri khas dengan garis pantai dan mempunyai pasir pantai yang luas.

  8. Pantai yang indah dan luas banget, cuma sayang akses jalan kesana rusak dan bikin kendaraan selip di lumpur.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here