Pantai Tanjung Pinggir

Tj. Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau

Pantai Tanjung Pinggir
a.r.hidayat

(4.1/5 dari 18 Pengunjung) Baca ulasan

Batam, konon katanya adalah sebuah singkatan dari kata “Bila anda tiba akan menangis” atau “bila anda tabah akan menang”. Peribahasa tersebut terdengar seperti sebuah petuah bagi siapapun yang hendak ingin merantau ke salah satu kota paling dekat dengan negara tetangga Singapura. Saking dekaktnya, bahkan bisa terlihat dengan jelas sebuah gedung-gedung tinggi disana dari beberapa pantai terdepan pulau Batam, salah satunya di Pantai Tanjung Pinggir ini.

Selain bisa menatap langsung panorama laut perbatasan dan kota Singapura dari jarak sekitar 12 KM saja. Pantai Tanjung Pinggir juga menawarkan pemandangan lain yang akan membuat pengunjung terkesima akan keelokan pantainya.

Pantai yang secara administratif berlokasi di Kec. Sekupang, Kota Batam, Prov. Kepulauan Riau ini telah menjadi objek wisata bahari yang cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik hingga wisatawan asing, terutama pada saat akhir pekan atau menjelang hari libur nasional lainnya.

Untuk wisatawan yang belum maupun yang sudah pernah berkunjung ke pantai ini, yuk! Simak beberapa ulasan dan informasi lainnya mengenai Pantai Tanjung Pinggir serta beragam keistimewaannya.

Deskripsi Pantai Tanjung Pinggir

Pemandangan Pantai Tanjung Pinggir
Pemandangan Pantai Tanjung Pinggir Mr R

Pantai Tanjung Pinggir secara geografis memang mirip dengan pantai di Indonesia pada umumnya, akan tetap pasti ada perbedaan keindahan lain atau daya tarik tersendiri dari setiap pantai. Keunikan dari pantai ini adalah adanya hamparan rumput Jepang yang cukup luas, yang bisa digunakan untuk beragam aktivitas wisata seperti piknik keluarga, mendirikan tenda, bermain bola plastik bersama anak-anak, dan lain sebagainya.

Memiliki garis pantai kurang lebih sepanjang 250 meter dari timur ke barat, dan juga mempunyai tekstur pasir yang tidak terlalu kasar serta berwarna sedikit kecoklatan, ditambah lagi dengan kondisi ombak yang lumayan tenang. Karena pantai ini terletak di garis laut selat Singapura juga dikeliling beberapa pulau di sampingnya, menjadikan pantai ini cukup aman untuk melakukan aktivitas wisata air seperti berenang atau sekedar bermain air laut dan bermain pasir di tepi pantai.

Disebelah timur pantai terdapat batu-batu karang yang cukup besar menghiasi bibir pantai, di titik lokasi ini biasanya lebih dimanfaatkan sebagai spot memancing bagi masyarakat setempat, atau pengunjung yang datang biasanya hanya menggunakan lokasi ini sebagai tempat berswa foto saja, karena untuk berenang disini tentunya tidak cukup aman.

Sebelum sampai ke area Pantai Tanjung Pinggir, pengunjung juga akan melewati resort dengan view Singapura, KTM Resort Batam namanya. Di tempat ini tersedia restoran seafood, bar atau cafe, hingga penyedia wahana water sport.

Rute Menuju Lokasi

Untuk bisa sampai ke Pantai Tanjung Pinggir lebih disarankan agar pengunjung menggukanan kendaraan pribadi, baik motor ataupun mobil, karena untuk menemukan kendaraan umum di wilayah ini cukup sulit.

Sedangkan jika menggunakan ojeg atau taxi konvensional maupun online, tentu biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal karena jarak pantai ini dari area Perkotaan yang lumayan jauh.

Namun untuk kondisi jalannya sangat lengang, tidak padat seperti jalanan Jakarta atau kota-kota besar lainnya di pulau jawa. Pengunjung akan melewati beberapa kilometer jalan yang diiringi hutan cukup lebat juga akan melewati jejeran pabrik atau galangan kapal di sampingnya.

Nah, untuk rutenya sendiri bisa disesuaikan dari titik keberangkatan seperti berikut :

  • Dari arah Batam Centre Ikuti Jl. Raja H. Fisabilillah, dilanjutkan ke jalan Jl. Gajah Mada, kemudian belok kanan ke Jl. RE Martadinata, atau searah menuju pelabuhan Sekupang. belok kanan menuju Taman Bundaraan. kemudian lurus saja, sekitar 10 menit dari situ barulah tiba di Pantai Tanjung Pinggir.
  • Dari arah Batu Aji ikuti Jl. Brigjen Katamso. dilanjutkan ke Jl. Diponegoro dan Jl. RE Martadinata atau searah dengan rumah sakit Otorita Batam kemudian lurus saja menuju Pantai Tanjung Pinggir.
  • Dari arah Lubuk Baja gunakan Jl. Bunga Raya – Jl. Yos Sudarso, dari Simpang Jam belok kanan mengikuti Jl. Gajah Mada dan Jl. RE Martadinata atau searah dengan rumah sakit Otorita Batam kemudian lurus saja menuju Pantai Tanjung Pinggir.
  • Dari arah Bandara Hang Nadim ambil Jl. Hang Nadim ke Jl. Hang Tuah Mengemudi dari Jl. Sudirman dan Jl. Gajah Mada  Jl. RE Martadinata atau searah dengan rumah sakit Otorita Batam kemudian lurus saja menuju Pantai Tanjung Pinggir.

Kasimpulannya temukan lajur Jl. Gajah Mada  dan Jl. RE Martadinata, karena dari arah manapun untuk mencapai lokasi Pantai Tanjung Pinggir pasti akan melewati kedua lajur jalan tersebut.

Harga Tiket Masuk

Pantai ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 20.00 WIB. Dengan hanya membayarkan tarif retribusi tiket parkir kendaraan saja sudah termasuk biaya tiket masuk, yaitu :

Jenis Kendaraan Harga Tiket Parkir
Roda dua / Sepeda motorRp10.000
Roda empat / Mobil keluargaRp20.000
Bus / RombonganRp30.000 s/d Rp50.000
*Biaya retribusi tiket parkir bisa berubah sewaktu-waktu.

Hal Menarik

Nah, Berikut ini adalah beberapa hal menarik yang bisa pengunjung temukan ketika berlibur ke Pantai Tanjung Pinggir, diantaranya adalah :

1. Mengintip Negara Singapura

Mengintip Negara Singapura dari Pantai Tanjung Pinggir
Mengintip Negara Singapura / suhar.tono95

Bagi sebagian orang yang mungkin belum pernah bepergian ke luar negeri khususnya ke sebuah negara yang akrab disapa The Lion City atau negeri Singa ini, tentunya hal pertama yang dicari ketika berkunjung ke Pantai Tanjung Pinggir adalah agar bisa mengintip dengan cukup jelas panorama negara tetangga, juga bisa melihat kapal-kapal besar yang berlabuh dan lalu lalang melintasi perbatasan laut Indonesia – Singapura.

Saking dekatnya, pengunjung disarankan agar supaya mematikan data celuler handphone selama berada di area pantai. Karena jika tidak pulsa atau kuota internet akan berkurang secara signifikan, ini disebabkan jaringan di ponsel akan terkena roaming.

Apabila belum cukup puas, pengunjung bisa juga melihat view Singapura dari area KTM Resort Batam. Di sini tersedia sebuah bar atau cafe yang letaknya cukup tinggi, sehingga bisa sedikit lebih jelas terlihat teluk Marina Bay tentunya dengan jejeran gedung-gedung tinggi kotanya juga.

2. Spot Foto yang Estetik

Swafoto bersama keluarga, teman, hingga bersama pasangan untuk diunggah di feed atau di Instagram story dengan latar pemandangan pantai, laut perbatasan, dan gedung-gedung pencakar langit negara Singapura. Tak usah menggunakan sebuah kamera yang profesional, cukup gunakan kamera ponsel saja sudah bisa mengabadikan keindahan Pantai Tanjung Pinggir, asalkan cuaca mendukung dan permukaan air laut tidak sedang berkabut.

3. Piknik Keluarga

Dengan memiliki hamparan rumput jepang yang cukup luas, di sini pengunjung bisa menggelar tikar sambil menyantap bekal makanan dari rumah sambil menikmati hembusan angin dan pemandangan pantai yang begitu memanjakan mata. Jangan khawatir Jika tidak sempat membawa alas tikar ataupun bekal makanan dari rumah, karena disini banyak tersedia warung yang menjual bermacam jenis makanan dan minuman juga alas tikar yang bisa disewa.

kebanyakan dari wisatawan yang berkunjung ke pantai ini tidak datang sendirian, ada yang datang bersama rombongan, sanak keluarga, kerabat kerja, atau setidaknya berkunjung bersama pasangan karena selain terkenal akan keindahan pantainya, juga terkenal sebagai tempat bahari wisata yang sangat romantis.

4. Berenang dan Bermain Pasir

Berlibur ke suatu pantai memang belum lengkap jika hanya melihat atau duduk-duduk santai tanpa mencoba hal yang menyenangkan ini. Bermain air laut sambil membuat aneka atau bangunan pasir adalah sebuah aktivitas liburan di pantai yang terbilang wajib hukumnya. Kondisi pasir dengan warnanya yang kecoklatan, juga cukup baik dari segi kebersihannya ini selalu dipadati oleh berbagai kalangan wisatawan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Sedikit informasi saja apabila hendak ingin berenang, diharapkan agar pengunjung lebih berhati-hati karena disini terdapat beberapa karang yang cukup tajam di bawahnya. Juga yang lebih penting selalu menjaga kebersihan, baik di laut ketika berenang maupun di area bibir pantai agar kelestarian pantai tetap terjaga.

5. Wahana Water Sport

Apabila mempunyai cukup uang di kantong, maka tidak ada salahnya mencoba wahana yang memacu adrenalin seperti banana boat yang ditarik oleh perahu motor mengelilingi sekitar Pantai Tanjung Pinggir dengan kecepatan tertentu. Lebih seru jika menaiki banana boat ini ramai-ramai, tentunya bisa lebih hemat juga untuk tarif yang dikelarkan dengan membayar biaya sewa secara PDAM (Patungan dengan adil makmur).

Jika bosan bermain di permukaan air laut bisa juga menyelam atau snorkeling melihat terumbu karang dan jenis ikan-ikan cantik yang hidup di dalamnya, didukung dengan peralatan menyelam yang aman pastinya.

6. Matahari Terbenam (Sunset)

Ini dia yang paling diminati para ‘anak indie mania’. Apalagi kalau bukan Sunset yang seakan tidak pernah ada habisnya untuk diperbincangkan. Momen matahari terbenam selalu menjadi teman yang pas baik dalam keadaan suasana hati sedang terluka maupun sedang berbahagia, begitulah katanya.

Menikmati detik-detik matahari terbenam di Pantai Tanjung Pinggir dengan view kemerlip lampu kapal besar dan lampu di kota Singapura, memang kemegahannya bukan hanya sekedar isapan jempol belaka.

Bahkan tidak hanya bisa dinikmati di siang harinya saja, keindahan di pantai ini juga berlanjut sampai ke malam hari. Banyak dari wisatawan yang mendirikan tenda sekedar mencari suasana agak sepi, karena memang Pantai Tanjung Pinggir di malam hari tidak seramai waktu siang, apalagi di hari libur atau akhir pekan.

Tips Berlibur ke Pantai Tanjung Pinggir

Momen liburan akan terasa semakin berkesan ketika di perjalan maupun di tempat tujuan tidak terjadi kendala atau gangguan yang akan merusak suasana hati. Lalu apa saja yang mesti dipersiapkan sebelum berangkat ke Pantai Tanjung Pinggir? mari simak beberapa tips berikut :

  • Cek terlebih dahulu perkiraan cuaca sebelum berangkat, cuaca yang cerah adalah salah satu elemen terpenting ketika hendak berlibur kemanapun.
  • Jika bepergian menggunakan kendaran pribadi baik motor maupun mobil, pastikan membawa surat-surat lengkap. Yang lebih penting gunakan helm untuk motor dan gunakan sabuk pengaman untuk yang menggunakan mobil.
  • Membawa uang tunai, karena mesin ATM di wilayah ini cukup jauh lokasinya.
  • Bawa juga perlengkapan berenang dan bermain pasir dari rumah. khawatir di pantainya sendiri tidak ada yang menyewakan perlengkapan tersebut.
  • Jika ingin berenang pastikan di area yang aman, hindari area yang banyak batuan karang dan arus yang besar.
  • dan yang terakhir, usahakan agar selau menjaga kebersihan dan kelestarian pantai cukup hanya dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Demikian ulasan mengenai Pantai Tanjung Pinggir, jika terdapat informasi yang keliru dan punya pengalaman yang berbeda pada saat mengunjungi pantai ini maka bisa kirimkan ulasannya di bawah ini ya!

BAGIKAN

18 Ulasan dari pengunjung

  1. Pantai tanjung pinggir yg terletak dekat ktm ressort biaya masuk per orang 10rb sudah termasuk biaya parkir, dsni juga ada tempat mandi tapi per ember itu d kenakan biaya 3rb.
    kalo menurut ku pantai ini enak bersih pasir nya juga halus soalnya pernah k pantai yg d nongsa tp berasa sakit aja pasirnya kalo gak pake sendal tp d pantai tanjung pinggir ini beda pasir nya halus dan saran ku seperti biasa kalo mau main k pantai harus siapkan tikar dan enak nya bawa nasi bungkus untuk d makan d tepi pantai pokoknya enk lah silahkan di coba. Bawa air minum yg banyak soalnya warunf d pantai ini terbatas.
    oh iya jalan masuk k pantai ini melalu agak2 hutan gitu tp tenang d ujung jalan nya ada pantai yg indah

  2. Pengelolaan pantainya kurang bagus dan kurang aman. Hati-hati bagi yang membawa balita, karena di seputaran pantai ada kolam renang yang sudah lama tidak di pakai namun tidak ada pagarnya. Seharusnya dengan biaya masuk per orang 10rb rupiah, pantai ini di lengkapi fasilitas sederhana seperti tempat duduk sederhana. Padahal kalau yang ingin melihat negara Singapura dari dekat, pantai ini lumayan rekomended.

  3. Pantai tanjung pinggir itu merupakan pantai favorite aku meskipun agak jorok. Tapi ini pantai nyaman bangett bisa liat singapore dari kejauhan. Terus enak pokok nya di situ. With doi.

  4. Bagus dapat melihat view Singapore tapi masih kurang perawatan ya masih banyak pasilitas yg kurang memadai seperti, toilet tempat istirahat dan tempat ibadah.

  5. Tanjung pinggir mahal uang masuk sama parkir, taxi online Hanya di perbolehkan antar samapai batas pembayaran tiket, kasian para pengunjung yang banyak barang.. Dan harga rokok sangat mengecewakan.. Tidak sesuai.. 3 x lipat lebih, tolong untuk di perbaiki lagi untuk lebih baik

  6. Pantai dengan pemandangan kota singapur yg bagus dan jelas, hanya saja tidak terawat, padahal tiket masuk per orang 10rb. Seharusnya bisa lebih menjaga dn menata tempat wisata ini supaya lebih baik lagi

  7. Tempatnya cukup nyaman, datang pas sepi jd cukup aman dimasa pandemi. Cocok untuk yg sedang suntuk dan ingin menenangkan diri. Harga tiket masuknya 10.000 per orang. Sayangnya ada beberapa sampah yg mungkin nantinya bisa diperbaiki sama pengelola pantai untuk masalah smapah. Secara keseluruhan bagus.

  8. Waktu berkunjung sebagian lokasinya kotor, sampah berserakan, tong sampah penuh, dimasa pandemi sepi pengunjung. Mahalnya tiket masuk gak seimbang dengan kondisi pantainya…
    Beda dengan tanjung pinggir 8 tahun yang lalu bersih. Untung masih ada tersisa sedikit lokasi yang bersih dan nyaman di ujung pantai di balik bukit..🙏🙏🙏

  9. Pantai yang berseberangan dengan singapura.
    Dengan view yg memukau , menjadi objek wisata yg patut di perhitungkan di batam.
    Kita bisa melihat Negara singapura cukup jelas dari sini.

  10. Tempatnya nyaman tenang bersih dan aman untuk kumpul kluarga jarang² di pinggir pantai ada hamparan rumput jepang yg hijau bgt jd pantai serasa d taman suasananya teduh pantainya bersih dan yg lebih lagi bisa lihat singapore dari jarak yg lumayan dekat g perlu pake alat bantu pake kamera hp aja bisa dpt pokok nya pantai ni rekomen bgt untuk tempat santai bareng teman atau kluarga

  11. tempat wisata keluarga yang ramai, dan bertambah ramai ketika liburan. Jenis pantainya adalah pantai pasir putih berkarang. di sini adalah tempat terdekat untuk melihat negara singapore, di sini dapat terlihat gedung tinggi di singapore.
    tempat bagus namun akan lebih bagus jika disediakan tempat sambah yang banyak.

  12. Biaya masuk 10ribu per orang, waktu pagi sangat sepi. Ada monyet2 juga. Pemandangannya gedung2 Singapore. Pulau Sambu dan Belakang Padang juga tampak jelas di sini.
    Perlu diperhatikan masalah kebersihan. Pantai ini sebenarnya bagus, tapi tidak dikelola dengan baik.

  13. Seandainya lebih terawat mungkin pantai bakal lebih ramai pengunjung dan terlihat cantik. Tapi sayang banyak sampah dimana mana, kolam yg airnya kotor, padahal view pantai nya bagus.

  14. Cocok untuk santai, di pantai yang ada hamparan rumput jepang, tapi alau untuk mandi, hal yang membuat gak nyaman kamar mandinya sangat2 tidak memadai, kasih 2 bintang dulu.. kalau fasilitas umumnya diperbaiki, terutama kamar mandinya, nanti baru kasih bintang lima

  15. Rekomendasi buat tempat mantai kesini
    Jika bawa anak2 berenang,sebaiknya didampingi,ombaknya lumayan,dan buat penjaga nya,tolong dijaga kebersihan nya dong🙏🏻🙏🏻🙏🏻kasihan sampahnya ,pecahan botol kaca aja ada

  16. Perlu di tanam pohon perindang lagi biar istirahatnya nyaman tidak kepanasan.
    Pohon kelapa yang sudah mati lebih baik di potong agar tidak membahayakan yang istirahat di bawahnya dan juga perlu di bersihkan pelepah yang sudah tua atau kering.
    Kebersihan sudah bagus.
    Tidak ada lagi aspal ato tir dimana2.
    Terima kasih semoga semakin banyak pengunjung.

    Terima kasih

  17. Tempat wisata dengan view Kota Singapore berjarak 12 Km tepi laut, hanya sayang pantai nya tidak terawat dan kotor, perlu tindakan serius dari Dinas Pariwisata Kota Batam untuk melestarikan…

  18. Satu-satunya pantai yang viewnya paling jelas terlihat Singapore. Padahal pantainya biasa aja. Gak terlalu wah banget, tapi anglenya keren. Tapi sayang ke sini sore hari dan berkabut, sehingga gedung singapore tidak terlihat di kamera hp. Pen nanges, jadi gak bisa kek orang-orang.

Tinggalkan Balasan ke Roni Hardian Putra Batal balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here