Pantai Camplong

Jl. Raya Camplong, Camplong, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69281

Pantai Camplong
Pantai Camplong / Robert hasan

(3.1/5 dari 15 Pengunjung) Baca ulasan

Jika kebetulan sedang berkunjung ke Pulau Madura, dan mencari rekomendasi tempat wisata khususnya pantai, maka Pantai Camplong bisa menjadi salah satunya untuk di kunjungi. Beberapa hal menarik dapat ditemukan di pantai ini, mulai dari pasir yang yang landai dan sangat luas, pemandangan lautan lepas, fasilitasnya yang lengkap, dan masih banyak lagi.

Akses lokasinya yang mudah di jangkau dan juga dekat dengan pemukiman warga, menjadikan pantai ini selalu ramai dikunjungi ketika menjelang hari libur dan hari besar lainnya, terutama wisatawan yang datang bersama rombongan keluarga dan membawa anak-anak.

Meskipun cuaca di pantai ini lumayan panas ketika di siang hari, namun pengunjung bisa berteduh di antara jejeran pohon rindang di dalam taman yang sangat luas sambil menggelar tikar. Atau bisa juga duduk santai di gazebo yang menghadap langsung ke laut, ditemani gulungan ombak kecil yang perlahan menyentuh bibir pantai.

Bermacam kegiatan bisa dilakukan di pantai ini, mulai dari bermain pasir, bermain bola voli pantai, dan futsal. Hingga di waktu-waktu tertentu terutama di sore hari, biasanya akan ada sekelompok anak muda melakukan atraksi motor memanfaatkan kondisi pantai yang luas dan landai untuk dijadikan trek bermotor hingga balapan liar.

Mungkin bagi wisatawan lokal terutama orang Madura, nama Pantai Camplong sudah akrab di telinga, jadi sudah pasti akan lebih banyak mengetahui tentang keindahannya. Akan tetapi untuk yang baru pertama ingin berkunjung, boleh untuk menyimak terlebih dahulu beberapa ulasan dan informasi lainnya mengenai Pantai ini.

Deskpripsi Pantai Camplong

Pantai Camplong Madura
Pemandangan pantai / Hamidatul Aminah

Nama Pantai Camplong di ambil dari nama daerahnya itu sendiri yaitu kecamatan Camplong. Lengkapnya di Jl. Raya Camplong, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Pulau Madura, Jawa Timur. Menyuguhkan sederet pemandangan yang bisa memanjakan mata, dengan kelengkapan fasilitas yang memadai seperti, restoran, penginapan, juga tersedia beberapa tempat duduk dan spot foto menarik di beberapa titik lokasi pantai.

Selain memiliki bibir pantai yang landai dan juga luas, di Pantai Camplong juga terdapat area taman yang bisa dipergunakan untuk keperluan piknik keluarga, atau hanya sekedar berteduh di bawah rindangnya pepohonan.

Berbeda dengan kebanyakan pantai di selatan Jawa yang terkenal dengan ombaknya yang ganas, kondisi ombak di pantai ini sangat tenang nyaris seperti tidak ada ombaknya. Bisa demikian karena letak pantainya sendiri berada di selatannya pulau Madura dan berhadapan langsung dengan pulu Jawa.

Area parkirnya pun sangat luas bahkan bus sekalipun bisa masuk. Setelah itu dari parkiran, pengunjung akan berjalan kaki menuju bibir pantai sambil melewati banyaknya penjual mulai dari makanan, aksesoris, pakaian, dan tempat penyewaan tikar dan pelampung untuk berenang.

Oh iya, bagi wisatawan yang berkunjung bersama anak-anak, tersedia juga wahana permainan khusus untuk anak-anak, seperti ayunan, perosotan, Jungkat-Jungkit, dan lain sebagainya.

Rute Menuju Lokasi

Untuk bisa sampai ke Pantai Camplong pengunjung bisa melewati pilihan rute seperti berikut :

Dari Pamekasan

Jika wisatawan yang menjadikan daerah pamekasan sebagai titik pertama keberangkatan, bisa ditempuh selama kurang lebih 30 menit atau dengan jarak sekitar 25 KM. Dengan mengikuti Jl. Talang Siring ke Sorogan. Patokan Puskespas Camplong kemudian belok kiri lurus menuju lokasi pantai.

Dari Jembatan Suramadu

Jarak lokasi pantai jika dari Jembatan suramadu sendiri lumayan jauh, yaitu sekitar sekitar 88 KM. atau dapat menghabiskan waktu tempuh selama kurang lebih 2 jam. dengan mengambil rute Jl. Tol Suramadu, Jl. H. Moh. Noer, dan Jl. Raya Suramadu ke Jl. Kamal – Kalianget/Jl. Raya Cantian Tangkel Bangkalan/Jl. Raya Poter di Genangkah. Dilanjutkan Jl. Kamal – Kalianget. Mengemudi dari Jl. Raya Blega, Jl. Nasional 21, dan Jl. Talang Siring ke Sorogan.

Agar bisa lebih mempermudah saat hendak menuju lokasi pantai, lebih direkomendasikan menggunakan aplikasi penujuk arah seperti maps google atau Waze.

Harga Tiket Masuk

Sebelumnya untuk Harga Tiket Masuk dan parkir kendaraan sangat terjangkau, namun untuk sekarang ini ada sedikit kenaikan tarif. Beberapa dari pengunjung mengeluhkan akan adanya kenaikan tiket masuk, namun ada juga yang tidak terlalu mempermasalahkan terkait kenaikan harga tersebut.

Dan berikut ini adalah update mengenai Harga Tiket Masuknya, yaitu :

TiketHarga
DewasaRp15.000
Anak-anakRp5.000
Parkir MotorRp5.000
Parkir MobilRp10.000
*Harga Tiket Masuk dan Parkir kendaraan bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika ingin coba menaiki kapal perahu, dengan merogoh kocek sebesar Rp10.000 per orang bisa naik kapal dan akan diajak ke tengah.

Hal Menarik

Berkunjung ke pantai manapun tentu akan ada beberapa hal menarik yang jadi ciri khasnya. Tak terkecuali di Pantai Camplong ini, ada beberapa hal menarik dan aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan, diantaranya :

Bermain Pasir

Kegiatan yang satu ini umumnya sangat digemari oleh anak-anak, namun terkadang orang dewasa pun sesekali melakukannya. Tekstur pasirnya yang lembut dengan warnanya yang sedikit kecoklatan, bermain pasir di Pantai Camplong merupakan hal menarik pertama yang wajib dicoba.

Membangun istana pasir, patung, hingga membuat galian pasir dan menjaili teman dengan menguburnya. Carilah lokasi yang agak dekat dengan air laut, agar memudahkan pada saat pembuatan bangunan dari pasir, supaya tekstur pasirnya gembur atau tidak kering.

Biasanya kegiatan bermain pasir ini dilakukan pada saat kondisi laut benar-benar sedang surut. Untuk yang bermain bersama anak-anak diharapkan agar selalu di dampingi oleh orang dewasa.

Berenang

Bermain Pasir di Wisata Pantai Camplong
Bibir pantai berpasir luas / Robert hasan

Tidak semua tempat wisata pantai diperbolehkan untuk melakukan kegiatan berenang, tidak dengan pantai ini yang memperbolehkan berenang sepuasnya asalkan tetap selalu berhati-hati dan memperhatikan cuaca terutama kondisi ombak.

Sebagian pengunjung biasanya hanya sekedar bermain air atau merendam saja di air laut yang tidak jauh dari bibir pantai.

Swafoto

Tren hunting spot foto menarik di sosial media saat ini seakan berlomba-lomba untuk menunjukan hasil yang paling bagus dan spot yang paling estetik untuk di pamerkan. Nah, di Pantai Camplong sendiri tersedia banyak spot menarik dengan latar pemandangan pantai yang indah.

Tak heran banyak pecinta photografi datang untuk sekedar memotret keindahan pantai, bahkan ada juga yang menjadikan lokasi pantai ini sebagai spot untuk preweding.

Piknik Keluarga

pantai camplong madura sampang
Gazebo menghadap pantai / Hamidatul Aminah

Seperti yang telah disebutkan bahwa pantai ini sangat cocok untuk liburan keluarga, membawa bahan makanan dari rumah, bakar-bakar ikan, dan menyantapnya beramai-ramai sambil menikmati pemandangan dan udara sejuk khas pantai.

Dilanjutkan dengan bermain di sekitar pantai, jika beruntung pengunjung akan menemukan penyewa Kuda, sehingga dapat berkeliling sekitar pantai dengan menunggangi Kuda.

Menikmati Sunset

Entah mengapa selain di puncak gunung, menikmati pemandangan matahari terbenam (Sunset) di pantai juga tak kalah bagusnya. Memesan kopi sachet di warung terdekat lengkap dengan cemilannya, setelah itu carilah tempat duduk paling nyaman, bisa di atas pasir ataupun di gazebo.

Ketika perlahan matahari seakan jatuh di lautan, warna langit pun perlahan memudar, dari kejauhan juga terdengar suara azan magrib seperti bersahutan, pertanda sudah waktunya untuk segera pulang dan menunaikan kewajiban.

Tips Berkunjung Ke Pantai Camplong

Bagi yang akan berkunjung ke Pantai Camplong, sebaiknya memperhatikan tips berikut.

  • Cek terlebih dahulu perkiraan cuaca sebelum berangkat, cuaca yang cerah adalah salah satu elemen terpenting ketika hendak berlibur kemanapun.
  • Jika ingin mendapatkan suasana yang tenang, berkunjungnya dari hari-hari biasa. hari sabtu-minggu pengunjung cukup ramai.
  • Membawa uang tunai, karena mesin ATM disini cukup jauh lokasinya.
  • Bawa juga perlengkapan berenang dan bermain pasir dari rumah.
  • Jika ingin berenang pastikan di area yang aman, hindari area yang banyak batuan karang dan arus yang besar
  • Terakhir, tentunya diharapkan agar pengunjung selalu sadar akan kebersihan selama di Pantai Camplong, dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Kekurangan Pantai Camplong

Dari segi fasiltas yang tersedia di Pantai Camplong sebenarnya sudah sangat cukup dan memadai, hanya saja dari beberapa pengunjung mengeluhkan dengan adanya beberapa warung yang seperti tidak ada penataan khusus dari pihak pengelola. Di tambah lagi dengan pengelolaan sampah yang kurang baik, sehingga jika di lihat dari segi estetika tempat wisata pantai kurang begitu menarik di pandang.

Demikian ulasan mengenai Pantai Camplong, Sampang, Madura, Jawa Timur. Apabila terdapat informasi yang keliru dan mempunyai pengalaman berbeda saat berkunjung, bisa kirimkan ulasannya di bawah ini.

BAGIKAN

15 Ulasan dari pengunjung

  1. Pantai Camplong merupakan salah satu pantai yang terdapat di Pulau Madura. Sebenarnya pantai ini cukup bagus dengan fasilitas yang ada. Dengan suasana Pulau Madura yang cukup panas, pantai ini bisa dijadikan tempat peristirahatan saat melakukan perjalanan. Pantai ini terletak di jalur utama menuju kawasan wisata Api tak kunjung padam Madura, angin yang sepoi-sepoi dengan rimbunnya pohon bisa menyejukkan udara dan suasana panas Pulau Madura. Akan tetapi pengelolaan pantai ini cukup kurang karena masih banyaknya sampah yang berserakan di lantai Camplong yang baunya kurang bersahabat.

  2. Htm kemarin lewat gang sebelah e taman di tarik 10.000 untuk satu motor 2 orang.
    Terus setelah di pantai sebener e di suruh parkir, cuma saya gak parkir alias cari tempat yg gak jauh dari Parkir an yaitu di tepi pantai yg agak kebarat๐Ÿ˜.
    Sayang gak ada karcis nya, lumayan bagus sih, ada gazeboยฒ, orang jualan, Taman. View juga lumayan๐Ÿ˜€, Lautnya biru, bisa parkir/fotoยฒ sama motor di pu ghir laut(tepi pantai ya)
    Oh iya pulang nya mampir di monumen trunojoyo Sampang dan jangan lupa mencoba makanan khas madura Bebek songkem, murah kok cuma 21.000 per porsi minum es teh 3.000.
    Sampai jumpa next trip di pulau dewata ๐Ÿ˜€๐Ÿ™๐Ÿผ

  3. Untuk pantainya tolong pengelola diperhatikan, karena banyak sampah apalagi ada popok bayi, untuk makan rujak madura banyak ditemukan disana dan tidak mahal HTM 15 rb per org, parkir mobil 10 rb, ada permainan anak2 yg rusak juga

  4. Sebenarnya bagus.

    Hanya kebersihannya masih kurang diperhatikan oleh masyarakat dan orang yang datang.

    Harga tiket lumayan mahal.

    Kamar mandi yang di dekat pintu masuk itu kotor, bau nya tidak sedap, dan campur cowok cewek tanpa pembatas.

    Untuk pantainya sendiri tidak berombak besar.

    Jika anda mencari seafood, tempat ini tidak cocok untuk anda karena di dalam, kebanyakan yang dijual adalah Bakso, rujak, dan minuman dingin.

    Sekiranya hanya ingin berfoto dan melihat laut, mungkin ini bisa menjadi destinasi yang cocok untuk Anda.

  5. Kebersihan tdk dirawat jg pedagang kaki lima tdk dikemas dgn baik bahkan orang jualan bs pindah dibibir pantai sehingga tdk nyaman utk berrekrasi utk pengunjung.wlpn ada himbuan dilarang berjualan tdk bs berjualan.segi keaman jg kurang,tdk ada satu pun keamanan berjaga.mohon ditingkatkan dr segi sudut apapun……๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

  6. Salah satu objek wisata di madura yang cukup menarik untuk dikunjungi. Lautnya biru mempesona, pasirnya putih agak cokelat, ombaknya tidak besar bisa untuk berenang namun harus hati hati. Anginnya sepoi sepoi mendamaikan jiwa.. Cocok buat rombongan, pasangan juga bisa. Fasilitas sudah cukup lengkap ada mushola, kamar mandi, warung dll. Disekitar pantai mudah ditemukan hotel cocok buat kamu yang rumahnya jauh. Untuk kebersihan lingkungan kamar mandi dan area wisata menurut aku perlu ditingkatkan lagi karena masih ada sampah yang berserakan sehingga agak mengganggu pandangan.

    Untuk mencapai pantai ini cukup mudah dari Surabaya bisa lewat jembatan suramadu – melewati kabupaten bangkalan – melewati kabupaten sampang menuju pantai camplong. Bisa juga dari Surabaya melewati pelabuhan ujung surabaya lalu pelabuhan kamal madura terus dilanjutkan melewati kabupaten bangkalan kabupaten sampang menuju pantai camplong. Pantainya dekat jalan raya dan mudah dicapai

  7. Perlu banyak dibenahi, dari saya lahir dan pertama kali ketempat ini gak banyak perubahan, pasti bisa kalau ada niat dan dikerjakan dengan serius bakalan bisa menyaingi pantai di jawa bahkan Bali, ayo madura juga bisa

  8. Salah satu pantai di pesisir selatan pulau Madura yang membentang di Kabupaten Sampang, terdapat dermaga yang melayani penyebrangan antara Pulau Madura ke Probolinggo seminggu sekali. Terdapat juga Hotel Wisata Camplong, adanya pemdemi mempengaruhi ocupasi dan kondisi management di hotel. Dengan laut yang pada saat surut bisa berjalan sampai ke tengah laut, sayang kurang bersih dengan berbagai faktor. Semoga semangat pariwisata bisa memberikan efek positif pada masyarakat dan pengelola … Sehingga bisa menjadi salah satu tujuan wisata alternatif di Kabupaten Sampang atau Pulau Madura. Rekomendasi ๐Ÿคฉ๐Ÿคฉ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  9. Pantesan banyak yang kecewa. Layak bintang 1. Pantai kotor. Fasilitas jg kotor. Toilet bayar 3000. Parkir 10.000. Tiket masuk 15.000 per orang. Tidak tertib. Motor dan mobil bisa masuk. Lewat timur, dekat puskesmas. Klo lewat sana lebih murah. Hanya 5000/10.000 per motor. 20.000 per mobil. Tanpa tiket masuk. Sekali lagi tanpa tiket masuk. Trus buat apa masuk resmi lewat depan? Pokoknya not recommended.

  10. Kecewa. Tidak dikelola dengan baik. Kotor. Fasilitas minim. Mainan sdh berkarat semua. Toilet bayar 3000. Padahal sdh bayar tiket masuk 15.000. Trus parkir mobil 10.000. Ternyata sampai di dalam banyak mobil dan motor yg masuk dari timur yg tidak ada karcisnya. Petugasnya jg tidak ramah. Kesannya haus duit banget. Penjual liar dimana-mana. Bahkan sampai di lautnya. Pokoknya bad ๐Ÿ‘Ž

  11. Parkiran luas, namun untuk lokasi wisatanya sendiri tidak begitu luas. Ada beberapa mainan buat anak-anak. Dipinggir pantai ada beberapa saung buat berteduh. Para pedagang makanan dan minuman mendirikan tenda persis di pinggir pantai untuk menjajakan dagangan mereka. Sayangnya tidak ada tempat sampah di lokasi pantai, sehingga terkesan sedikit kumuh.
    Tiket masuk Rp.15.000,-/orang

  12. Pantai terkenal di madura khususnya kota sampang.. fasilitasnya sudah banyak yang tua / lama dan belum ada pembaruan.. mungkin karena Masih ada efek pandemi pengunjungnya walaupun di akhir pekan tapi tidak terlalu ramai.. kedai kedai jualan di pantainya juga banyak yang kosong.. arena bermain anak-anak banyak besinya yang sudah karatan dan keropos.. tetapi suasanya pantai bagaimanapun itu tetap indah

  13. Rame banget apalagi pas liburan, banyak pedagang kaki lima mulai dari makanan, minuman dan mainan. Ada kuda juga yg bisa disewa untuk dinaiki, seru, cuma tempat sampahnya masih kurang banyak jadinya pengunjung jauh menjangkau tempat sampah akhirnya dibuang sembarangan..

  14. Masih cukup bersih dan masih belum cukup ramai. Pasirnya haluuus dan airnya cukup bersih bening, damai, tenang arusnya. Ada musholah yg cukup luas & bersih. Toilet jg cukup banyak & cukup bersih. Masuk bayar parkir dan masuk pantainya bayar lagi yaa ๐Ÿ™ˆ

  15. pantainya bagus tetapi hawa nya panas, ada beberapa warung yang teduh di bibir pantai jadi bisa sekalian minum minuman dingin untuk mengatasi hawa panas nya, masih ada beberapa sampah yang berserakan

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here