Pelabuhan Poto Tano

Harbour, Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Bar. 844ll6v54, Poto Tano, Kec. Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Bar. 84454

Pelabuhan Poto Tano
Pelabuhan Poto Tano / Tengakarta

(4.6/5 dari 20 Pengunjung) Baca ulasan

Pelabuhan Poto Tano yang terletak di Kabupaten Sumbawa Barat memberikan kesan yang berbeda, tidak seperti pelabuhan pada umumnya yang sering kotor dan kumuh. Poto Tano merupakan pintu masuk ke wilayah Sumbawa dari arah barat Pulau Lombok.

Untuk sampai ke tempat ini, maka bisa naik kapal dari Pelabuhan Kayangan yang berada di Pringgabaya, Lombok Timur. Perjalanan kapal akan memakan waktu sekitar 2-3 jam, tergantung cuaca dan kondisi gelombang. Perjalanan akan melewati Selat Alas yang merupakan selat yang memisahkan Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

Jajaran bukit yang ditumbuhi tanaman perdu dan pulau-pulau kecil menghiasi pemandangan pelabuhan ini. Penumpang juga bisa melihat air laut berwarna gradasi hijau kebiruan. Air lautnya jernih, jadi ikan-ikan bisa terlihat di dekat jembatan pelabuhan.

Warna bukit di sekelilingnya bisa berubah, saat musim kemarau bukit akan berwarna kekuningan. Sebaliknya, saat musim hujan bukit akan berwarna kehijauan.

Deskripsi Pelabuhan Poto Tano

Poto Tano
Pelabuhan Poto Tano dengan latar pemandangan yang indah / M Yusuf

Pelabuhan Poto Tano di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, memainkan peran penting dalam mobilisasi warga di wilayah tersebut. Pelabuhan ini adalah pintu gerbang bagi ingin pergi ke Sumbawa atau sebaliknya.

Untuk menuju ke Sumbawa, salah satu opsi yang dapat dipilih adalah dengan menyeberang lautan dari Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur, dengan durasi sekitar 2-3 jam.

Meningkatnya jumlah kunjungan ke Sumbawa dari Lombok sejak tahun 2012 membuat pihak pelabuhan menambah armada kapal feri dari 13 kapal menjadi 16 kapal. Dua dermaga yang beroperasi di pelabuhan Poto Tano mampu menampung 8 kapal masing-masing.

Meskipun demikian, tak jarang penumpang merasa harus menunggu cukup lama sebelum kapal tiba di pelabuhan. Pelabuhan Poto Tano sendiri memiliki pemandangan yang mengesankan seperti keindahan air laut yang berwarna hijau kebiruan dan ikan-ikan di dekat jembatan pelabuhan.

Pelabuhan Poto Tano Sumbawa
Pemandangan sekitar pelabuhan / Lalu Ali Rusli

Selain itu, pelabuhan ini juga menarik perhatian wisatawan karena dianggap sebagai pelabuhan paling cantik di Indonesia. Pemandangan alamnya yang indah dengan gugusan bukit dan perairan hijau kebiruan akan membuat para wisatawan terkesima.

Pada saat musim kemarau, bukit-bukit di sekitar pelabuhan akan diselimuti oleh rumput kekuningan seperti bulu jagung kering. Sedangkan saat musim penghujan, bukit-bukit tersebut akan terlihat sangat hijau yang harmonis dengan warna perairan di tepian. Hilir mudik perahu tradisional dan kapal besar menambah pesona keindahannya.

Ketika tiba di Pelabuhan Poto Tano akan disambut dengan tulisan besar “Sabalong Samalewa” yang berarti “membangun secara serasi dan seimbang antara pembangunan fisik dan mental spritual”.

Dari pelabuhan ini, para wisatawan dapat menikmati pemandangan gugusan pulau-pulau kecil berpasir putih. Di sebelah timur pelabuhan, kapal-kapal sibuk mengangkut penumpang sementara pemandangan luas dengan birunya langit dan pantai terlihat jelas dari atas kapal.

penyeberangan kayangan poto tano hari ini
Keindahan penyeberangan Kayangan – Poto Tano / Fahreza Haqie

Setelah tiba di Poto Tano, selanjutnya tinggal melajutkan perjalanan. Jika ingin menuju Sumbawa Barat, beloklah ke kanan di bundaran Kemutar Telu yang terletak di luar pelabuhan. Sementara itu, jika ingin ke Sumbawa Besar, Bima, atau Dompu, maka dapat mengikuti alur jalan yang membentang di sisi kiri laut biru dan bukit-bukit di sisi kanan.

Dalam perjalanan Anda bisa menikmati keindahan panorama alam di sekitar Pelabuhan Poto Tano yang menakjubkan.

Pelabuhan di kepulauan Sumbawa dan Lombok memiliki keindahan alam yang luar biasa. Perairannya tenang dan tidak terlalu berombak, meskipun di sore hari kadang ombaknya cukup besar. Selain itu, pelabuhan tersebut juga selalu bersih dan terawat dengan baik, dan stafnya sangat ramah dan membantu.

Ada banyak pilihan kapal perahu untuk menyeberang, yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Perjalanan melintasi perairan ini sangat menyenangkan dan tidak terasa lama.

Saat tiba akan langsung disambut dengan udara tropis yang segar dan pemandangan hamparan pasir putih yang bersih. Suara deburan ombak juga semakin memberikan sensasi nyaman untuk berlama-lama di Pulau Sumbawa.

Secara keseluruhan, fasilitas di pelabuhan ini memadai, termasuk kamar mandi yang lumayan bersih, mini market di wilayah luar pelabuhan, serta beberapa rumah makan jika Anda merasa lapar.

Sebagai pelabuhan yang bersih dan teratur, Poto Tano dapat memberikan pengalaman yang lebih nyaman dan menyenangkan bagi para pelancong yang ingin mengunjungi Sumbawa.

Tarif Penyeberangan Kayangan – Poto Tano Terbaru

tarif penyeberangan kayangan poto tano
Pemandangan saat armada kapal menyandar di pelabuhan / Tengakarta

Tarif penyeberangan lintas antara Pelabuhan Kayangan, Pulau Lombok dan Pelabuhan Poto Tano di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, diusulkan naik rata-rata 10,42 persen. Usulan penyesuaian tarif dasar angkutan penyeberangan.

Golongan KendaraanTarif SebelumnyaTarif Baru
Golongan I – SepedaRp24.000Rp26.000
Golongan II – Sepeda MotorRp58.000Rp64.900
Golongan III – Sepeda Motor Roda Tiga atau 500 CC ke atasRp102.000Rp121.190
Golongan IV – Mini BusRp458.000Rp515.000
Golongan V – BusRp674.000Rp774.200
Golongan VI – Kendaraan Penumpang Bus BesarRp1.000.000Rp1.129.600
Golongan VII – Kendaraan Truk BesarRp956.000Rp1.100.400
Golongan VIII – Kendaraan Barang Panjang 10-12 meterRp1.490.000Rp1.600.400
Golongan IX – Kendaraan Barang Panjang di atas 16 meterRp1.639.000Rp1.899.400
*Tarif Penyeberangan Kayangan – Poto Tano bisa berubah di kemudian hari

Sementara untuk tarif penumpang untuk anak tetap tidak ada kenaikan yakni dari Rp5.000 dan orang dewasa juga tetap Rp14.000.

Daftar Kapal Ferry Penyeberangan Kayangan – Poto Tano

Adapun 10 kapal yang beroperasi hari ini per tanggal (4/5/2022) diantaranya:

  1. KMP. Belida
  2. KMP. Permata Lestarib2
  3. KMP. Putri Gianyar
  4. KMP. Kalebi
  5. KMP. Garda M. 2
  6. KMP. Nusa Sejahtera
  7. KMP. Jax
  8. L – KMP. Garda M. 6
  9. O – KMP. Saty Dharma
  10. KMP. Mutiara Alas 2

Jadwal kapal

Pelabuhan Poto Tano buka selama 24 jam non-stop dengan jadwal keberangkatan setiap 1 jam sekali. Namun, Manajer Usaha ASDP Pelabuhan Kayangan Eka Rosi menegaskan bahwa jadwal kapal dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kondisi di lapangan.

Terutama dalam periode mudik dan arus balik, ASDP telah menyiapkan tiga skenario untuk mengurai jumlah antrean di pelabuhan tersebut. Ketiga skenario tersebut terdiri dari normal, padat, dan sangat padat.

Adapun 3 skenario ini diantaranya:

Skenario Normal yaitu 10 armada kapal yang beroperasi, sedangkan skenario Padat ada penambahan jumlah kapal dari 12 hingga 15 armada kapal. Terakhir, skenario Sangat Padat ada 17 armada kapal bahkan bisa lebih, mengikuti situasi yang ada di Pelabuhan Kayangan.

Hal Menarik

Setiap pelabuhan memiliki keunikan dan daya tariknya sendiri, termasuk Pelabuhan Poto Tano memiliki pemandangan yang indah, tempat yang terawat dan bersih, serta staf yang ramah.

Pemandangan yang Memukau

Pemandangan Bukit Pelabuhan Poto Tano
Pemandangan Bukit / Agus Rental lombok

Pelabuhan Poto Tano di Sumbawa menawarkan pemandangan alam yang sangat indah, membuatnya menjadi spot menarik bagi para penggemar fotografi. Pelabuhan ini memiliki garis pantai yang sepi dan alami dengan pasir putih yang bersih dan padang rumput yang luas.

Dari kejauhan, Gunung Rinjani yang tertutup awan dapat terlihat jika cuaca sedang cerah.

Selain itu, di dekat pelabuhan ini terdapat pantai yang bisa dikunjungi. Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling ke pulau-pulau yang ada di sekitar pelabuhan.

Pelabuhan ini memiliki dua dermaga penyeberangan, dan banyak kapal yang bersandar di pelabuhan tersebut setiap harinya. Namun, saat siang hari cuacanya cukup panas. Meski demikian, pelabuhan ini masih menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Penyeberangan dari Sumbawa ke Lombok Kini Hanya 30 Menit

Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat kini dapat diakses lebih cepat dengan waktu tempuh yang dipangkas hingga 30 menit dari sebelumnya yang memakan waktu 45 menit hingga satu jam untuk menyeberang ke Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur.

Hal ini berkat layanan kapal cepat KM Tenggara Satu (KSB Express) yang baru saja diluncurkan oleh Pemkab Sumbawa Barat pada Kamis (9/9/2021) di Dermaga Rakyat F3 Desa Poto Tano, Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat.

Menikmati Pemandangan Langit Sunset yang Indah

Sunset Pelabuhan Poto Tano
Pemandangan Sunset di Pelabuhan Penyeberangan Poto Tan / Muhammad Hasbi

Pelabuhan Poto Tano bukan hanya menjadi tempat bongkar muat barang dan penyeberangan antar pulau, namun juga memiliki keindahan alam yang mempesona, terutama saat matahari terbenam atau sunset.

Di sore hari, langit di pelabuhan ini biasanya dipenuhi warna-warni yang menakjubkan, dari oranye, merah, hingga ungu yang berpadu dengan indahnya cahaya matahari yang tenggelam ke laut. Selain itu, terdapat perahu-perahu nelayan yang merapat di pelabuhan dengan latar belakang gunung dan bukit yang menambah keindahan panorama alam.

Setiap sore, para penumpang dapat menikmati keindahan matahari terbenam di atas laut yang sangat menakjubkan dari Pelabuhan Poto Tano. Terletak di tepi laut dengan pulau-pulau kecil yang tersebar di sekitarnya, pemandangan ini memang sangat mengagumkan.

Selain itu, Pelabuhan Poto Tano juga menawarkan suasana yang tenang dan damai yang membuat pengunjung merasa nyaman dan rileks saat menikmati pemandangan sunset yang indah. Terdapat berbagai tempat duduk di sekitar pelabuhan yang memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan sunset dengan nyaman.

Selain menikmati sunset yang indah, pengunjung juga bisa menjelajahi area pelabuhan yang ramai dengan aktivitas nelayan. Di sini, pengunjung dapat membeli hasil tangkapan laut segar atau bahkan menikmati hidangan laut di restoran lokal yang tersedia di sekitar pelabuhan.

Tips Menyeberang

Agar proses menyeberang bisa berjalan dengan lancar sebaiknya jangan lupa membawa kartu pembayaran untuk memudahkan dalam proses membeli tiket penyeberangan.

Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya mengisi bahan bakar penuh sejak di Lombok. Hal ini karena hanya ada 1 SPBU di Kota Alas untuk menuju ke Kota Sumbawa Besar.

Kekurangan Pelabuhan Poto Tano

Meski pelabuhan ini memiliki pemandangan yang indah dan tata kelola yang baik, namun beberapa penumpang kapal banyak mengeluhkan beberapa kekurangan dari Pelabuhan ini, seperti berikut:

  • Banyaknya pungutan liar terkait uang parkir kendaraan
  • Fasilitas kamar mandi atau toilet yang belum memadai
  • Akses jalan di area pebuhan rusak di beberapa titik

Demikian ulasan mengenai Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Jika terdapat informasi yang keliru dan memiliki pengalaman yang berbeda saat berkunjung ke pelabuhan ini maka bisa kirim ulasannya di bawah ini!

BAGIKAN

20 Ulasan dari pengunjung

  1. Poto Tano adalah pelabuhan yang ada di Sumbawa Besar. Dari pelabuhan ini bisa menyeberang ke Pulau Lombok dan gugusan Pulau Kenawa, Pulau Panjang dan lain-lain

  2. Pernah kesini , Tujuan ke Sape . Disini panas sekali kalau cuaca cerah disiang hari . Jalan setelah keluar Pelabuhan aspal halus bagus tidak berlubang , bengkel motor maupun mobil sangat jarang atau hampir tidak ada sekitar kurang lebih 2-5km . Semoga bermanfaat .

  3. kadang terdapat antrian untuk masuk keluar kapal, tapi biasanya akan terjadi ketika sedang musim mudik atau tahun baru, ombak disini tenang, terutama malam. pedagang dan pengemis udah menjadi hal biasa. pemandangannya masih bisa dibilang sangat natural karena hampir tidak ada bangunan lain disekitar pelabuhan.

  4. Secara keseluruhan pelabuhan ini memiliki fasilitas penunjang yang memadai. Kamar mandi nya lumayan bersih, ada mini market wilayah luar pelabuhan, dan beberapa rumah makan tersedia jika kalian merasa lapar. Saya sendiri sering menggunakan fasilitas pelabuhan ini untuk menyeberang ke pulau lombok.

  5. Pelabuhan penyebrangan ke pulau Lombok, pemandangan di sekitar pelabuhan indah.
    Ruang tunggu pelabuhan kurang bagus dan bersih

  6. Bersih, pelayanan baik, mudah dijangkau, banyak warung. Tersedia Alfamart sebelum masuk area pelabuhan. Pemandangan di sini cukup memukau. Parkir memadai, jalur antrian baik, ruang tunggu tidak sempat melihat karena langsung masuk kapal. Kebersihan dan kenyamanan kapal juga bagus.

  7. Pelabuhnnya bagus pemandangan nya. Lautnya bersih dan jernih airnya. Penyebrangan dr pulau sumbawa ke lombok. Saat siang hari sangat panas. Tersedia 2 dermaga penyebrangan. Banyak kapal yang bersandar tiap harinya. Jika anda menggunakan sepedah motor hanya membayar 55.000. Petugas lumayan baik. Ruang tunggunya panas banget karena sumbawa panas

  8. Pelabuhan Kayangan, yang terletak di Lombok, merupakan salah satu pelabuhan yang melayani rute penyeberangan dari Sumbawa ke Lombok. Waktu tempuh dari Pelabuhan Poto Tano di Sumbawa ke Pelabuhan Kayangan di Lombok kira-kira memakan waktu sekitar 1,5-2 jam tergantung pada situasi cuaca. Pelabuhan Kayangan buka selama 24 jam dan kapal ferry yang digunakan untuk penyeberangan rata-rata masih cukup baik. Fasilitas umum yang tersedia di pelabuhan ini juga memadai.

    Pelabuhan Poto Tano di Sumbawa memiliki view yang sangat indah. Selain pantai pasir putih, Anda juga bisa melihat pulau-pulau di sekitar pelabuhan yang menakjubkan. Jika ingin berlibur, di dekat pelabuhan ini terdapat pantai yang bisa dikunjungi. Anda juga bisa menyewa perahu nelayan dari Pelabuhan Poto Tano untuk berkeliling ke pulau-pulau yang ada di sekitar pelabuhan.

  9. Makin bersih dan semakin banyak antrian kendaraan penumpang sejak melambungnya harga tiket pesawat bima-mataram dan rute lainnya. Gimana tiket pesawat gak mahal, wong di bandara bima sejak adanya covid 19 pesawat yang beroperasi satu-satunya hanya maskapai wings air. Semoga secepatnya maskapai lain ikut andil dalam mempermudah mobilisasi masyarakat antar kota dan antar pulau🤲🤲🤲

  10. Disini nggak cuma sekedar dermaga. Pemandangan sekitar sini indah. Jadi bisa sekalian piknik. Jangan lupa bawa payung. Disini panas hahaha

  11. Pelabuhan penyebrangan menuju pelabuhan kayangan lombok timur dengan kapal laut kurang lebih 2 jam tergantung cuaca angin dan gelombang laut

  12. Menurut sy lokasi strategis krena jalur utama penghubung antr dua pulau Lombok dengan Sumbawa , utk pemandangan bagus bnyak perbukitan , dengan pasir pantai , dan lahan yg luas , apabila sore & pagi hari pemandangan kelihatan sangat indah disertai sunset & sunrise.

  13. PELABUHAN POTO TANO di bagian barat Pulau Sumbawa cukup ramai melayani penyebrangan kendaraan/penumpang setiap hari.

    Fasiltasnya sudah baik namun perlu lebih ditingkatkan lagi untuk keperluan, keamanan dan kenyamanan semua pihak.

  14. Saya suka sekali pemandangan di pelabuhan ini. kepulauan sumbawa dan lombok memberikan banyak sekali materi untuk foto. airnya tenang dan tidak terlalu berombak. Namun di sore hari kadang ombak cukup besar. pelabuhan bersih dan terawat. staf di pelabuhan juga ramah dan sangat membantu. perjalanan penyeberangan dari lembar ke pototano kurang lebih memakan waktu dua jam. ada aneka macam perahu untuk menyeberang sesuai kebutuhan dan budget. perjalanan sangat menyenangkan dan tidak terasa lama. terimakasih.

  15. About 90km from sumbawa city, fasilitas udah lumayan, tapi masih perlu ditingkatkan lagi kebersihannya. Rp 465.000 for 4 wheel car to lombok island.

  16. Poto Tano pelabuhan laut penyebrangan dr Pulau Sumbawa ke Labuhan Khayangan Lombok jarak tempuh 1jam 30 menit. Penyebrangan disini bisa menggunakan kapal cepat hanya membutuhkan 30 menit sj, sangat mengasyikkan menyebrangi ke 2 pulau ini.

  17. Pelabuhan Poto Tano, yang terletak di Pulau Sumbawa, menjadi pintu masuk utama ke pulau ini dari arah barat melalui laut dan darat. Saat musim kemarau, daerah yang didominasi oleh bukit-bukit dan savanah kering kecoklatan ini memberikan pemandangan yang kontras dengan laut biru yang indah. Pelabuhan Poto Tano juga menjadi tempat yang sangat eksotis karena sekitarnya terdapat beberapa pulau kecil dan salah satunya adalah pulau Kenawa yang terkenal di kalangan traveler. Selama musim hujan, warna hijau yang memukau membentang di sekitar pelabuhan ini.

    Perjalanan dari Pelabuhan Poto Tano ke ibukota Kabupaten Sumbawa Barat, kota Taliwang, memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan jarak sekitar 31 km. Sementara itu, jarak ke Kota Sumbawa Besar adalah sekitar 90 km dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan ke Kota Sumbawa Besar, sebaiknya tangki bahan bakar Anda diisi penuh sejak berada di Lombok karena hanya ada satu SPBU yang tersedia di kota Alas di sepanjang perjalanan.

  18. pelabuhan ini juga sebagai pintu masuk ke pulau sumbawa. pada saat pertama berlabuh anda akan dimanjakan oleh udara tropis dan hamparan pasir putih yang bersih ditambah suara deburan ombak yang semakin memberikan sensasi nyaman untuk berlama lama di pulau sumbawa

  19. Pelabuhan Poto Tano. Baru sampai di pulau Sumbawa, baru turun dari kapal, sudah begini panoramanya. Pasir putih berselimut ombak yang ‘sopan’, dan BERSIH. . Belumlah menjelajah ke pulau Moyo atau tembus Labuan Bajo. Yuk ke Sumbawa! .

  20. Semakin lama semakin tertata dengan baik..
    pelayanan di loket juga di runag tunggu hebat..
    petugas tanggap dan ramah..

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here