Pantai Kerikil Pulot

97C2+3X9, Jl. Lintas Barat Lama, Pulot, Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar, Aceh 23371

(5/5 dari 3 Pengunjung) Baca ulasan

Pantai Kerikil Pulot merupakan salah satu pantai di Leupung, Aceh Besar yang viral di Tiktok. Beberapa video Tiktoknya sudah memiliki jutaan penonton, terutama video ombak besar yang menghantam dinding tebingnya.

Sebelum viral, sebenarnya pantai cukup sepi pengunjung, terlebih di hari biasa. Biasanya hanya ramai saat libur panjang seperti lebaran dan tahun baru saja. Kini setelah viral pengunjung cukup banyak, khususnya dari kalangan anak muda.

Pantai Kerikil Pulot terbilang pantai yang masih asri, pantainya masih belum terjamah banyak wisatawan sehingga bibir pantainya masih jarang sampah plastik. Juga belum ada fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjung.

Nah, untuk penasaran dan ingin berkunjung ke Pantai Kerikil Pulot maka tidak ada salahnya untuk membaca ulasan berikut agar dapat gambaran dan mengetahui lokasinya sebelum memutuskan berkunjung.

Deskripsi Pantai Kerikil Pulot

Foto Pantai Kerikil Pulot Aceh Besar
Foto Foto Pantai Kerikil dari atas menggunakan drone / TEUKU AUFAQ RH 02

Pantai Kerikil Pulot Aceh Besar merupakan pantai yang memiliki bibir pantai dengan hamparan batu kerikil dan pasir berwarna hitam. Selain itu ombaknya sangat besar sehingga pengunjung dilarang untuk mandi atau berenang di pantai ini.

Pantai Kerikil Pulot sering jadi tempat foto prewedding karena memiliki pemandangan yang sangat indah dan pengunjungnya masih sedikit. Cocok jadi tempat pengambilan foto dan video prewedding karena kondisi pantainya masih asri, minim sampah, dan belum banyak orang berjualan.

Di Tiktok pantai ini lebih terkenal dengan nama “Pantai Pulot” penamaan ini mungkin berdasarkan lokasi keberadaannya di wilayah Desa Pulot, Kecamatan Leupung. Untuk lokasinya mudah diakses dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

Setelah berjalan dari tempat parkiran kendaraan maka akan sampai di bibir pantainya, pasirnya bercampur dengan batu kerikil yang sama-sama berwarna hitam. Namun batu kerikilnya masih aman untuk berjalan tanpa alas kaki, karena batuannya tidak tajam.

Rute Menuju Lokasi

Lokasi Pantai Kerikil Pulot berada di wilayah Desa Pulot, Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Jarak dari pusat Kabupaten Aceh Besar sekitar 50 kilometer atau perlu waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit jika melalui Jl. Lintas Barat Sumatera.

Posisi pantai ini terletak tidak jauh dari jalan Nasional Banda Aceh – Meulaboh. Jalan masuk menuju pantai dari jalan Nasional juga sudah beraspal sehingga mudah pengunjung akses menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Melalui Jl. Lintas Barat Sumatera

Jika berangkat dari pusat Kabupaten Aceh Besar ke Pantai Kerikil Pulot, maka ada beberapa rute yang bisa pengunjung gunakan. Salah satunya melalui Jalan Lintas Barat Sumatera.

Untuk menuju ke Pantai Kerikil Pulot dari Kabupaten Aceh Besar, arahkan kendaraan menuju Jalan Montasik ke Jalan Lintas Sumatra/Jalan Medan B. Aceh/Jalan Medan – Banda Aceh di Aneuk Galong Titi. Dari sana, ikuti Jalan Lintas Sumatra/Jalan Medan B. Aceh/Jalan Medan – Banda Aceh dan Jalan Lintas Barat Sumatera hingga sampai di lokasi tujuan.

Perjalanan dari Kabupaten Aceh Besar ke Pantai Kerikil Pulot membutuhkan waktu sekitar 1 jam 15 menit, dengan jarak sekitar 49,9 km. Namun, waktu tempuh tersebut dapat berubah sesuai dengan kondisi lalu lintas.

Dari Pabrik Semen Andalas

Jika kesulitan menemukan lokasi Pantai Kerikil Pulot, maka coba gunakan aplikasi petunjuk jalan seperti Google Map lalu arahkan ke Pabrik Semen Andalas (PT Solusi Bangun Andalas), dari sana tinggal lurus ikuti jalan nasional Banda Aceh.

Selanjutnya akan melewati masjid dengan bangunan yang cukup megah dengan cat putih (Masjid Agung Al-Ikhlas Leupung) Terus saja sampai bertemu dengan jembatan yang kedua hingga menjumpai Cafe Lhoknga Gaca Leupung.

Kemudian lurus saja, sampai bertemu rumah warna merah di sebelah kanan, langsung masuk ke jalan kecil beraspal. Tinggal ikuti jalan kecil yang sudah beraspal tersebut. Tidak lama setelah itu akan ada papan nama lokasi Pantai Kerikil.

Untuk sampai ke lokasi yang sedang viral di Tiktok tinggal melanjutkan dengan berjalan kaki dari parkiran. Jaraknya lumayan agak jauh, tapi nanti akan terbayar dengan pemandangannya.

Harga Tiket Masuk

Pantai Kerikil Pulot belum terkelola dan belum memiliki fasilitas pendukung. Oleh karena itu, tidak ada biaya tiket masuk yang dikenakan kepada para pengunjung. Pantai ini dapat dikunjungi secara gratis, tanpa harus membayar biaya tiket masuk apapun.

Meskipun Pantai Kerikil Pulot belum terkelola, pengunjung tetap dapat menikmati keindahan pantai yang alami. Tidak ada fasilitas pendukung yang tersedia di pantai ini, sehingga pengunjung diharapkan membawa segala perlengkapan dan kebutuhan mereka sendiri.

Namun, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan seiklasnya.

Hal Menarik dari Pantai Kerikil Pulot

Meski pengelolaan Pantai Kerikil Pulot belum maksimal, namun bukan berarti pantai ini tidak memiliki hal menarik. Berikut beberapa hal menarik yang bisa pengunjung lakukan atau temukan saat berkunjung ke pantai ini.

Terdapat Tebing di Ujung Pantai

Di ujung Pantai Kerikil Pulot terdapat sebuah tebing batu yang menjadi viral di Tiktok sebagai tempat pengambilan video viral. Ombak besar menghantam tebing tebing dan menghepaskan orang yang direkam dalam video.

Untuk itu jika akan mengambil video dekat tebing tersebut harus berhati-hati karena ombak besar sering menghantam tebing tersebut.

Tebing yang menjadi latar belakang video Tiktok tersebut bernama Tebing Kuala Cut Lepung. Tebing batu di bibir pantai ini ditumbuhi taman khas pantai yang menambah keindahan tempat tersebut.

Tebing tersebut sebenarnya bisa dipanjat, namun harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman atau dengan penduduk sekitar yang pernah naik ke tebing tersebut. Dari atas tebing tersebut, pengunjung bisa menikmati pemandangan laut lepas dan ombak besar yang menghantam tebing.

Memiliki Ombak yang Besar

Ombak Pantai Kerikil Pulot Terkini Sekarang
Pantai ini memiliki ombak yang besar, pengunjung tidak disarankan untuk berenang atau mandi / Tiktok:@abdulofficial12

Pantai Kerikil Pulot memiliki ombak yang besar sehingga pengunjung dilarang untuk berenang di pantai ini. Bahkan, ombak pantai ini menyebabkan abrasi yang mengikis jalan desa sepanjang 500 meter pada Senin, 4 Juli 2022.

Abrasi pantai yang terjadi akibat gelombang pasang yang terus berlangsung merusak jalan dan perkebunan warga. Aktivitas ekonomi warga, yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan, terganggu akibat kerusakan tersebut.

Kejadian ini terjadi pada saat musim barat, ketika terjadi gelombang tinggi dan pasangnya air laut melebihi batas pasang normal.

Wisatawan yang berkunjung harus berhati-hati saat bermain air atau mandi di pantai ini karena tidak ada penjaga pantai. Selalu utamakan keselamatan dan jangan terlalu tengah.

Bibir Pantai Berkerikil Hitam

Pantai Kerikil Pulot terkenal dengan bibir pantainya yang berkerikil hitam. Batu kerikil kecil berwarna hitam menutupi seluruh pantai dengan ukuran 1 hingga 4 cm. Bentuknya mirip dengan batu kali yang licin dan saat menginjaknya, akan menimbulkan bunyi yang khas.

Kerikil hitam yang menutupi pantai ini memberikan kesan yang unik dan menarik bagi para pengunjung. Selain itu, kerikil-kerikil tersebut juga memberikan sensasi tersendiri saat diinjak.

Meskipun terlihat indah dan menarik, pengunjung harus berhati-hati saat berjalan di bibir pantai karena batu kerikil yang licin.

Tempat untuk Foto Prewedding

Foto Prewedding di Pantai Pulot
Pantai ini sering jadi tempat Foto Prewedding / Tiktok: @mauliidarr

Pantai Kerikil Pulot sering dijadikan tempat foto prewedding karena pemandangannya yang sangat indah. Pantai ini cocok untuk pengambilan foto dan video prewedding karena kondisinya masih asri, minim sampah, dan belum banyak orang berjualan.

Untuk prewedding di pantai Kerikil Pulot sebaiknya memilih waktu yang tepat. Waktu terbaik adalah saat matahari terbit atau terbenam karena cahayanya memberikan efek yang indah pada latar belakang pantai.

Selain itu, pakaian yang dipilih harus sesuai dengan tema pantai seperti baju putih atau warna-warna pastel. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan seperti payung, topi, dan alas kaki yang nyaman.

Selain itu juga harus memperhatikan kondisi pantai dan cuaca. Pastikan pantai dalam keadaan bersih dan aman untuk dijadikan latar belakang foto.Sebaiknya hindari mengambil foto di tempat yang berbahaya seperti dekat tebing atau di tempat yang terkena ombak besar.

Juga pastikan untuk meminta izin kepada pengelola pantai atau pihak yang berwenang sebelum melakukan pengambilan foto.

Jadi, bagi pasangan yang ingin melakukan foto prewedding dengan latar belakang pantai yang indah, Pantai Kerikil Pulot bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pantai Aceh yang Viral di Tiktok

Pantai Kerikil Pulot di Aceh Besar menjadi viral di Tiktok dengan beberapa video yang sudah memiliki jutaan penonton. Salah satunya adalah video ombak besar yang menghantam dinding tebing pantai. Sebelum viral, pantai ini cukup sepi pengunjung, terutama di hari biasa. Namun, kini setelah viral, pantai ini menjadi populer dan banyak dikunjungi, terutama oleh kalangan anak muda.

Efek dari tempat wisata pantai yang viral adalah peningkatan jumlah pengunjung yang signifikan. Hal ini dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian warga lokal dan industri pariwisata.

Namun, terlalu banyak pengunjung juga dapat berdampak negatif terhadap lingkungan dan kelestarian alam sekitarnya. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meminimalisir dampak negatif dan menjaga lingkungan agar tetap terjaga dengan baik.

Dengan viralnya Pantai Kerikil Pulot di Tiktok, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan keindahan pantai di Aceh dan potensi wisata yang dimilikinya. Selain itu, kepopuleran pantai ini di media sosial juga dapat mempromosikan Aceh sebagai destinasi wisata yang menarik dan beragam.

Bersantai Menikmati Keindahan Pantai

Bersantai menikmati keindahan Pantai Kerikil Pulot bisa jadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dengan air laut yang jernih, dan batu kerikil hitam yang unik.

Untuk bersantai di pantai Aceh sebaiknya pilih lokasi yang tepat untuk bersantai. Sebaiknya pilih lokasi dengan pemandangan yang memukau dan jauh dari keramaian. Selain itu, membawa perlengkapan seperti payung, matras, dan minuman yang menyegarkan dapat membuat waktu bersantai semakin nyaman.

Menikmati Pemandangan Sunset

Sunset Pantai Kerikil Pulot
Pemandangan matahari tenggelam di pantai sangat indah / TEUKU AUFAQ RH 02

Menikmati pemandangan sunset di pantai Kerikil Pulot bisa jadi pengalaman yang tak terlupakan. Saat matahari terbenam, langit dan laut terlihat seperti satu kesatuan yang indah. Pantai ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan warna-warna orange, merah, dan kuning yang indah.

Agar bisa menikmati sunset dengan sempurna maka pilih lokasi yang tepat dan waktu yang tepat. Tempat yang sebaiknya dicari adalah yang memiliki pemandangan yang memukau dan jauh dari keramaian. Selain itu, waktu terbaik untuk menikmati sunset adalah pada sore hari tepat ketika matahari akan terbenam.

Mancing Ikan Laut

Pantai Kerikil Pulot merupakan salah satu tempat yang populer di kalangan penghobi mancing. Di pantai ini terdapat berbagai jenis ikan laut seperti tenggiri, kakap merah, tuna, dan ikan layang.

Untuk macing di pantai ini sebaiknya pilih lokasi yang tepat dan perhatikan arah angin. Pilih lokasi memiliki kedalaman laut yang cukup serta memiliki banyak rumput laut dan karang. Memancing pada saat angin berhembus pelan juga dapat membantu dalam menangkap ikan.

Untuk umpan, bisa menggunakan umpan hidup seperti cumi-cumi, udang, dan ikan kecil. Selain itu, umpan buatan seperti jig dan spoon juga efektif dalam menarik perhatian ikan. Alat pancing yang disarankan adalah pancing jigging atau pancing casting yang memiliki kekuatan dan sensitivitas yang cukup untuk menangkap ikan laut.

Waktu yang tepat untuk mancing di pantai ini yaitu pada pagi hari atau sore hari ketika ikan aktif mencari makan. Selain itu, memancing di saat pasang surut juga dapat meningkatkan peluang untuk menangkap ikan.

Tempat Nelayan Tarek Pukat

Pantai Pulot jadi Tempat Nelayan Tarek Pukat
Tempat Nelayan Tradisional Tarek Pukat/ Gatra

Pantai Kerikil Pulot sering dijadikan tempat nelayan tradisional untuk lokasi tarek pukat. Tarek Pukat sudah menjadi tradisi turun temurun nelayan Aceh untuk menangkap ikan menggunakan jaring secara tradisional. Nelayan saling bahu membahu dan bergotong-royong untuk menarik jaring tersebut bersama-sama.

Tarek Pukat dilakukan awalnya dengan menebar jala dilaut dengan menggunakan perahu melingkar. Kemudian, nelayan menariknya secara bersama-sama dengan mengikat tali jaringnya di pinggang. Masyarakat yang ingin membeli ikan biasanya sudah menunggu nelayan yang menarik pukat di pinggir pantai tersebut karena harganya relatif lebih murah dibandingkan harga di pasar.

Tips Berkunjung ke Pantai Kerikil Pulot

Agar kunjungan ke Pantai Kerikil Pulot bisa berjalan lancar dan memberi kesan menyenangkan, maka tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips berikut.

  • Sebaiknya berhati-hati saat mengambil foto atau video dekat tebing, ombaknya cukup kuat sehingga cukup beresiko terbanting ke tebing atau terbawa arus ombak.
  • Ombak di pantai ini bisa tiba-tiba besar, jadi harus hati-hati sat bermain air atau mandi.
  • Jangan lupa bawa baju ganti jika berencana akan akan mengambil video atau foto dekat tebing.
  • Untuk mendapatkan suasan yang lebih sepi dan minim pengunjung maka bisa datang di hari biasa.
  • Agar mendapat pemandangan pantai yang indah maka sebaiknya berkunjung di musim kemarau saat cuaca sedang cerah.
  • Sebaiknya membawa makanan dan minumanan dari luar, karena belum ada warung-warung di sekitar pantai.
  • Jangan lupa untuk membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup karena lokasinya jauh dari ATM dan mini market.
  • Untuk menjaga kelestarian pantai ini maka jangan buang sampah sembarangan. Akan lebih baik jika membawa pulang sampah pribadi, dan buang pada tempatnya.

Kekurangan Pantai Kerikil Pulot

Mungkin yang jadi kekurangan dari pantai ini yaitu belum terkelola dengan baik sehingga belum tersedia fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjung. Semoga setelah viral dan ramai pengunjung, Pantai Kerikil Pulot dapat perhatian dari pihak terkait.

Demikian ulasan mengenai Pantai Kerikil, Pulot, Leupung, Aceh Besar, Aceh. Jika terdapat informasi yang keliru atau memiliki pengalaman yang berbeda saat berkunjung ke pantai ini bisa kirim ulasannya di bawah ini ya!

3 Ulasan dari pengunjung

  1. Pantai yang indah, bersih, dan alami, serta jauh dari polusi, menyajikan udara yang segar, dingin, dan sejuk. Keindahannya cocok untuk dijadikan spot foto prewedding, selfie, dan kegiatan lainnya. Sangat direkomendasikan bagi teman-teman yang mencari tempat untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

  2. Pantai Kerikil Leupung Aceh Besar , Pantai ini terletak tidak jauh dari jalan nasional Banda aceh – Meulaboh , Hamparan lautnya dipenuhi dengan berbatuan Kerikil dengan ombak lautnya sangat besar, untuk lokasi ini dilarang untuk mandi atau berenang, Pantai Kerikil sering dijadikan tempat Foto Prewedding karena pemandangannya yang sangat indah.

  3. Pantai ini berada di kawasan desa Gampong Pulot Aceh Besar, ga jauh dari jalan utama Banda Aceh-Melaboh. Masi asri banget belum banyak orang jualan dan buang sampah sembarangan.

Berikan ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here